DMC Dompet Dhuafa Mulai Benahi Rumah Rusak Akibat Erupsi Kelud

5

relawan-kelud-dmc

KEDIRI – Tim  Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mulai membantu warga membenahi rumah rusak akibat erupsi Gunung Kelud di Dusun Sukomoro, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Ahad (23/02).

“Ada puluhan relawan yang datang ikut membantu memperbaiki rumah-rumah warga yang rusak akibat terkena material vulkanik Gunung Kelud,” terang Maizar Helmi, tim DMC Dompet Dhuafa yang berada di lokasi.

Terkait bahan bangunan, Maizar menuturkan tim memanfaatkan bahan-bahan dari rumah yang masih dapat digunakan. Sedangkan sisanya dengan memanfaatkan bahan-bahan dari bantuan para donatur.

Sementara itu, Sutini (73), seorang nenek warga Dusun Sukomoro mengaku sangat berterima kasih atas bantuan tenaga untuk membersihkan dan memperbaiki rumahnya yang rusak. “Untuk makanan dan pakaian saat ini sudah cukup , tapi kebutuhan kami saat ini adalah tenaga untuk rumah yang rusak akibat terkena abu dan kerikil,” katanya.

Sejak status Gunung Kelud diturunkan ke level Siaga, warga korban erupsi yang berada 5 km lebih dari puncak gunung sudah diperbolehkan pulang. Mereka kembali menempati rumah yang telah ditinggalkan selama lebih dari sepekan.

Kondisi rumah tentu banyak mengalami kerusakan, sehingga kebutuhan mendesak yang diperlukan saat ini adalah kebutuhan perbaikan rumah seperti bahan bangunan, alat-alat kebersihan, dan relawan. (ina/gie)

Sumber: dompetdhuafa.org

Zakat Sekarang