Jumat Berkah: 30 Kalimat Mutiara Penuh Doa dan Keutamaan

697

Salam Jumat penuh berkah, Sahabat! Hari Jumat adalah salah satu hari yang istimewa bagi kaum muslimin. Ia adalah hari yang mulia sehingga ummat Islam di seluruh penjuru dunia sangat memuliakannya, dan tak jarang banyak kaum muslimin yang menyebutnya sebagai Jumat berkah.

Keutamaan Hari Jumat 

Tahukah kamu, mengapa hari Jumat jadi hari istimewa bagi umat islam? Dan apa saja keutamaanya? Wajib baca sampai tuntas, ya!

1. Hari yang Paling Mulia

Keutamaan, Doa, dan kata mutiara jumat berkah

Rasulullah Shallallahu Aalaihi Wassalam bersabda, ”Penghulu segala bulan ialah bulan Ramadhan dan penghulu hari adalah hari Jumat.” (HR. Al-Bazzar). Dalam riwayat yang lain, Beliau bersabda, “Tidak ada hari yang lebih mulia selama matahari terbit dan terbenam selain hari Jumat”. (HR. Ibnu Hibban).

2. Shalawat Nabi di Hari Jumat Jadi Pelindung di Hari Kiamat

sholawat kepada nabi muhammad di hari jumat berkah

Dari Abu Umamah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

3. Surat Al Kahfi Melindungi dari Dajjal

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Hakim)

baca juga: ADAB SUNNAH DI HARI JUMAT

Juga dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barangsiapa yang berwudhu, lalu ia ucapkan: Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha illa anta, astagh-firuka wa atuubu ilaik (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada-Mu), maka akan dicatat baginya dikertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat.” HR. Al Hakim (1/564)

Dari hadits-hadits di atas menunjukkan dianjurkannya membaca surat Al Kahfi, bisa dilakukan pada malam Jumat atau siang hari di hari Jumat.

4. Waktu Mustajab untuk Berdoa

sholat berjamaah

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut. (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852).

baca juga: DAHSYATNYA SEDEKAH JUMAT DENGAN PAHALA BERLIPAT

Kumpulan Doa di Hari Jumat Penuh Berkah 

Hari Jumat juga disebut sebagai saayidul ayyam, yaitu waktu spesial untuk berdoa karena  termasuk waktu mustajab. Inilah 5 doa bermakna yang diajarkan oleh para ulama:

1. Doa Mohon Dicukupkan Rezeki

اللهم عليك توكلت فارزقني واكفني، وبك لذت فنجني مما يؤذيني، أنت حسبي ونعم الوكيل، اللهم رضني بقضائك، وقنعني بعطائك، واجعلني من أوليائك.

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika.

Artinya: “Ya Allah SWT, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu”

2. Doa Lepas dari Kesulitan dan Kesedihan 

اللهم إني أسألك يا من لا تغلطه المسائل، يا من لا يشغله سمع عن سمع، يا من لا يبرمه إلحاح الملحين، اللهم إني أعوذ بك من جهد البلاء ودرك الشقاء، وسوء القضاء، وشماتة الأعداء، اللهم اكشف عني وعن كل المسلمين كل شدة وضيق وكرب، اللهم أسألك فرجًا قريبًا، وكف عني ما أطيق، وما لا أطيق، اللهم فرج عني وعن كل المسلمين كل هم وغم، وأخرجني والمسلمين من كل كرب وحزن.

Allahumma inni asaluka ya man la tughallithuhul masail, ya man la yusyagghiluhu sam’u an sami’a, ya man la yubrihumuhu ilhah al-mulihhin, Allahumma inni audzubika min juhdil bala wa darkis syaqa’ wa su’il qadha’ wa syamatatil a’da’. Allahummaksyif ‘anni wa ‘an kullil muslimin kulla syiddatin wa dhiqin wa karabin, Allahumma aslaluka farjan qariban, wa kaffa anni ma uthiq, wama la uthiq, Allahumma farrij ‘anni, wa an kullil Muslimin wa kul hammin wa ghammin, wa akhrijni wal muslimina min kulla karabin wa huznin.

Artinya: “Ya Allah, Aku meminta kepadamu wahai Yang tidak tercampuradukkan perkara (bagi-Nya), wahai Yang tidak tersibukkan pendengaran meraka yang mendengarkan, wahai Yang ketentuannya tak berpengaruh rintihan orang yang (berdoa) merintih, aku berlindung kepada-Mu dari malapetaka dan kesengsaraan, ketetapan yang buruk, dan caci maki musuh. Ya Allah, lepaskanlah dariku dan dari setiap Muslim setipa kesusahan dan kesempitan dan impitan, Ya Allah aku meminta kepada-Mu jalan keluar segera, cukupkan dari apa yang aku mampu dan apa yang aku tidak mampu, Ya Allah angkatlah kesedihan dan kegundahan dariku dan dari setiap Muslim.

Hentikan saya pada sesuatu yang dapat saya tanggung dan yang tidak bisa saya tahan. Angkat semua kekhawatiran dan kesusahan dari diri saya dan semua Muslim. Singkirkan keresahan dan kesedihan dari diri saya dan umat Muslim.”

3. Doa Mohon Ampunan Allah

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ خَلَقْتَنِي ، وَأَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ أَمَتِكَ ، وَفِي قَبْضَتِكَ ، وَناصِيَتِي بِيَدِكَ ، أَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي ، فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبُ إِلا أَنْتَ

Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta khalaqtani, wa ana abduka wabnu amatika wafi qabdhotika wa nasiyati bi yadika. Amsaitu ala ahdika wa wa’dika mastatho’tu audzu bika min syarri ma shona’tu. Abu’u bi ni’matika wa abu’u bidzanbi faghfirly dzunubi. Innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

Artinya: Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan yang aku sembah kecuali Engkau yang telah menciptakanku. Menciptakanku sebagai hambamu dan anak dari hamba sahayamu. Hidupku ada dalam genggaman-Mu. Aku hidup atas janji dan ancaman-Mu. Selama aku bisa, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat,. Aku telah menyia-nyiakan nikmatmu. Dan aku berbuat dosa. Maka ampunilah dosaku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.

4. Doa Memohon untuk Teguh Akidah 

اَللّهُمَّ ثَبِّتْني عَلى دينِكَ ما اَحْيَيْتَني، وَلا تُزِغْ قَلْبي بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَني، وَهَبْ لي مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهّابُ، صَلِّ عَلى مُحَمَّد وَعَلى آلِ مُحَمَّد، وَاجْعَلْني مِنْ اَتْباعِهِ وَشيعَتِهِ، وَاحْشُرْني في زُمْرَتِهِ، وَوَفِّقْني لاَِداءِ فَرْضِ الْجُمُعاتِ وَما اَوْجَبْتَ عَلَيَّ فيها مِنَ الطّاعاتِ وَقَسَمْتَ لاَِهْلِها مِنَ الْعَطاءِ في يَوْمِ الْجَزاءِ، اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزيزُ الْحَكيمُ

Allāhumma tsabbitnī ‘alā dīnika mā ahyaytanī walā tuzigh qalbī ba’da idz hadaytanī wa bahlī milladunka rahmatan innaka Antal Wahhāb shalli ‘alā muhammadin wa ‘alā āli muhammad, waj’alnī min atbāihi wa syī’atihi wahsyurnī fī zumratihi wa waffiqnī liadāi fardhil jumu’āti wa mā awjabta ‘alayya fīhā minath thā‘āti wa qasamta liahlihā minal ‘athāi fī yaumil jazā’ innaka Antal ‘Azīzul Hakīm.

Artinya: Ya (Tuhanku) Allah, teguhkanlah aku pada agamaMu selama Kau hidupkan Aku. Janganlah gelincirkan hatiku setelah Engkau memberiku petunjuk, karuniakanlah padaku rahmat dari sisiMu, sungguh Engkau Maha Pemberi. Sampaikanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya, jadikanlah aku dari pengikut dan golongannya, kumpulkan aku pada kelompoknya. Bimbinglah aku untuk melaksanakan kewajiban Jumat yang Kau wajibkan atasku untuk aku taati dan Kau bagikan karunia pada hari pembalasan pada orang yang layak menerimanya. Sungguh Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

5. Doa Meminta Ketenangan Batin

يا رب في يوم الجمعة وعدت عبادك بقبول دعواتهم، سأدعو لقلب قريب من قلبي: اللهم ارزقه ما يريد وارزق قلبه ما يريد واجعله لك كما تريد، اللهم قدر له ذلك قبل أن تأذن شمس الجمعة بالمغيب 

Ya Rabbi fi Yaumil Jumat wa ‘adta Ibadaka bi qabuli da’wahum, sa ad’u liqalbin qaribin min qalbi: Allahummarzuqhu ma yuridu warzuq qalbahu ma yuridu, waj’alhu laka kama turidu, Allahumma qaddirlalhu dzalik, qabla an tu’dzina syamsul Jumat bil maghib.

Artinya: Ya Allah SWT, pada hari Jumat ini, kau berjanji pada hamba-hamba-Mu untuk menerima doa mereka, aku akan berdoa dari hati yang terdalam. Ya Allah SWT, berikanlah apa yang kuinginkan, dan berkatilah hatiku dengan apa yang kuinginkan. Dan jadikan diriku ini milik-Mu seperti yang dirimu inginkan, sebelum matahari hari Jumat tenggelam.

30 Inspirasi Kata-Kata Mutiara di Hari Jumat Berkah

adab sunnah di hari jumat

  1. Jumat adalah hari untuk bersyukur kepada Allah atas semua karunia Nya selama seminggu terakhir. Salam Jumat berkah!

  2. Ya Allah berkahilah usaha kami, ibadah kami, pekerjaan kami, dan mudahkanlah segala urusan kebaikan kami, Aaamiin. 

  3. Semoga Allah memberikan ketenangan batin di tengah upaya yang sedang dikerjakan.
  4. Salam jumat berkah! Terima kasih ya Allah bahwa Jumat datang setiap minggu dengan membawa sukacita dan nuansa positif. Semoga hari Jumat Anda luar biasa seperti halnya diri Anda. 

  5. Suatu hari di hari Jum’at, Rasulullah (Sallallahu Alayhi Wa Sallam) mengatakan “Allah SWT telah menjadikan Jumma sebagai hari Idul Fitri” – Ibn Majah

  6. Jangan pernah melewatkan shalat karena ada jutaan orang di kuburan mereka yang ingin hidup kembali hanya untuk bersujud kepada Allah.

  7. Entah sebagian orang berhenti meninggalkan shalat Jum’at, atau Allah akan menutup hati mereka dan mereka termasuk orang-orang yang lalai. —Abu Hurairah (Radi Allahu Anhu). 

  8. Seperti Jum’at yang bersinar di hati orang-orang beriman, semoga Anda termasuk orang-orang yang akan menerima manfaat dan berkah Sholat Jum’at. Jummah Mubarak!

  9. Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan mendapat cahaya darinya dari hari Jumat ke Jumat berikutnya. — Shahih al-Jami – 6470

  10. Jum’at adalah penyeimbang dalam seminggu, Ramadhan adalah penyeimbang tahun, dan haji adalah penyeimbang kehidupan. —Imam bin Al-Qayyim

  11. Datanglah ke Masjid lebih awal untuk shalat Jum’at dan dapatkan bonus pahala sebanyak menawarkan unta. —Sahih Al Bukhari 929

  12. Semoga Allah memberkati Anda dan keluarga Anda dengan kelimpahan berkah Aamiin!

  13. Ketika hari Jum’at datang, para malaikat duduk di pintu masjid dan mencatat siapa yang datang untuk shalat Jum’at. Kemudian, ketika imam keluar, para malaikat menggulung gulungan mereka. —Abu Hurairah (Radi Allahu Anhu). 

  14. Jumat, “Ya Allah! Bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu”

  15. Jumat telah tiba, Mari berdoa untuk dunia. Ya Allah, Ampunilah segala dosa kami dan jauhkan kami dari Virus Corona, Aamiin. 

  16. Hari ini adalah Jumat, yaitu hari tercerah dalam seminggu; 1, Bersihkan diri 2, Sholat, 3, Do’a  4, Baca Surat Kahfi.

  17. Al Jummah (Jumat) Wahai orang-orang yang beriman, jika (adzan) dikumandangkan pada hari Jum’at, maka berzikirlah kepada Allah dan tinggalkan jual beli. Itu lebih baik untukmu. jika Anda hanya tahu.

  18. Ya Allah, ampunilah aku semua dosaku besar dan kecil, yang pertama dan terakhir yang tampak dan yang tersembunyi. Aamiiin.

  19. Jumat adalah hari paling suci dengan berkah dan rahmat Allah yang tak terhitung jumlahnya. Semoga hari ini meringankan hidup Anda dengan ajaran Islam dan melindungi Anda dari malapetaka. Salam Jumat berkah!

  20. Semoga cahaya Jumat bersinar di rumah Anda. Kekuatan iman tetap di hatimu dan semoga Allah melimpahkan berkah-Nya yang tak terhitung kepada Anda dan keluarga di hari suci Jummah Mubarak ini.

  21. Ingat kamu tidak sendiri, Allah bersamamu. Jumat Mubarak!

  22. Nabi (SAW) Bersabda: “Janganlah kamu berbuat jahat kepada orang-orang yang berbuat jahat kepadamu. Tapi Anda berurusan dengan mereka dengan pengampunan dan kebaikan. – Bukhori. 

  23. Ketika kesedihan memenuhi hatimu dan air mata mengalir di matamu, ingatlah selalu tiga hal. Allah bersamamu, masih bersamamu dan selalu bersamamu. 

  24. Semoga amalan kita menarik cinta Allah. Nur & Barakah agar hidup kita dipenuhi kedamaian, kebahagiaan & kebebasan dari bencana apapun.

  25. Nabi Muhammad (S.A.W) berbicara tentang hari Jumat dan berkata: “Ada satu jam (waktu yang tepat) pada hari Jumat dan jika seorang Muslim mendapatkannya saat berdoa dan meminta sesuatu dari Allah maka Allah pasti akan memenuhi permintaannya. dan dia (S.A.W) menunjukkan singkatnya waktu itu dengan tangannya” – Bukhari.

  26. Semoga para malaikat melindungimu. Semoga kesedihan melupakanmu. Semoga kebaikan mengelilingi Anda. Semoga Allah selalu memberkahi Anda!

  27. Sholat adalah hal pertama yang akan Anda pertanyakan, jadi jangan menjadikannya hal terakhir di pikiran Anda.

  28. Doa mengubah banyak hal. Kekhawatiran tidak mengubah apa pun. Jika Anda tahu betapa kuatnya sujud, Anda tidak akan pernah mengangkat kepala Anda dari tanah. Jadi, utamakan sholat!

  29. Percayalah bahwa doa-doa Anda tidak pernah sia-sia. Anda tidak pernah tahu kapan, di mana, atau bagaimana Allah akan menjawab, tetapi ketahuilah dengan pasti bahwa Allah akan menjawab!

  30. Doakan orang lain, jangan egois & berdoa saja untuk diri sendiri. Rasakan hatimu tumbuh dengan cinta. Selamat Jumat Mubarak!

Itulah Allah menjadikan hari Jumat sebagai hari yang begitu mulia untuk kaum Muslimin. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat. Salam Jumat berkah!

Sempurnakan harimu dengan sedekah Jumat di Dompet Dhuafa. Raih keutamaan sedekah untuk lengkapi ketenangan batin, klik sedekah sekarang juga di sini! 

Zakat Sekarang