6 Keutamaan Hebat Sedekah Subuh Saat Ramadan dan Caranya

1015

Keutamaan sedekah subuh

Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan sendiri. Allah membuka pintu maaf dan ladang pahala lebar-lebar, sehingga umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan di bulan ini, salah satunya mengupayakan untuk meraih keutamaan sedekah subuh.

Subuh merupakan waktu istimewa untuk melakukan amalan seperti sedekah subuh. Syekh Ali Jaber menyampaikan sabda Rasulullah SAW bahwa sedekah subuh memiliki keutamaan sangat besar untuk hidup yang makmur sebagai insan Allah.

Mau tahu apa saja keistimewaannya? Dirangkum dari beberapa sumber, inilah manfaat sedekah subuh yang sayang untuk dilewatkan!

1. Dua malaikat datang mendoakan

Amalan setelah sahur sedekah subuh

Mau kemanapun mencari keistimewaan tentang sedekah subuh, mendapatkan doa dari malaikat sudah pasti keutamaan yang paling mulia. Doa malaikat adalah doa yang mudah dikabulkan oleh Allah.

Di bulan Ramadhan, berdoa di waktu sahur adalah salah satu waktu yang mustajab. Siapa yang bersedekah dan membantu keluarga terdekat, maka Allah akan melapangkan rezeki. Hal ini tertera dalam surat Saba ayat 39:

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya: “Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).” Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya” (QS. Saba’: 39).

Melansir dari Rumaysho, malaikat akan berdoa yang baik-baik kepada hamba Allah yang rajin bersedekah. Bersedekahlah dengan hati yang ikhlas, maka Allah akan menggantikan rezekimu dari arah yang tidak disangka-sangka.

2. Dikabulkan permintaan

Berdoa kepada Allah

Siapa yang tidak ingin permintaannya dikabulkan Allah? Semua umat Islam pasti mau, lantas bagaimana caranya? Salah satu caranya yaitu menyegerakan sedekah. Saat subuh, malaikat turun di pagi hari untuk mengabulkan permintaan para hamba Allah.

Maka dari itu, maksimalkan waktu subuh dengan amalan baik seperti sedekah subuh. Sholat subuh pun jangan sampai terlambat, ya!

baca juga: 4 PESAN ABADI SYEKH ALI JABER UNTUK SEDEKAH SUBUH

Pada sebuah, Syekh Ali Jaber mengungkapkan sedekah subuh yang diringi doa dapat membantu terkabulnya permintaan kita.

“Setiap waktu Subuh, Allah turunkan malaikat yang mendoakan orang yang berinfak di Subuh hari. Bersedekah Subuh yang diiringi doa juga dapat membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat penyanyit, hingga memudahkan segala urusan,” ujarnya.

3. Didekatkan pada pintu surga

Ramadan adalah peluang untuk mendapatkan surga

Sesungguhnya, duniawi dan akhirat saling berhubungan. Bak menaiki anak tangga, sedekah dapat mendekatkan diri kita kepada surga. Ramadan adalah kesempatan untuk mengumpulkan pahala dan menebar manfaat seluas-luasnya dengan sedekah.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 261, Allah berfirman bahwa Allah melipatgandakan pahala orang-orang yang rajin bersedekah.

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

4. Harta menjadi berkah

keutamaan sedekah subuh dan tata cara sedekah subuh di rumah

Selalu ingat bahwa kita tidak hidup sendiri di dunia ini. Keutamaan sedekah subuh membuat harta menjadi berkah. Harta yang Anda miliki, sebagiannya adalah milik saudaramu yang membutuhkan.

baca juga: 6 KEUTAMAAN SEDEKAH INI BIKIN RINGAN HATI UNTUK MENOLONG 

Sedekah dapat memudahkan hidup saudara yang kesulitan untuk mendapatkan nafkah.  Lakukan dengan ikhlas dan tulus agar amalan diterima di sisi Allah dengan baik.

Awali hari dengan kebaikan kepada orang lain supaya hatimu senang. Selain itu, keberkahan harta menjadi pembuka untuk rezeki baik yang lain.

5. Didoakan oleh orang-orang sekitar

tolong menolong dalam kebaikan

Salah satu bentuk karunia dari Allah SWT adalah dikelilingi orang baik yang mendoakan kita. Ingatlah, kebaikan yang dilakukan secara tulus akan menyentuh hati penerimanya hingga ia berdoa supaya kita sehat, bahagia, dan terhindar dari kesulitan hidup.

Tolong menolonglah dalam kebaikan. Berbuat baik secara ikhlas dapat dilakukan melalui sedekah subuh. Maka dari itu, sesudah sahur dan sholat, usahakan untuk tidak lanjut tidur, ya! Cobain deh jemput keutamaan Ramadan dengan melakukan sedekah subuh.

6. Sedekah dapat menolak bala 

kisah sedekah menolak bala

Sedekah adalah amalan untuk mengantarkan kita ke akhirat yang baik (husnul khatimah). Allah ta’ala berfirman dalam surat Saba’ ayat 39:

وَمَا أَنفَقْتُم مِّن شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya: “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rizki.”

Jika kita suka memberi, maka kita akan sering menerima. Begitu kira-kira gambaran yang terkandung dalam konsep sedekah dalam Islam.

baca juga: SEDEKAH MENOLAK BALA 

Sedekah yaitu mengeluarkan sebagian harta, berapa pun jumlahnya, untuk disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan (kaum lemah/dhuafa), mendanai kegiaan sosial dan dakwah, serta perjuangan di jalan Allah SWT. Sedekah juga bisa dalam bentuk immateri, seperti senyum, ilmu, dan tenaga.

Menyadur dari Dewan Syariah Dompet Dhuafa, Ustadz H. Ahmad Fauzi Qosim, S.S., M.A., M.M, salah satu pahala sedekah adalah menghindarkan diri kita dari bencana atau musibah (sedekah menolak bencana), sebagaimana sabda Nabi SAW:

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (HR. Baihaqi & Thabrani)

Sedekah juga menolak bencana di akhirat, sebagaimana sabda Nabi SAW:

“Bentengilah diri kalian dari siksa api neraka meskipun dengan separuh buah kurma.” (Muttafaqun ‘alaih).

“Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad).

Bagaimana Cara Sedekah Subuh yang Tepat? 

1. Niat

Supaya menjadi berkah, luruskan niat bahwa sedekah subuh adalah untuk menebar kebaikan yang lebih luas ke sekitarmu. Saat ingin melakukan amalan ini, bacalah niat sedekah subuh berikut:

Nawaitut taqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallama wa idkholas sururi ‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa ‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya: “Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi Saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

2. Siapkan tempat penyimpanan dana amal 

Layaknya menabung, siapkan kaleng atau kotak kecil untuk menyimpan dana amal yang akan kamu sumbangkan kepada masjid atau saudara yang membutuhkan. Isi kotak tersebut dengan sedekah subuh.

Setelah terkumpul banyak, kamu dapat memasukkan ke kotak amal di masjid atau sedekah kepada orang terdekat.

3. Memberi sedekah makan kepada makhluk hidup 

Selain materi, kamu juga bisa bersedekah dengan memberi makan kepada saudaramu. Misalnya, kamu memberikan sarapan, lalu menggantungkan hidangan tersebut di pagarnya.

Jangan lupa untuk memberi tahu, ya! Memberikan sedekah dalam bentuk makanan tidak dianjurkan seperti pengagum rahasia.

Bisa juga kamu inisiatif untuk menyediakan sarapan gratis di depan rumah, sambil ditulis, “ambil di sini, gratis!”

Sedekah pun bukan hanya kepada manusia, namun juga tumbuhan dan hewan sebagai sesama mkhluk hidup. Kamu juga bisa inisatif membawa makanan hewan untuk kamu bagikan kepada hewan yang tinggal di jalanan.

4. Sedekah Subuh secara online 

Adanya digital memudahkan kita untuk berbuat baik kepada orang lain. Kamu juga bisa melaksanakan sedekah subuh di Portal Donasi Dompet Dhuafa.

Pilihlah lembaga yang kredibel dan transparansi supaya sedekahmu sampai ke orang yang tepat untuk melengkapi kebutuhan para penerima manfaat.

Awali harimu di bulan Ramadhan dengan video baik di bawah ini!

Setelah sahur dan sambil menunggu waktu subuh, awali kegiatan dengan bersedekah di pagi hari. Banyak keutamaan sedekah subuh untuk menolong diri sendiri dan orang lain. Ketuk pintu kebaikan, klik sedekah subuh di sini untuk mulai harimu!

Sedekah Subuh untuk Hari yang Luar Biasa

 

Zakat Sekarang