31 Ucapan Menyambut Ramadhan 1442 H untuk Orang Tersayang

294

Ucapan Menyambut Ramadhan - Zakat.or.id

Sahabat, Ramadhan segera tiba. Sudah siapkah untuk menyambutnya? Bulan Ramadhan ini adalah saat umat Islam berpuasa selama satu bulan lamanya. Semua menyambutnya dengan perasaan suka cita. Berbagai persiapan pun tak alpa dilakukan, salah satunya adalah menyiapkan kata-kata ucapan menyambut Ramadhan.

Marhaban Ya Ramadhan, selamat datang bulan Ramadhan, bulan kesucian yang penuh dengan keberkahan!”.

Begitulah salah satu ucapan yang kerap terdengar kala bulan Ramadan tiba. Sebuah ucapan selamat menunaikan ibadah puasa yang memberikan kesan tersendiri bagi orang yang menerimanya. 

Baca juga: Sudahkah Kita Menyambut Ramadhan dengan Gembira?

Sudah menjadi budaya bagi muslim Indonesia, untuk saling berkirim ucapan menyambut Ramadhan. Ucapan ini bisa kita berikan kepada keluarga, saudara juga kerabat atau bahkan untuk caption sosial media, agar menjadi pengingat bagi saudara seiman untuk mempersiapkan diri menyambut bulan yang suci ini, sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi. 

Manfaat Mengirim Ucapan Menyambut Ramadhan

Mengirim ucapan menyambut Ramadhan tidak sekedar ritual atau formalitas saja. Di balik semua itu, ada manfaat dari aktivitas tersebut. Apalagi, sebagai seorang muslim tentu saja kita akan berbahagia dan sangat bersyukur saat bertemu bulan Ramadhan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

1. Saling Mengingatkan dalam KebaikanManfaat mengirimkan ucapan menyambut Ramadhan 2021 mengingatkan dalam kebaikan - Zakat.or.id

Dalam Islam, mengingatkan dalam kebaikan menjadi suatu kewajiban sesama muslim. Hal ini juga disebutkan dalam Al-Quran Surat Al-Ashr, bahwa orang yang beruntung adalah mereka yang senang untuk mengingatkan kebaikan dan kesabaran.

Begitupun disebutkan dalam hadits berikut ini,

“Barang siapa mengajak kepada kebaikan, maka ia akan mendapat pahala sebanyak pahala yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Sebaliknya, barang siapa mengajak kepada kesesatan, maka ia akan mendapat dosa sebanyak yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.” (HR Muslim)

Baca juga: Keutamaan Memberi sebagai Pancaran Kebaikan

Dengan mengirimkan ucapan menyambut ramadhan, tentunya ini menjadi salah satu bagian dari mengingatkan kebaikan.

Orang yang menerima ucapan tersebut juga akan semakin ingat bahwa Ramadhan sudah ada di hadapan mata. Sudah saatnya juga mempersiapkan diri dan merencanakan amalan ibadah terbaik, karena belum tentu tahun depan masih bertemu dengan bulan Ramadhan.

2. Bentuk Syukur Menyambut Ramadhan

bersyukur dapat bertemu Ramadhan 2021 - Zakat.or.id

Salah satu yang harus dilakukan umat Islam saat menyambut Ramadhan adalah bersyukur. Ramadhan adalah bulan spesial dan belum tentu kita akan menemuinya lagi di tahun depan. Jika Allah masih memberikan usia, mudah-mudahan Ramadhan bisa tetap menyertai kita.

Untuk itu, mengirim ucapan menyambut Ramadhan bisa menjadi salah satu bentuk syukur. Kita bersyukur akan menemuinya dan kita pun mengajak orang lain atau kerabat kita untuk bersyukur juga.

Walaupun di Ramadhan 1441-1442 H Allah SWT masih memberikan kita cobaan berupa pandemi Covid-19, namun syukur tetap harus kita panjatkan. Justru, inilah ujian untuk kita bagaimana tetap bersyukur walaupun ada banyak rintangan dan hambatan yang menyertainya.

3. Berbagi Kebahagiaan

Berbagi Kebahagiaan dengan ucapan menyambut Ramadhan 1442 H - Zakat.or.id

Dalam hadits riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya amal yang paling disukai Allah SWT setelah melaksanakan berbagai hal yang wajib adalah menggembirakan muslim yang lain.”

Selain berbagi kebaikan dengan sedekah dan membantu orang lain, mengirimkan ucapan menyambut Ramadhan juga menjadi salah satu bentuk berbagi kebahagiaan kepada sesama muslim. Tentunya, sebagai umat Islam kita sangat berbahagia ketika Ramadhan datang dan menyebarkan kebahagiaan tersebut kepada yang lain.

4. Dalam Rangka Syiar Islam

Mengucapkan selamat datang Ramadhan untuk syiar Islam - Zakat.or.id

Jika sahabat senang untuk membuat konten di social media dan memposting ucapan menyambut Ramadhan di dalamnya, tentu itu juga menjadi suatu yang baik. Hal ini bisa menjadi bagian dari Syiar Islam.

Kita menampilkan kepada seluruh umat, bahwa dalam menyambut Ramadhan umat Islam dipenuhi dengan rasa syukur, damai, dan suka cita. Bukan kedengkian atau permusuhan.

Sehingga, umat lain pun juga akan melihat bagaimana Ramadhan yang dihadirkan oleh Islam sebagai Rahmatan lil Alamin. 

Kirim Ucapan Menyambut Ramadhan

Sebelum Ramadhan datang, sahabat bisa menyiapkan terlebih dahulu ucapan menyambut Ramadhan. Berikut ini 31 ucapan menyambut Ramadhan yang dihimpun dari berbagai sumber:

  1. Bulan penuh berkah kan segera tiba. Mari saling bersuka cita dan perbanyak ibadah. Marhaban ya Ramadhan, sambut bulan suci dengan penuh kebahagiaan.
  2. Bila ada langkah yang membekas lara, kata yang merangkai dusta dan tingkah yang menoreh luka, mohon kiranya lapangkan hati untuk saling memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin.
  3. Gersang bumi tanpa hujan, gersang akal tanpa ilmu, gersang hati tanpa iman, gersang jiwa tanpa amal. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa, Mohon maaf lahir dan batin! 
  4. Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga dan kembali kepada-Nya, mensyukuri semua karunia dan kemurahan-Nya. Mari kita leburkan segala kekhilafan dengan shaum dan amalan salih di bulan yang penuh keberkahan ini. Selamat Ramadhan 1442 Hijriah!
  5. 11 bulan berlalu dan kini kita kembali berjumpa dengan bulan kemuliaan. Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Kini saatnya kita menyucikan hati dan membersihkan diri. Semoga kita termasuk orang-orang orang berhasil di bulan puasa ini. 
  6. Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Di bulan yang suci ini, mari kita saling memaafkan dan bersama-sama menuju kemenangan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 Hijriah!
  7. Tiada kemenangan tanpa zikrullah. Tiada amal tanpa keikhlasan dan tiada ampunan tanpa saling memaafkan. Marhaban ya Ramadhan!
  8. Tak lama lagi kita akan berjumpa wahai bulan suci. Siapkan hati untuk mendekatkan diri. Selamat Menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan!
  9. Pucuk selasih bertunas menjulang, dahannya patah tolong betulkan. Puasa Ramadhan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa! 
  10. Matahari berdzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu. Semua bersuka cita menyambut datangnya bulan suci penuh keberkahan, Mohon maaf lahir batin!
  11. Seiring terbenamnya mentari di akhir Sya’ban. Ramadhan datang dengan penuh kegembiraan. Mari saling berjabat tangan dan memaafkan. Semoga Allah berikan kita ampunan dan keberkahan untuk menyambut kemenangan.
  12. Andai tangan tak kuasa berjabat, setidaknya kata masih dapat berucap, setulus hati memohon maaf atas segala salah dan khilaf. Selamat menyambut Ramadhan 1442 Hijriah!
  13. Esok adalah harapan, sekarang adalah pengamalan, dan kemarin adalah kenangan yang tak luput dari kekhilafan. Mohon maaf lahir dan batin, semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan sebelumnya. 
  14. Fajar Ramadhan segera menghampiri dunia. Selembar sutera menghapus dosa, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibada puasa. Semoga amal kita diterima di sisi Allah. 
  15. Ketika datang bulan Ramadhan, maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Mohon maaf lahir dan batin, selamat menunaikan ibadah puasa. 
  16. Marhaban ya Ramadhan! Terangkai kata dengan Bismillah, terucap salam mengiring doa, Kuhaturkan maaf di atas salah, Sambut Ramadhan penuh berkah!
  17. Tiada kebahagiaan tanpa syukur, Tiada syukur tanpa sabar, Tiada sabar tanpa maaf, Marhaban ya Ramadhan, Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  18. Sebelum cahaya padam, sebelum hidup berakhir, sebelum pintu taubat tertutup, sebelum Ramadhan yang suci datang, Mohon ampunkan segala kekhilafan. Marhaban ya Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa. 
  19. Setetes embun di pagi hari, jatuh di atas bunga melati, inilah waktunya untuk perbaiki diri di bulan yang suci ini. Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga kita semua diberikan keberkahan menuju kemenangan. 
  20. Kemarau rindu hujan, akal rindu ilmu, jiwa rindu iman, dan setiap insan rindu Ramadhan. Selamat berpuasa untuk sahabat Muslimku.
  21. Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan, saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  22. Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT.
  23. Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  24. Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  25. Dalam kesakitan, teruji kesabaran. Dalam perjuangan, teruji keikhlasan. Dalam ukhuwah, teruji ketulusan. Dalam tawakal, teruji keyakinan. Hidup ini indah jika Allah menjadi tujuan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa!
  26. Walau kini masih pandemi, tapi Ramadhan akan bersemi. Siapkan diri, kuatkan hati, untuk sambut Ramadhan penuh berkah. Marhaban Ya Ramadhan. Maaf lahir batin atas salah dan khilaf.
  27. Buka puasa bersama dan kumpul dengan kerabat atau orang-orang terdekat mungkin belum bisa kita laksanakan. Tapi, hati tetap penuh syukur karena Allah masih pertemukan dengan Ramadhan. Walau terpisah jarak, semoga hati kita selalu terpaut dan saling memaafkan.
  28. Seperti bertemu teman lama, berjumpa Ramadhan seperti melepas rindu. Walau kita belum bisa bertemu, semoga kebersamaan hati kita di bulan Ramadhan tetap terjalin. Marhaban ya Ramadhan. Maaf lahir batin, sahabat.
  29. Ada yang hadirnya selalu dinanti dan sedih saat harus ditinggal pergi. Yaitu Ramadhan kita tercinta yang kini akan datang kembali. Semoga istiqomah dan berkualitas ibadah kita di bulan ini. Marhaban ya Ramadhan!
  30. Walau diganti dengan emas berlian, tapi Ramadhan tak akan terganti. Semoga kita siap menyambutnya dengan penuh semangat dan kebahagiaan. Selamat menyambut Ramadhan, sahabat dan keluarga.
  31. Tahun ini adalah kedua kalinya kita harus merasakan Ramadhan di tengah ujian pandemi. Walau jarak harus memisahkan, kebersamaan belum bisa kita rasakan, tapi nikmat Ramadhan tidak tergantikan. Selamat sambut Ramadhan, sahabat. Semoga istiqomah amalan kita.

Nah, semoga ucapan menyambut Ramadhan 1442 Hijriah ini bisa menjadi inspirasi buat sahabat ya! Yuk, saling berbagi ucapan sambut Ramadhan ke orang-orang tersayang agar kita semua semakin semangat melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan.

Ucapan yang mana yang akan coba sahabat kirimkan?

Zakat Sekarang