5 Keutamaan Sedekah dalam Islam yang Perlu Kita Ketahui

keutamaan bulan ramadhan bulan berbagi

Apa itu sedekah? Menurut bahasa, sedekah artinya “benar”. Menurut tafsiran para ulama, orang yang suka bersedekah adalah orang yang benar pengakuan imannya.

Sebelum mengetahui keutamaan sedekah, apakah Anda tahu Sulaiman Al Rajhi? Sepanjang hidupnya, dia telah menyumbang $16 miliar (60 miliar riyal), jumlah yang dianggap sebagai salah satu dana abadi terbesar yang dibuat di dunia Islam dan yang masih belum dapat ditandingi. Dia telah memberikan dua pertiga dari seluruh kekayaannya untuk amal dalam bentuk wakaf dan sisanya sepertiga untuk keluarganya.

Angka tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin karena bersedekah bukan hanya sekedar memberi saja. Karena memberi bukan hanya sekedar mengasihi, tetapi juga membantu saudara-saudara kita yang tengah membutuhkan uluran tangan.

Seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم bahwa ada banyak hikmah bersedekah.

BACA JUGA: SEDEKAH MENGHINDARKAN SESEORANG DARI MARA BAHAYA

Berikut ini 5 (lima) keutamaan bersedekah:

1. Dapat Menghapus Dosa

Koin yang dikumpulkan untuk sedekah dapat menghapus dosa - Zakat.or.id
Coins and banknotes in glass money jar with label, financial donations, charity, fund rising concept.

Sedekah sangat di anjurkan karena dapat mensucikan. Manusia memang tidak luput dengan dosa. Kesempurnaannya dipertanyakan apakah kita pantas disebut makhluk yang sempurna padahal kita selalu enggan untuk meminta ampun dengan apa yang telah kita perbuat.

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda,

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“

(HR. At-Tirmidzi)

Sedekah, itulah cara mudah yang disediakan Allah agar dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa kita. Cukup dengan tersenyum saja, Anda sudah bersedekah karena senyum adalah salah satu sedekah termudah yang dapat kita sebarkan dengan mengukir garis senyum di bibir kita.

2. Sedekah Tidak Harus Dengan Uang

Keutamaan sedekah membantu sesama manusia - Zakat.or.id

Bagaimana cara kita mendapatkan keutamaan bersedekah tetapi tidak mempunyai uang?

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda:

“Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.”

(HR. Bukhari)

Tidak punya uang bukan berarti penghalang untuk bersedekah. Lebih baik menjadi tangan di atas daripada tangan di bawah. Itulah mengapa sedekah tidak hanya sekedar tentang uang saja, tetapi juga senyum, membantu orang ketika susah, membersihkan ruangan ketika tidak ada yang membersihkan, dan lain sebagainya.

3. Sedekah Dapat Mendatangkan Rezeki

Sedekah Tidak Akan Mengurangi Waktu Harta - Zakat.or.id

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.”

(HR. Muslim, no. 2588)

Apakah gaji Anda belum cukup untuk penghasilan sehari-hari? Apakah Anda masih memikirkan bagaimana biaya sekolah anak-anak Anda yang masih juga belum cukup?

baca juga: DARI MANA ASAL REZEKI? 3 MANFAAT SEDEKAH JARIYAH YANG JARANG DIKETAHUI 

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk bersedekah. Bukan hanya membersihkan diri dari dosa, tetapi keutamaan sedekah juga dapat mendatangkan rezeki lagi kepada kita. Jika kita yakin bahwa diri kita bersedekah karena Allah, Insyaa Allah akan digantikan dengan sesuatu yang lebih baik lagi.

4. Allah SWT Melipatgandakan Pahala Orang-orang yang Bersedekah

Allah Maha Melihat, al-Basir البصير Setiap apapun yang dilakukan oleh kita, pasti Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى akan melihat kita. Sedekah sedikit apapun itu pasti Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى melihatnya. Disitulah Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى melipatgandakan pahala orang-orang yang bersedekah.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman yang artinya:

“Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

(QS. Al-Baqoroh: 261)

Baca Juga: MENINGGALKAN PAHALA ABADI DENGAN SEDEKAH JARIYAH

5. Mendapat Naungan di Hari Kiamat

Rasulullah SAW telah jelas mengungkapkan tentang orang-orang yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat nanti, salah satunya adalah orang-orang yang bersedekah.

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda:

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.”

(HR. Bukhari)

Baca Juga: Orang-orang yang berhak menerima sedekah kamu

Sudah selesai baca ringkasan, saatnya menonton video sangat singkat ini biar keinginan bersedekah semakin mantap!

Itulah beberapa keutamaan sedekah dalam Islam yang bermanfaat bagi kita. Jangan takut untuk hilang harta, jangan takut juga untuk mengulurkan tangan kanan kita. Mulai perjalanan kebaikanmu di Sedekah Sekarang!

 

Zakat Sekarang