Hikmah dan Dampak Progresif Berzakat untuk Kehidupan Sehari-hari

21557

Hikmah Berzakat

Hikmah berzakat untuk kehidupan sehari-hari
Hikmah berzakat untuk sehari-hari. Penggunaan zakat untuk sekolah gratis pelajar kurang mampu di SMART Ekselensia (Dok: Dompet Dhuafa)

Zakat adalah rukun Islam keempat yang memiliki makna membersihkan harta para muzakki. Hikmah berzakat yang disalurkan para wajib zakat dapat membantu para penerima manfaat zakat (mustahik) memiliki kehidupan dan kesejahteraan yang meningkat.

Dalam Al-Qur’an, perintah berzakat hampir selalu beriringan dengan perintah shalat. Hal ini menandakan kedudukan zakat yang sama pentingnya dengan shalat, sebagaimana firman Allah SWT

”… dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku.”

(QS. Al-Baqarah 2:43)

“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk yang meminta dan yang tidak mendapat bagian.”

(QS. Az Zariyat ayat : 19)

Dari ayat tersebut menunjukan bahwa harta yang ada pada kita saat ini terdapat hak orang lain yang harus diberikan kepada penerima hak tersebut

Baca Juga: 8 GOLONGAN PENERIMA ZAKAT

Dengan demikian jika seorang muslim telah memiliki harta dengan jumlah tertentu (nishab) sesuai dengan ketentuan dan waktu tertentu (haul) maka tak ayal zakat merupakan kewajiban. Selain karena kewajiban, zakat juga banyak mengandung hikmah berzakat, antara lain :

  1. Menolong orang yang susah dan lemah dalam hal ekonomi, agar ia dapat menunaikan kewajibannya kepada Allah dan terhadap makhluk-Nya.
  2. Membersihkan diri. Dengan mengeluarkan zakat kita dijauhkan dari sifat kikir dan akhlak yang tercela, serta mendidik kita agar bersifat mulia dan pemurah dengan membiasakan diri membayarkan amanat kepada orang yang berhak menerimanya.
  3. Sebagai ungkapan syukur dan terima kasih atas nikmat kekayaan yang telah diberikan oleh Allah kepada orang yang mengeluarkan zakat.
  4. Untuk mencegah timbulnya kejahatan-kejahatan yang mungkin timbul akibat kelemahan ekonomi yang dialami oleh mereka yang menerima zakat.
  5. Untuk mendekatkan hubungan dan menghindari kesenjangan sosial antara yang miskin dan yang kaya

Baca Juga: cara menghitung zakat

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

(Q.S At-Taubah: 103)

Semua berawal dari zakat, maka jika sudah memenuhi syarat zakat jangan ditunda lagi ya.

Manfaat Zakatmu Secara Nyata

zakat pendidikan
Dampak nyata zakat untuk kehidupan sehari-hari (Dok. Dompet Dhuafa)

Zakat mampu berdayakan para penerima manfaat melebihi ekspektasi kamu, loh! Ada perubahan kesejahteraan yang terjadi pada mustahik dari zakat yang kamu salurkan ke Dompet Dhuafa. Biar jadi lebih tahu manfaat zakat, ikuti terus petualangan penyaluran zakat di video ini!

Sudah nonton? Memukau, kan! Dari sebuah zakat, kepercayaan diri para penerima zakat tumbuh untuk berani memiliki mimpi, cita-cita, dan harapan. Lalu karena zakatmu, ia bisa menjadi versi terbaik dirinya!

baca juga: WISUDA SGI KE-44 KONAWE KEPULAUAN, 25 GURU SIAP MAJUKAN PENDIDIKAN BANGSA

Jadi, zakat bukan hanya rukun Islam yang dilafalkan di dalam lisan, tetapi juga dipratikkan agar membawa dampak dan manfaat nyata untuk para mustahik. Sejak 1993, Dompet Dhuafa menyalurkan amanat donatur dan membina para penerima manfaat dari hulu ke hilir supaya kehidupan mereka benar-benar membaik.

Yuk, jadi manusia yang bermanfaat dengan zakat di Dompet Dhuafa. Klik berzakat sekarang juga untuk menebar kebaikan dan berkah unlimited!

 

 

Zakat Sekarang