Bonus Akhir Tahun, Kamu Gunakan Untuk Apa?

109

Bonus Akhir Tahun

Alhamdulillah sudah dapat bonus akhir tahun ya? Selain liburan, akhir tahun juga berhubungan dengan adanya gaji tambahan atau sering disebut dengan bonus akhir tahun untuk para karyawan. Namun, apakah Sahabat tahu seberapa besar manfaat yang didapat selain hari libur dan uang? Yuk simak tips penggunaaan gaji bonus tambahan yang tepat dan bermanfaat.

Untuk Memenuhi Keperluan Sehari-hari

Hal paling terpenting setelah mendapatkan gaji adalah dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Baik dari makanan maupun minuman sampai dengan kebutuhan primer lain seperti pakaian. Jangan lupa juga dengan pembayaran yang menjadi langganan setiap bulannya seperti bayar listrik, air pam, sampai dengan kartu kredit.

Baca Juga: Perlukah Zakat Profesi?

Untuk Menabung sebagai Dana Darurat

Tidak ada yang tahu dengan masa depan kita kecuali Allah SWT semata. Dari awal ruh kita ditiupkan sampai dengan meninggal kembali sudah ditentukan dari awal dengan matang oleh-Nya. Namun, tidak ada salahnya untuk kita menyiapkan diri. Seperti pepatah yang mengatakan “Sedia Payung Sebelum Hujan”. Entah itu sesuatu yang buruk atau manis adanya, pastikan kita mempunyai persiapan yang matang untuk hari esok.

Untuk Melakukan Aktifitas Baru yang Bermanfaat

Sahabat suka berenang atau naik gunung? Dibalik semua pekerjaan yang telah selesai sudah saatnya untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri dengan menikmati liburan ke tempat yang kita inginkan. Tak perlu yang terlalu jauh, cukup cari tempat yang cukup murah dan sesuai dengan budget kita untuk melakukan aktifitas baru sebagai pelepas penat yang telah lama ingin keluar.

Untuk Investasi Masa Depan

Kesempatan mendapatkan bonus akhir tahun ini merupakan salah satu kesempatan emas Sahabat untuk coba belajar berinvestasi. Tidak perlu banyak dulu, cukup keluarkan seperempat dari pendapatan kita untuk ditabung sebagai tabungan investasi masa depan.

Baca Juga: Apa Itu Zakat ?

Untuk Berzakat dan Bersedekah

Pendapatan kita tidak akan berasa jika kita tidak memanfaatkan untuk orang lain juga. Salah satu caranya yaitu dengan menyisihkan uang kita dengan berzakat atau bersedekah. Mengapa zakat dan sedekah itu penting? Berikut manfaat zakat untuk umat Islam yang dapat kita rasakan,

  • Dapat memurnikan diri dan mensucikannya, dan zakat memperbaiki moral seseorang dari ketamakan dan keputus-asaan,
  • Dapat memenuhi kebutuhan orang miskin di masyarakat
  • Dapat mempromosikan keterbukaan, kemurahan hati dan simpati pada seorang Muslim terhadap orang-orang yang membutuhkan
  • Dapat memperkuat hubungan baik antara orang kaya dan orang miskin, karena setiap orang secara alami cenderung terhadap orang yang berbuat baik kepadanya.
  • Dapat menggambarkan keberkahan dari Allah, manambah rezeki dan mengganti apa yang dikeuarkan,

Sudahkah Sahabat tentukan bagaimana bonus akhir tahun tersebut digunakan? Pada dasarnya, gaji tambahan yang sering disebut dengan Gaji 13 ini memang momentum yang ditunggu-tunggu semua orang. Namun, jangan sampai diri kita terlalu khilaf dan tidak memikirkan yang lain karena pada dasarnya harta yang kita dapati bukan milik kita tetapi hanya milik Allah semata

Zakat Sekarang