www.dompetdhuafa.org
17 April 2013

Hukum Memberikan Zakat kepada Orang Tua dan Kerabat

Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh
Apabila kita membayar zakat melalui panti asuhan yatim piatu apakah itu sah secara hukum islam ? Jika membayar zakat kepada orang tua atau mertua atau sanak saudara, apakah itu juga sah secara hukum islam. Apabila kita mencicil zakat , apakah harus selesai atau lunas sebelum 1 tahun ?
Hormat kami

Deddy A

Jawab:

Wa’alaikumsalamwarahmatullahiwabarakatuh

Pada dasarnya, anak yatim tidak termasuk orang yang berhak menerima zakat. Akan tetapi bila anak yatim itu tidak mampu maka ia berhak menerima zakat. Jadi, yang menjadikan seorang anak yatim bisa menerima zakat bukan karena statusnya sebagai yatim, tapi sebagai orang yang tidak mampu. Saudara bisa memberikan kepada anak yatim bila ia tidak mampu atau miskin.

Adapun memberikan zakat kepada orang tua, para ulama berbeda pendapat. Sebagian ulama melarang memberikan zakat kepada orang tua dan anak keturunan. Sedangkan memberikan zakat kepada kerabat, selain anak dan orang tua, para ulama membolehkan selama mereka memiliki kriteria sebagai penerima zakat (fakir miskin). Namun bila mereka tidak termasuk fakir miskin ( mampu memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak dan wajar) maka tidak berhak menerima zakat.

Sedangkan mencicil zakat, ada dua jenis pencicilan zakat. Mencicil zakat sebelum waktu wajib ( genap haul), menurut sebagian besar ulama, hukumnya boleh. Sedangkan mencicil zakat yang telah tiba waktu wajibnya, menurut sebagian besar ulama, tidak diperolehkan kecuali dalam kondisi darurat atau situasi yang tidak memungkinkan membayar zakat segera. Sebab, menurut sebagian besar ulama, hukum kewajiban membayar zakat ketika telah tiba waktu zakat adalah menyegerakan (al-faur).

Wallahu a’lam

Bagikan :

Konsultasi

Bagaimana cara menghitung zakat cabe dan termasuk zakat apa ?

Download Panduan Zakat

Informasi lengkap dan praktis untuk mempelajari zakat secara komprehensif. Lihat PageFlip

Kalkulator Zakat

Program yang akan membantu menentukan jumlah besaran Zakat yang akan Anda tunaikan.

Quiz Zakat

Uji pengetahuan Anda seputar Zakat dan dapatkan hadiah menarik dari Dompet Dhuafa