5 Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Qur’an

162

keutamaan membaca al quran

Sering kali ketika hari dirasa begitu sibuk, kita melewatkan hari demi hari tanpa membaca Al-Qur’an, jangankan 1 juz bahkan 1 ayatpun lalai kita lantunkan. Ketahuilah bahwa alam semesta beserta isinya terangkum rahasianya dalam 30 juz Al-Qur’an. Selain itu banyak keutamaan-keutamaan dan kebaikan yang didapat ketika membaca dan menghafal Al-Quran.

Al-Qur’an merupakan kalamullah, firman Allah SWT yang diturunkan kepada nabi kita Muhammad SAW. Ia adalah pedoman dan petunjuk umat Islam dalam menjalani hidup di dunia dan akhirat. Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Dalam Al-Qur’an terdapat 30 juz dengan 114 surat yang turun di dua tempat, yaitu Mekkah dan Madinah. Untuk itu, membaca, menghafal dan mentaddaburi isi setiap ayat Al-Qur’an menjadi bagian penting dari kehidupan umat Islam.

Berikut mengenai keutamaan-keutamaan yang didapat bagi setiap muslim yang senantiasa membaca, menghafal dan menerapkan isi kandungan ayatnya dalam kehidupan:

Merupakan Orang Pilihan Allah SWT

Bisa menjadi penghafal Al-Qur’an adalah sebuah anugrah dari Allah SWT kepada orang-orang tertentu, karena tidak semua mampu dengan mudah dapat menghafal Al-Qur’an. Namun, disisi lain bukan berarti tidak ada kesempatan bagi umat lainnya dalam menghafal Al-Qur’an. Hanya saja perlu melawati fase rasa malas dan godaan syaitan dengan berusaha keras melawannya serta berdoa kepada Allah agar dimudahkan dalam menghafal Al-Qur’an.

“Sesungguhnya Allah memiliki keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya,“ Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al-Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya. ” (HR. Ahmad)

Menerima Derajat yang Tinggi dari Allah SWT

Karena Allah SWT sangat menyukai hambanya yang gemar membaca dan menghafal kitabullah yaitu Al-Qur’an, apalagi sampai dapat mengamalkan nya sepanjang waktu. Akan ada malaikat Allah yang selalu menemani dan memberikan rahmat kebaikan kepada hambanya.

“Orang orang yang hebat dalam membaca Al-Qur’an akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat pada Allah SWT dan orang tua yang terbata-bata membaca Al-Qur’an lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala,” (HR. Bukhari)

Mendapatkan Syafaat (penolong) di Hari Kiamat

Selain keutamaan diatas, membaca dan menghafal Al-Qur’an akan diberikan syafaat di hari akhir atau kiamat nanti. Pasti kita semua sebagai umat muslim ingin mendapatkan syafaat atau penolong dari Allah SWT. Al-Qur’an akan menolong dan menemani setelah hidup berakhir. Tidak hanya sebagai penolong, akan tetapi sampai mati pun, seorang muslim yang dekat dengan Al-Qur’an akan menerima kemuliaan.

“Bacalah Al-Qur’an karena pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik bagi pembacanya.” (HR. Muslim)

Pahala yang Berlipat Ganda

Dalam hadist riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya sepuluh pahala dan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, dan aku tidak mengatakan alif-lam-mim itu satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf tersendiri.”

Menurut ‘Ali ibn Abi Thalib karramallahu wajhah, keutamaan yang diungkap oleh hadist di atas lebih diperuntukkan pada orang yang membacanya di luar salat meski tidak dalam kondisi suci. Adapun, keutamaan orang yang membaca Al-Quran dalam salat serta dilakukan saat berdiri, maka balasan yang diperoleh yakni 100 kebaikan.

Sedangkan, membaca Al-Quran saat duduk salat, maka balasan yang diperoleh yakni 50 kebaikan. Kemudian, membaca Al-Quran dalam keadaan di luar salat meski dengan kondisi suci akan mendapatkan balasan 25 kebaikan.

Adapun dalam hadist lain, tentang keutamaan membaca Al-Qur’an telah disebutkan oleh Rasulullah SAW yang artinya: “Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur’an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya” (HR. ad-Dailami).

Mendapatkan Mahkota Kemuliaan atau Tahjul Karomah

Keutamaan selanjutnya adalah memperoleh mahkota kemuliaan atau Tahjul Karomah. Ternyata tidak hanya untuk penghafal Al-Qur’an saja yang Allah pakaikan mahkota, kedua orangtuanya juga mendapatkan mahkota yang terbuat dari cahaya. Selama mereka beriman kepada Allah dan tidak melakukan dosa besar.

“Di mana orang-orang yang tidak terlena oleh menggembala kambing dari membaca kitabku?” Maka berdirilah mereka dan dipakaikan kepada salah satu mereka mahkota kemuliaan, diberikan kemenangan dengan tangan kanan dan kekekalan dengan tangan kirinya. (HR. At-Tabrani)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:  Al-Quran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, “Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu… ” kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya, dan kedua orang tuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, “Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?” kemudian dijawab, “Karena anakmu belajar al-Quran.” (HR. Thabrani dalam al-Ausath 6/51, dan dishahihkan al-Albani).

Itulah beberapa keutamaan-keutamaan dari membaca dan menghafal Al-Qur’an, selain itu kita dianjurkan untuk mentadaburri dalam kehidupan baik dunia maupun akhirat nanti.

Masih banyak lagi keutamaan lainnya yang dapat kita raih kebaikan dan pahalanya. Karena tidak hanya penghafal Qur’an saja yang mendapatkan pahala atas setiap bacaan dan hafalan, namun pahala yang sama untuk sang pemberi Al-Qur’an. Allahu a’lam

 

*Diolah dari beberapa sumber: Islampos , Muslim.or.id dan lainnya

Zakat Sekarang