Alamak, Hukum Sholat Subuh Kesiangan Karena Nonton Piala Dunia

111

salat subuh kesiangan karena nonton piala dunia

Piala Dunia 2022 berlangsung dari 20 November hingga 18 Desember dengan Qatar sebagai tuan rumah. Perbedaan waktu sebanyak 4 jam membuat penonton di Indonesia harus mengatur prioritas agar dapat menikmati Piala Dunia dengan tenang. Jam pertandingan yang terlalu malam dapat membuat penonton bablas ketiduran saat azan subuh berkumandang. Lantas, bagaimana hukumnya jika bangun sholat subuh kesiangan karena begadang menonton tim andalan?

Simak konsultasi syariah Ustad Zul Ashfi dari Dompet Dhuafa hingga selesai, ya!

Pertanyaan

Ustad, bagaimana hukumnya bangun sholat subuh kesiangan karena begadang menonton pertandingan Piala Dunia? Bangun-bangun saya kaget sudah jam 06.00 dan langit sudah cerah. Terima kasih atas penjelasannya.

Jawaban

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya sahabat mengenai amal apa yang lebih utama, maka beliau menjawab; “Shalat di waktunya.”

baca juga: batas waktu sholat subuh lengkap dan hukumnya saat bangun kesiangan

Sebagai seorang muslim mesti berupaya menunggu waktu shalat wajib itu tiba, terlebih shalat subuh. Di satu sisi, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda;

“Siapa saja yang lupa shalat, atau tertidur, maka ia wajib menunaikannya jika telah sadar, karena tidak ada penebusnya selain shalat itu sendiri.”

Kondisi ini membuat seseorang dianggap tidak berdosa lantaran udzur seperti tidur yang terlalu lelap, terlalu letih, dan tidak ada yang membangunkan.

Akan tetapi, jika dalam rentang waktu subuh datang dia sempat terbangun, namun tetap melanjutkan tidurnya maka dia dianggap telah bangun namun sengaja melalaikan shalat. Jelas bahwa ini adalah dosa besar. Begitupun menjelang subuh, jika seseorang sengaja tidur dengan dalih orang tidur di saat tidurnya tidak dibebankan syariat sehingga dia sengaja tidur demi dalih ini, maka dia dianggap menyengaja melalaikan shalat.

Bagaimanapun, ada udzur (halangan) ataupun tidak, jika seseorang terlambat shalat hingga di luar waktunya, wajib segera menunaikan shalat itu.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

“Siapa gembira bertemu dengan Allah (meninggal) dalam keadaan muslim, hendaklah dia menjaga shalat wajibnya ketika panggilan shalat itu tiba.” [HR: Muslim]

Tips Atur Prioritas Saat Piala Dunia Qatar 2022

sholat subuh kesiangan karena nonto

Muslim yang baik akan melakukan berbagai cara supaya shalatnya tidak tertinggal. Dalam konteks musim piala dunia saat ini, apabila jadwal pertandingan usai lebih dekat dengan waktu subuh, maka pertahankan untuk tidak merebahkan badan sehingga membuat badan terlelap. Upayakan mandi supaya raga terasa segar. Kemudian berangkatlah ke masjid, walaupun lebih awal dengan cuaca dingin untuk persiapan shalat subuh berjamaah.

Wallahu A’lam

(Dijawab oleh Ustad Zul Ashfi)

Ketinggalan Sholat Subuh? Wajib Cek Kajian Ini!

Jika kamu tidak sengaja meninggalkan solat subuh, maka langsung qadha ketika bangun tidur. Akan tetapi, jika sengaja lalai maka perbanyak istighfar sebagai bentuk kehati-hatian dari golongan orang-orang yang munafik, seperti disadur dari Ustad Ahmad Pranggono di video ini.

Piala Dunia adalah ajang sepak bola internasional yang diadakan setiap 4 tahun sekali dan FIFA menunjuk Qatar sebagai tuan rumah tahun ini. Antusiasme umat Islam membara saat pemuda Qatar, Ghanim Al-Muftah, melatunkan surat Al Hujurat ayat 13 secara apik pada Pembukaan Piala Dunia 2022, Minggu (20/11).

Menonton pertandingan sesuai jam tuan rumah memang menjadi aktivitas yang menyenangkan bersama teman, keluarga, atau diri sendiri. Meskipun begitu, penonton harus mengetahui batasan dirinya. Jika ia sudah mengantuk dan khawatir tidak sanggup bangun subuh, maka jangan paksakan diri sendiri.

Menonton siaran ulang di pagi hari dapat menjadi alternatif untuk tahu informasi terkini. Selain itu, linimasa dan berita seputar Piala Dunia Qatar 2022 juga semakin mudah diakses untuk melihat kondisi klasemen.

Keutamaan Bangun Subuh

Dengan bangun pagi, kita akan mendapatkan keberkahan rezeki dari doa Rasulullah saw. Itulah pentingnya shalat subuh di awal waktu.

“Ya Allah, berikanlah keberkahan pada umatku di waktu pagi-pagi.” (HR Ahmad)

Yuk, perbaiki manajemen waktu supaya subuh tidak kesiangan setelah begadang menonton pertandingan Piala Dunia. Sholat subuh merupakan kunci pagi hari, maka bukalah dengan keadaan yang baik supaya rezekimu berkah.

Setelah sholat subuh, awali kegiatan dengan bersedekah di pagi hari. Banyak keutamaan sedekah subuh untuk menolong diri sendiri dan orang lain. Ketuk pintu kebaikan, klik sedekah subuh di sini untuk mulai harimu!

Zakat Sekarang