31 October 2019

Semilirkan 4 Rangkaian Wakaf dan Sedekah

wakaf dan sedekah

Rantai kehidupan mengantarkan sesama manusia menjadikan mereka mahkluk sosial yang senantiasa dapat saling bekerja sama dan tolong menolong. Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menjadi umat yang saling berbagi dan mengasihi sesama dalam kebaikan. Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah, memberi merupakan sifat terpuji, mulai, dan sangat Allah cintai. Kegiatan Wakaf dan Sedekah harus dapat terimplementasi dalam kehidupan kita, karena begitu besar manfaatnya untuk sesama.

Wakaf dan Sedekah adalah amal yang amat mulia disisi Allah SWT kelak pahala yang tak terkira akan menghampiri bagi yang melakukannya. Membantu dan menolong  orang yang tidak mampu berarti akan memudahkan urusan mereka. Allah selalu memudahkan urusan orang lain jika hamba tersebut memudahkan urusan orang disekitarnya. Yuk mari lebih dekat dengan Wakaf dan Sedekah dari segi persamaan, perbedaan, keutamaan dan sejuta manfaatnya.

  1. Persamaan Wakaf dan Sedekah

Persamaan dari Wakaf dan Sedekah yaitu sama-sama memberi. Memberi kebaikan untuk orang yang sedang membutuhkan, menolong orang yang tidak mampu, sehingga memudahkan urusan mereka. Dengan memberi kelak akan menambah tabungan untuk di akhirat kelak. Kegiatan wakaf dan sedekah dapat memberikan kebaikan bukan hanya sebagai tabungan untuk di akhirat, namun kelak kebaikan di dunia.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an :

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya: ‘Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” (QS. Al-Munafikun:10)

  1. Perbedaan Wakaf dan Sedekah

Jika persamaannya sama-sama memberi kebaikan antara wakaf dan sedekah, namun dalam arti secara rinci antara wakaf dan sedekah yakni berbeda. Arti dari wakaf dan sedekah lebih rincinya adalah sebagai berikut:

Waqaf adalah sejenis ibadah maliyah yang speksifik. Berasal dari kata wa-qa-fa (وقف) yang artinya tetap. Artinya bahwa seseorang menyerahkan harta yang tetap ada wujudnya. Namun selalu memberikan manfaat dari waktu ke waktu tanpa kehilangan benda aslinya tersebut.

Sedangankan pengertian sedekah yaitu saat seseorang memberikan hartanya, maka harta tersebut langsung habis manfaatnya saat itu juga. Sebagai contoh, seseorang bersedekah memberikan 30 anak yatim makanan berbuka puasa.  Saat makanan sudah dilahap dan habis, maka orang tersebut dapat pahala. Tetapi tidak ada pahala lainnya setelah itu, sebab pokok sedekah itu sudah selesai dan berhenti manfaatnya.

Jika dalam wakaf bahwa seseorang bersedekah dengan harta yang pokoknya tetap ada. Harta tersebut tetap bisa menghasilkan pemasukan atau penghasilan yang bersifat terus menerus dan juga rutin.

Pada contohnya seseorang mewakafkan ladang perkebunan tomat untuk fakir miskin. Ladang perkebunan tersebut dipelihara oleh orang yang ahli dalam pekerjaannya. Yang diambil manfaatnya adalah hasil panen dari tomat tersebut. Tomat tersebut misalnya boleh dibagikan kepada fakir miskin, atau dijual yang hasilnya untuk kaum fakir miskin.

Baca JugaApa itu Wakaf?

  1. Keutamaan Wakaf dan Sedekah

Wakaf dan sedekah memiliki keutamaan, bahwasannya karena memberikan manfaat untuk orang yang membutuhkan. Namun jika kembali dilihat dari segi manfaat yang diberikan secara mendalam, wakaf memiliki keutamaan amalan lebih baik dari pada sedekah. Dikarenakan pahala yang terus menerus mengalir serta manfaat yang diberikan tanpa putus dan berkelanjutan.

Hadits Riwayat Bukhari Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

  1. Manfaat Wakaf dan Sedekah

Wakaf dan Sedekah merupakan amalan terpuji yang akan mendatangkan besarnya manfaat baik bagi orang yang memberinya dan mendapatkannya. Allah SWT akan senantiasa memberkahi dan mencintai hambaNya yang rajin memberi kebaikan untuk sesama. Berikut adalah berbagai manfaat yang begitu luar biasa ketika kita mengimplementasikan untuk berwakaf dan bersedekah dalam kehidupan kita.

  • Manfaat Wakaf

a. Memudahkan urusan orang lain yang mendapatkan kesulitan

Manfaat wakaf yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kesulitan Contohnya berupa manfaat tanah yang diberikan untuk orang yang kesulitan dan keadaan yang susah sehingga tidak memiliki tempat tinggal. Merupakan kegiatan yang amat terpuji meringankan beban saudara muslim.

b. Menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi

Wakaf dapat  menjadi salah satu sarana untuk melatih jiwa sosial. Seseorang yang memiliki harta benda lebih banyak dapat memberikan kepada yang kaum yang tidak mampu atau kesulitan.

c. Menguatkan tali persaudaraan.

Dalam hubungan masyarakat antara orang yang kaya dan miskin biasanya mengalami kesenjangan karena perbedaan derajat yang masih dipandang oleh masyarakat. Ketika orang yang kaya memberikan wakaf untuk digunakan secara umum maka orang yang kekurangan juga dapat merasakan sarana secara umum. Hal tersebut dapat membuat hubungan masyarakat yang lebih harmonis.

d. Mencegah keretakan dalam masyarakat.

Berbagai masalah kesenjangan sosial terkadang membuat beberapa masyarakat merasa iri hati atau ingin memiliki harta yang sama. Hal tersebut  tentu tidak bisa didapatkan karena Allah telah memberikan rezeki dengan ukuran dan takaran yang berbeda. Wakaf menjadikan hubungan antara masyarakat antara orang kaya dan miskin terjalin dan berjalan seimbang sehingga jauh dari keretakan.

e. Bekal Tabungan untuk Akhirat yang Kekal

Kelak mendapatkan kehidupan akhirat yang kekal bisa diselamatkan dari kehidupan saat masih ada di dunia dengan berwakaf. Manfaat wakaf dapat menjadi bekal untuk mendapatkan kehidupan akherat yang lebih baik. Dikarenakan pahala kebaikan yang senantiasa terus mengalir tanpa putus.

  • Manfaat Sedekah

a. Melancarkan Seseorang Masuk Surga

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ
الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: dan bersegeralah kamu pada ampunan dari Tuhanmu dan pada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang diediakan untuk orang-orang yang bertakwa. Yaitu orang-orang yang menafkahkan harta mereka baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang menahan amarah mereka dan memaafkan kesalahan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (Ali Imran [3]: 133-134)

b. Memberi perlindungan manusia dari terik matahari di Padang Mahsyar

Nabi Rasulullah SAW Bersabda, “Ada tujuh kelompok yang akan dilindungi Allah, di hari yang tidak ada tempat berteduh kecuali dalam naungannya-Nya… (salah satunya) seseorang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannnya…” (Shahih Bukhari, 1/629, Muslim, 2/1031)

c. Melembutkan hati yang keras, sebagai obat hati

Dari Abu Hurairah, bahwa akan ada seseorang yang datang kepada Rasulullah SAW mengeluhkan hatinya yang keras. Beliau bersabda, “Jika engkau ingin melembutkan hati engkau, maka berilah makan kepada orang miskin, dan usaplah (dengan lemah-lembut dan kasih sayang) kepada anak yatim. (Ahmad, 2/7566).

d. Menghapus Dosa dan Terjaga dari Api Neraka

Rasulullah bersabda, “Jauhilah api neraka, meskipun hanya dengan sebutir kurma” (Shahih Bukhari, 2/1351 ‘ Muslim, 2/1016)

 “Sedekah menghapus dosa, seperti air memadamkan api” (Tirmidzi, 2/4210)

e. Memberkahi dan Menyucikan Jiwa

Dengan bersedekah maka Allah senantiasa akan memberkahinya dan diberikan ketenangan dalam jiwa. Perasaan tenang dan senang akan menghampiri jika melihat seseorang yang dibantu keluar dari masa kesulitannya.

Baca JugaRahasia Sedekah Untuk Hidup Semakin Berkah

Baiklah berikut dari besarnya kebaikan dari kegiatan Wakaf dan Sedekah dari persamaan, perbedaan, keutamaan, dan manfaatnya yang begitu luar biasa. Dalam menapaki dunia iringilah selalu dengan saling memberi dan mengasihi untuk kebaikan. Manfaatkanlah disaat jejak dapat melangkah, jantung masih berdetak dan adanya semilir nafas untuk berbuat kebaikan mengejar ridho Allah SWT. Kelak menjadi tabungan untuk di dunia yang kekal yakni akherat, pancarilah selalu iman dan takwa dengan berbagi. (Glenzi Fizulmi, 2019)

Zakat Sekarang
Bagikan :

Konsultasi ZISWAF

Foto Ustadz Zul Ashfi DD

Pertanyaan:  Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh Saya ingin bertanya tentang zakat harta warisan. Saya seorang ibu dari 3 anak (2 anak laki-laki dan 1…

Download PDF Panduan Zakat

Download Panduan Zakat

Informasi lengkap dan praktis untuk mempelajari zakat secara komprehensif.

Download Panduan Zakat di sini !
Kalkulator zakat

Kalkulator Zakat

Program yang akan membantu menentukan jumlah besaran Zakat yang akan Anda tunaikan.

Hitung Zakat Anda di sini !