Bukan Pawang Hujan, Inilah Doa Minta Turun Hujan Bermanfaat

313

Pawang Hujan dalam Islam dan doa minta turun hujan

Pawang hujan menjadi kata kunci populer usai perhelatan ajang MotoGP yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok (20/3/2022).

“Tong…tong…tong” ia memukul cawan emas berisi sajen sambil komat kamit agar hujan berhenti.

Setelah setengah jam, hujan mereda. Balapan pun dilanjutkan kembali dengan kondisi jalanan basah.

Kehadiran pawang hujan menjadi daya tarik kearifan lokal pada balapan MotoGP di Indonesia. Beragam diskusi dan pembahasan mewarnai linimasi di media sosial. Lantas bagaimana dari sudut pandang islam agar hujan turun membawa kebaikan untuk alam?

Doa Minta Turun Hujan yang Bermanfaat

Menyadur dari tulisan Ustadz H. Ahmad Fauzi Qosim, S.S., M.A., M.M, Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam suatu saat pernah meminta diturunkan hujan. Kemudian, ketika hujan turun begitu lebatnya, beliau memohon pada Allah agar cuaca kembali menjadi cerah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a,

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR Bukhori 1014)

Ibnul Qayyim dalam kitab Zaadul ma’ad mengatakan, ”Ketika hujan semakin lebat, para sahabat meminta pada Nabishallallahu ’alaihi wa sallam supaya berdo’a agar cuaca kembali menjadi cerah. Akhirnya beliau membaca do’a di atas.”

baca juga: KISAH NABI NUH 500 TAHUN BERDAKWAH DAN DOA HUJAN

Syaikh Sholih As Sadlan dalam kitab Dzikru Wa Tadzkir mengatakan bahwa do’a di atas dibaca ketika hujan semakin lebat atau khawatir hujan akan membawa dampak bahaya.

Simak penjelasan lebih dalam di video ini, ya! 

Kita juga belajar bahwa istilah sedia payung sebelum hujan benar adanya. Saat BMKG telah memprediksi curah hujan atau arah angin, hendaknya kita bersiap secara strategis saat cuaca masih cerah untuk menimalisir dampak parah hujan. Lalu, saat terjadi hujan, maka tugas kita berdoa supaya mendatangkan kebaikan dan manfaat. (SH)

baca juga: SEJARAH KELAM BANJIR MEKKAH 1941 MENGEPUNG KABAH

 

 

Zakat Sekarang