3 Cara Cepat Rajin Sholat Biar Gak Kayak Surat Al-Maun

279

cara rajin sholat agar terhindar dari golongan lalai surat al-maun

Coba, jujur ke diri sendiri siapa yang masih suka ogah-ogahan sholat, padahal Allah telah memberikan karunia dan rezeki? Yuk, dilawan rasa malas sholat agar kita tidak termasuk golongan yang celaka dalam surat Al Maun karena lalai. Caranya, pakai 3 cara rajin sholat supaya terhindar dari golongan surat Al-Maun.

1. Set Up Mindset

awan tulisan mindset

Ustadz Ahmad Pranggono menyampaikan kalau kita perlu set up mindset shalat agar Allah mengingat kita. Bukankah kalau kita sholat Allah akan ingat kepada kita? Kalau Allah ingat kepada kita, maka Allah juga ingat segala kebutuhan, doa, kepentingan kita.
Minta tolonglah kepada Allah melalui sholat tepat waktu. Hal ini tertera dalam surat Taha ayat 14:
اِنَّنِيْٓ اَنَا اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنَا۠ فَاعْبُدْنِيْۙ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ
Artinya: Sungguh, Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan laksanakanlah salat untuk mengingat Aku.

2. Kita butuh Allah

sholat bersama tepat waktu agar sholat rajin dan bukan orang lalai dalam surat Al-Maun ayat 4-5

Pada kanal youtube Dompet Dhuafa TV, Ustadz Ahmad Pranggono menuturkan bahwa bukan Allah yang butuh sholat kita, namun kita yang senantiasa membutuhkan Allah untuk menghadapi ketidakpastian masa depan. Sama halnya seperti baterai di telepon genggam, perlu diisi kembali saat sudah lelah.

BACA JUGA: INILAH BACAAN DOA-DOA SETELAH SHOLAT YANG PATUT DIBACA

Nah, iman kita perlu di charge, kalau tidak maka, semangat kita mati. Bisa jadi spirit kita mati, sehingga kita tidak optimis menghadapi kehidupan di masa depan. Bagaimana mengisi ulang keimanan kita supaya rajin sholat lagi? Ada di poin selanjutnya, ya!

3. Banyak-banyak doa

Rasulullah Istighfar saat malas sholat

Cara terakhir agar rajin sholat dan terhindar dari golongan surat Al-Maun adalah beristighfar. Doa yang paling mustajab adalah istighfar. Maka dari itu, Rasulullah SAW bersabda:
“ketika aku malas, maka aku beristigfar 100x,”
Tidak perlu panjang-panjang. Jadi, ketika malas datang saat sholat, segera ucapkan istighfar, lalu kuatkan hati. Setelah sholat akan jauh lebih tenang, lebih optimis, dan jauh memiliki kekuatan yang berlipat dari Allah SWT
Jadi, kalau kita lagi lemah, perbanyak istighfar supaya semangat sholat kita naik lagi. Karena dengan sholat kita akan mencapai derajat orang-orang yang beruntung.

Terjemahan Surat Al-Maun Ayat 4-5

Memang, kadang kita di atas, kadang kita di bawah. Sama seperti semangat kita, kadang semangat tinggi, kadang malas maunya tiduran. Meskipun begitu, ada 1 yang tidak boleh kita lakukan dalam hal kemalasan, yaitu malas melakukan sholat.

Ustadz Ahmad Pranggono dalam kajiannya di kanal Youtube DD TV menuturkan bahwa kita harus hati-hati saat sedang lalai melakukan sholat. Baik itu tidak melakukan sholat, padahal tidak ada halangan apapun atau tetap sholat, hanya saja selalu di akhir waktu. Itu yang disebut sebagai lalai.

Al Quran menyebut orang yang lalai atau malas sholat dalam surat Al Maun ayat 4-5:

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَ
Artinya: Maka celakalah orang yang shalat
الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap shalatnya

 

Yuk, isi ulang keimananmu dengan tausiyah singkat di video di bawah ini! Lalu, bilang ke diri sendiri buat makin rajin sholat tepat waktu, ya!

Sesibuk apapun kita, jangan pernah lalai dalam sholat! Utamakan sholat demi aktivitas yang lebih tenang. Sholat di awal waktu bikin kita meresapi gerakannya karena tidak merasa dikejar-kejar. Bayangkan kalau mepet, pasti buru-buru, deh!

Setelah sholat, sambung dengan kebaikan sedekah, infak, zakat, dan wakaf (ZISWAF) di Dompet Dhuafa. Ketuk pintu kebaikan sekarang juga melalui ZISWAF di tautan ini!

Zakat Sekarang