Membuka Pintu Rezeki dengan Sedekah untuk Hidup yang Lebih Oke!

1410

 

Membuka pintu rezeki dengan sedekah di Dompet Dhuafa

Ibarat menanam hal baik sebelum menuai buahnya, begitupula membuka pintu rezeki dengan sedekah. Agar kebaikan semakin banyak yang datang, maka kita perlu menanam benih kebaikan, salah satunya dengan sedekah.

Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah (HR. Al-Baihaqi)

Selain sabda Rasulullah tersebut, Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu’anhu berkata,

“Pancing rezekimu dengan sedekah.“

Pun ada kaidah yang mengatakan, “Siapa yang banyak memberi, ia akan banyak menerima”.

Lalu apa makna dari sedekah? Dan apa saja dalil tentang sedekah beserta keutamaan sedekah? Simak ulasan berikut ini!

Sedekah merupakan kata yang sangat familiar di kalangan umat Islam. Sedekah diambil dari bahasa Arab yaitu ‘shadaqah’. Kata ini berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Jadi sedekah adalah harta atau non harta yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Dalam Islam, habluminallah (hubungan manusia ke Allah) dan habluminannaas (hubungan intrapersonal dan interpersonal manusia kepada manusia) harus seimbang. Salah satu cara untuk mendapatkan berkah dari Allah bukan hanya melalui ibadah. Tetapi, bisa juga didapatkan dengan cara berbagi atau yang sering disebut dengan sedekah.

Setiap umat Islam dianjurkan untuk bersedekah dan menolong sesama. Selain dapat meringankan beban sesama, sedekah juga mendatangkan pahala dan kebaikan.

Sedekah merupakan salah satu cara pembuka pintu rezeki yang terbuka luas tanpa harus berpeluh keringat. Dengan bersedekah, terbentuklah rumus memberi bukan berarti mengurangi. Namun rumus yang sesungguhnya adalah memberi sama dengan menambah rezeki.

Karena sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,

“sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).

Mengapa sedekah tidak akan mengurangi harta? Karena meskipun secara tersirat harta terlihat berkurang, namun kekurangan tersebut akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak.

Sedekah juga akan memberikan banyak keistimewaan kepada pelakunya, salah satu diantaranya adalah Allah akan memberikan pahala yang banyak untuk orang yang gemar bersedekah.

Allah Subhana wa Ta’ala berfiman,

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18)

Sedekah berarti memberikan sebagian harta yang kita punya untuk mereka yang membutuhkan. Banyak yang masih berpikiran, bahwa jika kita membagi-bagikan harta untuk sedekah, maka harta yang kita miliki akan habis.

Undang rezeki dengan sedekah

Padahal sebaliknya, Allah telah menjanjikan balasan rezeki yang berlipat ganda bagi umat-Nya yang gemar sedekah, yaitu membuka pintu rezeki seluas-luasnya. Selain itu, sedekah bukan hanya uang, namun juga bisa dalam bentuk non materi.

Bagi yang sedang memiliki kelapangan rezeki, sedekah mungkin adalah hal yang mudah namun jika sedang sempit tapi dianjurkan untuk bersedekah mungkin akan lain cerita. Mari kita simak janji Allah,

“Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang terbaik.” (Saba’/34 : 39)

Betapa besar jaminan orang yang berinfak di jalan Allah. Semoga dengan iman dan pengetahun akan manfaat sedekah bisa menjadikan kita orang yang gemar bersedekah, aamiin. Sedekah gak akan bikin kamu susah. Sedekah berkah berfaedah, Insyaa Allah.

***

Sedekah mudah, klik disini

Zakat Sekarang