Bonus Akhir Tahun Sudah Keluar? Yuk, Kenali Tips Mengelola yang Tepat

193

Mengelola Bonus Akhir Tahun

Bonus akhir tahun sudah di depan mata? Jangan terburu-buru dulu, Sahabat! Pendapatan tambahan di akhir tahun memang sangat menggiurkan adanya. Namun, jangan sampai kita termakan promosi harga rendah yang merajalela ya. Apakah Sahabat tahu seberapa besar pendapatan kita dapat bermanfaat untuk hal lain jika kita dapat mengelola bonus akhir tahun kita dengan tepat?

Mendapatkan sebuah bonus gaji di penghujung tahun bukan suatu hal yang aneh lagi. Pastinya setiap orang mendapatkan bonus akhir tahun ini dengan waktu yang berbeda-beda. Yuk, simak tips mengelola bonus akhir tahun yang tepat untuk ke depannya,

Baca Juga: Sedekah atau Membayar Hutang

Lunasi Hutang Kamu Terlebih Dulu

Apakah Sahabat mempunyai hutang di bank atau dengan teman dekat kita? Jangan lupa, hutang itu adalah janji dan janji adalah hal yang harus ditepati sesuai dengan waktunya. Ketika kita meninggal pun yang ditanya para Malaikat adalah berapa banyak hutang yang kita punya di dunia ini. Setelah kita melunasinya, rencanakan dalam hati untuk meminimalisir penggunaan hutang ke depannya agar selalu tenang dalam beraktifitas.

Hitung Pengeluaran untuk Bulan Depan

Untuk mengetahui berapa besar batasan pengeluaran kita, tentunya kita perlu meghitungnya terlebih dahulu. Hal ini sangat penting agar Sahabat dapat menghemat walaupun sudah mempunyai “Gaji 13” dari perusahaan. Bagaimana cara menghitungnya? Cukup dengan menyamakan nilai pengeluaran sesuai dengan pengeluaran kita sehari-hari.

Tentukan Apa yang Ingin Dibeli Sesuai dengan Kebutuhan

Kebutuhan berhubungan dengan pengeluaran kita. Oleh karena itu, menentukan prioritas kebutuhan kita tentu sangat penting dilakukan. Dari kebutuhan primer sampai dengan kebutuhan sekunder tentu harus kita prioritaskan dengan baik karena melihat banyak promosi di akhir tahun ini membuat kita berpikir dua kali menentukan yang mana yang perlu dibeli atau yang nanti dibeli.

Baca Juga: Panduan Perhitungan THR: Cara Menghitung Gaji THR Karyawan

Rencanakan Pembersihan Harta dengan Berzakat

Mempunyai bonus apalagi pendapatan tambahan di akhir tahun bukan berarti semua itu adalah milik kita. Sebaiknya orang tua, saudara kandung, serta teman lainnya dapat merasakan nikmatnya juga seperti dengan makan bersama atau saling memberikan hadiah untuk orang tercinta kita. Tak lepas dari itu, ada lagi yang lebih penting yaitu menyisihkan gaji akhir tahun kita untuk orang yang lebih membutuhkan dengan berzakat.

Bagaimana zakat dapat bermanfaat bagi orang lain? Zakat bukan hanya sekedar pemenuh kewajiban saja. Zakat yang dikeluarkan Sahabat tersebut akan berguna dalam berbagai hal dari pembangunan sampai dengan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan 8 asnaf penerima zakat. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dalam berzakat,

  • Menambah ketaatan kita kepada Allah SWT,
  • Membuat manusia kian tumbuh berkembang,
  • Membantu orang yang lebih membutuhkan.

Sahabat belum bisa mengelola bonus akhir tahun dengan baik? Tenang saja, semua ini memang butuh proses pembelajaran yang bukan hanya sekali. Karena untuk terbiasa kita perlu terus latihan dan praktek setiap hari. Jangan lupa untuk terus memanfaatkan pendapatan kita untuk yang lebih membutuhkan karena kita bukan hanya sendiri tetapi kita juga ada untuk orang lain.

Zakat Sekarang