Apakah Bisa Zakat dalam Bentuk Al Quran?

62

zakat al quran

Seseorang yang sudah wajib menunaikan zakat disebut sebagai muzakki. Zakat 2,5% yang diberikan muzakki kepada lembaga amil terpercaya disalurkan kepada 8 golongan mustahik, yaitu fakir, miskin, riqab, gharim, mualaf, fiisabilillah, ibnu sabil, dan amil. Penyaluran zakat diberikan dalam bentuk hasil tani atau sesuatu yang dapat menghasilkan uang. Lantas, bagaimana jika zakat diberikan dalam bentuk Al Quran? Apakah bisa?

Yuk, simak pembahasan konsultasi syariah dari Ustadz Zul Ashfi Abu Fairouz hingga tuntas!

Pertanyaan

Assalamualaikum, saya ingin bertanya:

1. Apakah bisa zakat kasih Al Quran?

2. Apakah terkait zakat yang kemudian disalurkan dalam bentuk Al Quran?

Jawaban

Waalaikumsalam warahmatullahi wa barakatuh. Bismillaahirrahmaanirrohiim.

Harta zakat adalah hak bagi mustahiq. Maka merekalah yang berhak menentukan penggunaannya, karena milik mereka. Dan sebagai pemberi zakat hanya boleh memberikan zakatnya dalam bentuk hasil tani (pada zakat pertanian) dan Naqdain (emas dan perak) atau yang satu fungsi seperti uang.

baca juga: HIKMAH DAN DAMPAK PROGRESIF BERZAKAT UNTUK KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dengan demikian, pemberi zakat tidak dapat menentukan zakatnya harus dalam bentuk suatu barang, bahkan mushaf Al Qur’an.

Kesimpulannya, tunaikan zakat sesuai aturannya. Kemudian jika ingin memberikan mushaf, dapat dijadikan tambahan, seperti hadiah atau sedekah setelah memberikan zakat. Wallahu A’lam.

(Dijawab oleh Ustadz Zul Ashfi)

Penyaluran Zakat Tepat Sasaran

Zakat disalurkan kepada mustahik dalam bentuk yang dapat berfungsi sebagai uang. Tujuannya yaitu agar mustahik memiliki penghasilan hingga ia mampu menjadi muzakki.

Dompet Dhuafa sebagai lembaga amil zakat di Indonesia menyalurkan zakat kepada mustahik sejak 1993 melalui program-program pemberdayaan. Salah satu aksi nyata yaitu menyalurkan zakat produktif kepada pengrajin payung lukis di Klaten. Seperti apa kisahnya? Yuk, simak hingga tuntas di video ini!

Itulah dampak nyata dari zakat yang kamu salurkan via lembaga. Zakatmu membantu usaha home industry bertahan dan produktif. Terima kasih atas bantuanmu, para muzakki Dompet Dhuafa yang dermawan.

baca juga: cara mudah menghitung zakat saham dan rezeki nomplok

Pastikan salurkan zakat anda melalui lembaga terpercaya seperti Dompet Dhuafa, agar zakat Anda lebih bermanfaat dan memberikan dampak pemberdayaan. Hitung nisab di Kalkulator Zakat di sini dan ketuk tombol di bawah untuk zakat yang berdampak baik kepada mereka yang membutuhkan.

 

Zakat Sekarang