More

    Promo Tiba Tebar Hewan Kurban 1445H Dompet Dhuafa

    Bolehkah Membayar Zakat dari Hasil Menang Undian?

    Sahabat, apakah kamu pernah menang undian? Menang undian tentu menyenangkan dan membuat kita merasa seperti orang yang paling beruntung di dunia. Hasil undian dapat kamu gunakan untuk apa saja, hingga barangnya boleh dijual kembali supaya menghasilkan uang. Lantas, bagaimana jika undian menghasilkan nishab untuk dizakati? Bagaimana perhitungan dan kadar zakat hasil menang undian?

    Simak konsultasi syariah Ustad Zul Ashfi dari Dompet Dhuafa hingga selesai, ya!

    Menang Undian untuk Membayar Zakat

    Saya menang undian dari sebuah bank. Hasil undian tersebut berupa mobil yang saya jual dan laku seharga Rp145 juta. Dari hasil penjualan tersebut, Rp100 juta dipakai untuk bisnis limbah di sebuah persero, lalu Rp40 juta dipinjam oleh nenek saya.

    baca juga: CARA SIMPEL MENGHITUNG ZAKAT BISNIS EMAS

    Saya sedang mencari tanah untuk bikin rumah, tapi belum kebeli hingga sekarang. Terus, saya melihat video yang menjelaskan harus zakat maal kalau kepemilikan harta sudah setahun. Nishabnya setara 85 gram. Apakah saya sudah wajib zakat?

    Ustadz Menjawab

    Uang yang telah mencapai nisab dan haul, dan sebagiannya dibisniskan, dan sebagian lagi dalam status piutang tentu semuanya dihitung dalam satu kesatuan zakatnya, karena bagaimana pun tetap menjadi harta yang masih status dimiliki meskipun wadahnya berbeda. Bahkan, jika ada uang di luar Rp145 juta ini dapat digabung dengannya. Barulah setelah itu dizakatkan 2,5% saja dari total uang yang dimiliki.

    Zakat Tepat Sasaran di Dompet Dhuafa

    Setelah menang undian, jangan lupa berbagi kebahagiaan dengan saudara muslim kita, ya! Caranya dengan rajin menunaikan zakat. Zakat hasil undianmu membuat para mustahik menjadi produktif dan menjadi versi terbaik diri mereka sendiri.

    Zakat disalurkan kepada mustahik dalam bentuk yang dapat berfungsi sebagai uang. Tujuannya yaitu agar mustahik memiliki penghasilan hingga ia mampu menjadi muzakki.

    Dompet Dhuafa sebagai lembaga amil zakat di Indonesia menyalurkan zakat kepada mustahik sejak 1993 melalui program-program pemberdayaan. Salah satu aksi nyata yaitu di Kampung Nila yang berlokasi di Sumatera Barat.

    Yuk, dengarkan dengan hati kisah penerima manfaat di video ini!

    Sudah ditonton? Rasanya menyenangkan jika kita melihat orang lain bahagia karena kebaikan zakat yang kita salurkan ke lembaga terpercaya seperti Dompet Dhuafa.

    Hitung nisab zakat hasil undian di Kalkulator Zakat di sini dan ketuk tombol di bawah untuk zakat yang berdampak baik kepada para mustahik yang membutuhkan.

     

    spot_img
    spot_img

    Panduan Lengkap Fiqh Zakat Terdiri dari 8 Bab memberikan pemahaman kepadamu tentang pentingnya syariat Zakat, Jenis-Jenisnya, dan semua hal yang paling sering ditanyakan tentang zakat.

    spot_img