Rohingya, Kepedulian Melintas Batas

7
Perwakilan Dompet Dhuafa menerima bantuan dari Masyarakat Indonesia di USA
Perwakilan Dompet Dhuafa menerima bantuan dari Masyarakat Indonesia di USA

Jakarta,- Sebulan terakhir ini Dompet Dhuafa melakukan respon terhadap pengungsi Rohingya yang berada di Aceh. Tim Respon di bawah komando Disaster Management Center Dompet Dhuafa memberikan aneka macam bantuan kepada para pengungsi, mulai dari makanan, shelter, layanan kesehatan, hingga layanan psikosial untuk menghilangkan rasa trauma dalam diri pengungsi.

Sisi menarik lain dari kasus ini adalah sikap kepedulian warga negara Indonesia yang begitu tinggi dalam memberikan bantuan. Sikap ini adalah jati diri bangsa Indonesia, sikap senang membantu dan menolong mereka yang membutuhkan. Bantuan yang terkumpul bukan hanya dari masyarakat lokal, namun WNI yang berada di luar Negeri pun memberikan bantuan. Tercatat sudah dua perhimpunan WNI di luar negeri yang menyalurkan bantuan melalui Dompet Dhuafa. Pertama Persaudaraan Umat Muslim Indonesia Al Fatah (PUMITA) Busan Korea Selatan dan selanjutnya WNI di Amerika Serikat (USA) yang menggalang dana Rohingya melalui Dompet Dhuafa Cabang USA.

Beragam Komunitas, Perusahaan, hingga Perkumpulan masyarakat telah mempercayakan bantuan yang digalang untuk pengungsi Rohingya melalui Dompet Dhuafa. Kepedulian ini layak di apresiasi lebih, karena membuktikan bahwa tak ada sekat atau batas dalam bantuan kemanusiaan, inilah bukti kepedulian yang melintas batas.Semangat Persaudaran yang tak lekang oleh waktu, Salam Kemanusiaan!!.(Dp)

Zakat Sekarang