Manfaat dan Kegunaan Sedekah: Hindari Musibah

13589

Manfaat dan Kegunaan Sedekah

Apakah manfaat dan kegunaan sedekah hanya untuk orang yang membutuhkan saja? Pada dasarnya, sedekah merupakan bukti iman kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim no.223) Dijelaskan juga oleh An Nawawi: “Yaitu bukti kebenaran imannya. Oleh karena itu shadaqah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi (kebenaran imannya)

Baca Juga: 5 Keutamaan Sedekah dalam Islam yang Perlu Kita Ketahui

Bentuk sedekah pun tidak hanya harta saja, namun juga bisa dengan cara memberikan nasihat positif sampai menolong orang lain. Contoh ada seseorang yang sulit memperjualbelikan dagangannya, kita bisa inisiatif membeli dagangannya dengan harga yang lebih mahal dari pada harga normalnya, dengan perbuatan tersebut kita sudah termasuk melakukan sedekah.

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR. Imam Baihaqi)

Bagaimana pengaruh sedekah dengan kehidupan sehari-hari?

Manfaat dan kegunaan sedekah bukan hanya sekedar mendapatkan pahala juga, tetapi juga dapat menghindari kita dari mala bahaya.

Kita tentu mendambakan senantiasa berada dalam zona aman meliputi kebaikan dan kebahagiaan. Namun musibah dan bencana pun suatu keniscayaan. Nah ternyata musibah bisa juga dicegah, begitu banyak tuntunan terkait cara untuk menolak bala atau menghindari musibah salah satunya dengan sedekah.

Baca Juga: Sedekah atau Membayar Hutang

ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala sangat memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah salah satunya mampu menangkal musibah. Dengan tetap berhati-hati dan diiringi dengan sedekah semoga kita semua dapat terhindar dari musibah. Aamiin

***

Sedekah anda, berkah untuk dhuafa klik di sini

Zakat Sekarang