Berdayakan Anak-Anak Pemulung, Dompet Dhuafa Banten Bangun “Lapak Inspiratif”

15

CYMERA_20140220_104104

SERANG–Dompet Dhuafa Banten (DD Banten) saat ini tengah menyelesaikan pembangunan bangunan sederhana di depan Pasar Rau, Serang, Banten. Bangunan sederhana tersebut merupakan program Lapak Inspiratif untuk memberdayakan anak-anak pemulung lokasi setempat.

“Ada 20 anak yang menjadi sasaran program, rata-rata masih duduk di bangku sekolah dasar. Lapak Inspiratif hadir untuk mendampingi mereka belajar,” ujar Kepala Cabang DD Banten Imam Baihaqi, Jumat, (21/2).

Lebih lanjut Imam menjelaskan, pendampingan bertujuan menanamkan sifat gemar membaca, menumbuhkan pemahaman akan pentingnya pendidikan, dan mendampinginya belajar ngaji, salat, puasa, dan ibadah-ibadah yang lain.

Program ini bergulir dilatarbelakangi karena kondisi anak-anak pemulung kawasan Pasar Rau yang kurang diperhatikan. Mereka hampir setiap hari memulung sampah plastik untuk dijual ke pengelola barang bekas.

Hasil memulung tersebut mereka gunakan untuk membantu orang tua dan membeli keperluan sekolah. Sayangnya, mereka kurang memiliki waktu belajar dan jarang mendapatkan pengajaran ilmu agama.

“(Lapak Inspiratif) sebagai base camp mereka belajar sekaligus dijadikan taman baca. DD Banten melalui para volunteer setiap Sabtu dan Ahad datang untuk mendampingi mereka belajar, bermain, becanda, serta memberikan semangat.selain itu. Kami juga berikan beasiswa bagi mereka selama setahun untuk keperluan sekolah,” kata Imam.

Proses pembangunan Lapak Inspiratif sendiri tengah masuk tahap penyelesaian. Bila tidak ada halangan, satu hingga dua pekan ke depan Lapak Inspiratif selesai dibangun. (gie)

Sumber: dompetdhuafa.org

Zakat Sekarang