2 October 2013

Kerjasama Optimalisasi Wakaf untuk Pendanaan Usaha Mikro

sambutan kemenkop

Sambutan dan arahan dari Kementerian Koperasi dan UKM

 

Bogor,- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia bersama dengan Badan Wakaf Indonesia,  pada Senin (30/9) menyelenggarakan workshop sekaligus penandatanganan MoU dengan beberapa Lembaga Amil Zakat Nasional(Laznas), dalam hal optimalisasi penghimpunan wakaf tunai untuk pendanaan usaha mikro. Kerjasama ini melibatkan Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) ataupun KJKS yang berada dibawah kemitraan Laznas, dalam hal ini sebagai mitra dalam menghimpun wakaf tunai di masyarakat. Dompet Dhuafa sebagai salah satu Laznas yang sudah dipercaya sejak dua tahun terakhir dalam menggandeng Mitra Pengelola Zakat turut mendukung berjalannya program ini.

“BMT sebagai salah satu bentuk unit keuangan mikro yang berkembang di masyarakat, kami harap dapat terus berkembang, syukur-syukur bisa berkembang menjadi KJKS, salah satu usahanya adalah dengan menghimpun wakaf tunai dimasyarakat,lewat kemitraan dengan lembaga zakat seperti Dompet Dhuafa, maka hal itu sangat mungkin untuk diwujudkan” demikian ditegaskan oleh Manajer Mitra Pengelola Zakat Dompet Dhuafa, Andriansyah, mengutip arahan dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Data dari Badan Wakaf Indonesia menunjukkan potensi wakaf yang bisa dihimpun dari masyarakat sebesar Rp 3 Triliun, selama ini belum bisa terserap dengan maksimal. Oleh karena itu lewat kerjasama semacam ini diharapkan potensi tadi dapat dimaksimalkan, serta dimanfaatkan dengan baik untuk pemberdayaan masyarakat. Pada kesempatan ini juga diberikan Sertifikat Nadzir Wakaf dari Badan Wakaf Indonesia kepada delapan lembaga BMT, hal ini menjadi penguatan wewenang kepada delapan BMT tersebut untuk menghimpun dana wakaf tunai di masyarakat. Sejauh ini Program Mitra Pengelola Zakat yang terjalin antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan beberapa Laznas, telah merangkul 198 KJKS/BMT yang tersebar 13 provinsi, serta mampu menghimpun dan menyalurkan dana Ziswaf sebesar  RP 3 milyar.

Zakat Sekarang
Bagikan :

Konsultasi ZISWAF

Foto Ustadz Zul Ashfi DD

Pertanyaan: Assalamuaikum warahmatullahi wabarakatuh Perkenalkan namanya saya Edi Subroto. Mohon maaf sebelumnya, saya ingin bertanya tentang beberapa hal, mohon untuk…

Download PDF Panduan Zakat

Download Panduan Zakat

Informasi lengkap dan praktis untuk mempelajari zakat secara komprehensif.

Download Panduan Zakat di sini !
Kalkulator zakat

Kalkulator Zakat

Program yang akan membantu menentukan jumlah besaran Zakat yang akan Anda tunaikan.

Hitung Zakat Anda di sini !