Jangan Takut Corona, Lakukan 5 Hal Berikut Ini

1716

Virus corona atau coronavirus telah menggemparkan seisi dunia. Virus ini merupakan bagian dari keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mematikan, seperti Middle East Respiratory Syndrome ( MERS-CoV), Severe Acute Respiratory Syndrome ( SARS-CoV), hingga yang terbaru, Covid-19.

Lima Langkah Terhindar Corona:

1. Wajib Menggunakan Masker
2. Rajin Mencuci Tangan
3. Hindari Menyentuh Langsung
4. Jaga Imunitas
5. Social Distancing

Menurut WHO, virus ini merupakan jenis virus yang ditularkan dari hewan ke manusia. Diketahui, kelelawar adalah hewan yang pertama kali membawa virus ini dan menularkannya kepada manusia.

Gejala yang dialami oleh seorang penderita virus corona adalah flu, batuk, kepala pusing, diare, sakit atau radang tenggorokan hingga demam tinggi. Hal ini bisa menyebabkan gangguan penyakit yang lain yaitu pneumonia, gagal ginjal, bronchitis, sindrom pernapasan akut dan bahkan kematian.

Saat ini, tercatat sudah lebih dari 5000 korban jiwa yang meninggal akibat menyebarnya virus corona  di berbagai negara. Corona menyebar begitu cepat lewat interaksi antar manusia. Lalu, mampukah corona ditaklukkan?

WHO dan negara-negara yang telah lebih dulu berjuang melawan corona telah menerbitkan jurnal dan pesan kepada seluruh dunia, cara agar manusia terhindar dari virus mematikan ini. Berikut adalah langkah-kangkahnya:

  1. Wajib menggunakan masker, khususnya bagi yang sakit

Virus corona tersebar melalui tetesan kecil yang keluar dari hidung atau mulut ketika mereka yang terinfeksi virus bersin atau batuk. Tetesan itu bisa berbahaya ketika terhirup oleh orang yang sehat karena berinteraksi cukup dekat dengan yang terpapar virus.

Di sinilah peran masker dibutuhkan bagi siapa saja, khususnya bagi mereka yang merasa sakit. Terlebih dari itu, sangat penting dibiasakan untuk menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin. Penutup tersebut bisa berupa kain atau minimal dengan tangan sendiri. Tentu, kemudian haruslah langsung mencuci tangan dengan bersih agar virus tidak menempel.

Menurut keterangan dokter ahli, penggunaan masker sebenarnya diprioritaskan untuk mereka yang sakit. Maka dari itu, bagi mereka yang sehat, seyogyanya tidak perlu berlebihan sampai menimbun masker dan menyebabkan terjadinya kelangkaan masker bagi mereka yang sakit dan juga petugas medis yang lebih membutuhkan.

  1. Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer

Mencuci tangan dengan air mengalir menjadi aktivitas kunci yang bisa menangkal penyebaran virus corona. Tangan merupakan anggota tubuh yang paling sering bersinggungan dengan benda atau manusia. Jika tangan kita tidak bersih, maka virus akan lebih mudah tersebar, apalagi jika kita menyentuh area wajah, seperti hidung dan mulut yang menjadi pintu masuk virus ke dalam tubuh kita.

Maka, rajin mencuci tangan menjadi penting dalam situasi saat ini, khususnya bagi kita yang baru saja berada di tempat-tempat umum. Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air, maka sediakanlah hand sanitizer dengan komposisi 70% alkohol yang mampu mematikan virus. Meski demikian, mencuci tangan dengan sabun masih dianggap cara teraman untuk menangkal virus.

  1. Hindari menyentuh langsung benda-benda di tempat umum

Peneliti menyebut virus corona bisa bertahan 5 menit hingga 9 hari ketika menempel di benda mati (Centers for Disease Control and Prevention/ CDC) AS. Oleh karena itu, ancaman penularan corona juga bisa datang dari benda-benda mati.

Kita tidak pernah tahu, apakah virus menempel di benda-benda yang ada di sekitar kita sehari-hari. Oleh karena itu, kita bisa melakukan antisipasi dengan menghindari menyentuh langsung benda-benda di tempat umum.

Misalnya, saat kita akan menggunakan lift, kita bisa memencet tombol dengan alat bantu tanpa harus menyentuhnya langsung dengan jari kita. Selain itu, di tempat keramaian, hindari melakukan aktivitas speerti bermain ponsel, makan, minum yang bisa menjadi penghantar tersebarnya virus.

Cara lainnya adalah membersihkan terlebih dahulu benda-benda yang hendak disentuh dengan cairan pembersih agar benda tersebut aman disentuh. Sebaiknya pula, jangan berbagi alat keperluan pribadi dengan orang lain.

  1. Tetap menjaga imunitas tubuh

Imunitas adalah daya tahan tubuh yang menjaga agar tubuh manusia tidak mudah terjangkit penyakit. Dengan memiliki sistem imun yang kuat, kita bisa menangkal datangnya virus ke dalam diri kita.

Berbagai cara bisa kita lakukan untuk meningkatkan imunitas diri. Di antaranya adalah menerapkan pola hidup sehat, menghindari stress dan mengkonsumsi suplemen tambahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan mengaktifkan rutinitas berolahraga, mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, minum air putih yang cukup, serta menghindari rokok. Selain itu, tubuh kita juga memerlukan istirahat yang cukup. Dengan melakukan hal-hal tersebut, semoga imunitas tubuh kita terjaga bahkan mampu menangkal datangnya berbagai penyaki, khsususnya virus corona.

  1. Melakukan social distancing di keramaian

Istilah social distancing akhir-akhir ini menjadi pembicaraan di tengah mewabahnya virus corona. Ya, social distancing merupakan salah satu cara pencegahan corona di keramaian. Social distancing merupakan tindakan pengendalian untuk memperlambat penyebaran penyakit menular dengan menjauhkan diri dari orang terdekat minimal sejauh 1 meter.

Di China, social distancing telah diterapkan di hampir semua lini fasilitas umum. Di tempat makan, mereka dengan sadar duduk berjauhan satu sama lain, begitu juga saat mengantri di berbagai tempat umum. Hal ini dilakukan dengan kesadaran agar tidak terjadi penularan virus corona.

Kesadaran ini perlu juga kita terapkan di Indonesia, meski negeri ini terkenal dengan keramahan dan kekeluargaan di antara warganya. Namun, untuk mencegah situasi yang buruk, kita tidak boleh egois dengan tetap beraktivitas seperti biasa di keramaian.

Lima hal ini adalah langkah-langkah yang harus kita perhatikan dan lakukan bersama-sama dalam masa-masa pandemi wabah corona. Tentu, langkah-langkah tersebut harus diimbangi dengan kekuatan spiritual. Mari kita terus memohon ketrentaman jiwa, kesehatan dan kesembuhan bagi kita dan semua yang terkangkit virus corona kepada Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin.

Zakat Sekarang