21 June 2016

Hanya ada di Ramadhan, yuk kejar !!

 

Apabila tiba bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu (HR. Muslim).

Ramadhan, sejak awal kehadirannya Allah sudah berikan gambaran penghargaan dan kemudahan. Tak terasa saat ini Ramadhan sudah separuh perjalanan, apa yang sudah kita lakukan ? Bukankah Ramadhan menjadi bulan dengan pahala bertebaran ? Sudahkan kesempatan itu dimanfaatkan ?

Dalam sebuah hadits disampaikan, Ibadah sunnah pd Ramadhan senilai ibadah wajib di bulan biasa, ibadah wajib di Ramadhan senilai 70x pahala di bulan biasa (HR.Ibnu Khuzaimah & Baihaqi)). Pahala ibadah sunnah di Ramadhan setara dengan pahala ibadah wajib saat bulan lainnya. Pahala ibadah wajib di Ramadhan bisa dilipatkan gandakan hingga 70 kali lipat, MasyaAllah.

Ramadhan bukan hanya disebut Syahru Shiyam tapi juga Syahru Qiyam, yakni bukan hanya bulannya puasa namun juga bulannya shalat malam. Shalat malam yang hanya ada di Ramadhan, tak ada di bulan-bulan lainnya yakni shalat sunnah tarawih. Mungkin banyak sebagian dari kita yang menyepelekan ibadah sunnah tersebut padahal Allah berikan banyak keutamaan bagi yang melaksanakannya, seperti yang dinyatakan dalam hadits berikut : “Sesungguhnya barangsiapa yang shalat (Tarawih) bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyamul lail satu malam penuh.” (HR. An-Nasai, At-Tirmidzi, Ibnu Majah)

Mari kita renungkan, Ramadhan hadir setahun sekali. Dia hadir menyapa seluruh umat di dunia, bukan hanya Muslim di Indonesia. Dia hadir bukan sekedar seremoni yang dinikmati kemudian pergi. Ramadhan membawa pesan yang tak sembarangan, yakni taqwa sebagai tujuan.

Jika ketika Ramadhan kita bisa menjadi pribadi yang gemar berbuat kebaikan, ini tak lain karena bantuan Allah dengan dibelenggunya setan-setan. Maka ini adalah bulannya latihan, selepas Ramadhan barulah bisa disebut sebagai perjuangan. Bisakah kebaikan tersebut bertahan saat Ramadhan usai ?

Mari kita niatkan dalam hati agar spirit Ramadhan senantiasa bertahan meski ia akan pergi perlahan. Dan selagi Ramadhan belum selesai, mari manfaatkan segala peluang kebaikan menjadi wujud nyata amal perbuatan karena kita paham belum tentu kita bisa menikmati Ramadhan tahun depan. Penawaran ini hanya ada di Ramadhan, yuk kejar ! (sfs)

Bagikan :

Konsultasi ZISWAF

Foto Ustadz Zul Ashfi DD

Pertanyaan Assalamualaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh, Ustadz. Mana yang mesti kita dahulukan sedekah atau hutang? Saya punya hutang 1,2 juta sampai…

Download PDF Panduan Zakat

Download Panduan Zakat

Informasi lengkap dan praktis untuk mempelajari zakat secara komprehensif.

Download Panduan Zakat di sini !
Kalkulator zakat

Kalkulator Zakat

Program yang akan membantu menentukan jumlah besaran Zakat yang akan Anda tunaikan.

Hitung Zakat Anda di sini !