Tapak Tilas 6 Kisah Nabi dari Palestina dan Makamnya

369

Nabi dari Palestina dan makam Nabi di dunia

Palestina memiliki sejarah pemerintahan yang sangat panjang. Dari segi sejarah Islam, Palestina merupakan negeri yang diberkahi Allah hingga menyandang julukan negeri Anbiya atau negeri para nabi. Inilah tapak tilas kisah nabi dari Palestina hingga makamnya yang ulasannya harus dibaca hingga tuntas.

1. Nabi Daud

Daud, Nabi dari Palestina dimakamkan di Bukit Zion, Yerusalem

Nabi Daud memimpin Palestina selama 40 tahun dengan pembagian 7 tahun di Hebron dan 33 tahun di Al-Quds. Pada kala itu, Nabi Daud menjadi pemimpin Bani Israil  di Palestina hingga mencapai masa kejayaan. Ia pula yang mengalahkan Raja Thalut.

Pada masa pemerintahannya, ia berdakwah tauhid ke seluruh Palestina hingga memiliki julukan “Tanah yang Diberkati”. Ia juga menyampaikan pesan Zabur sehingga tercipta keadilan, kedamaian, kejujuran, dan kebijaksanaan. Al-Qur’an surat Shad ayat 18-20 menyebutkan bahwa gunung dan burung-burung ikut bertasbih saat Nabi Daud khusyuk membaca kitab Zabur dengan suara merdu.

Nabi Daud meninggal pada tahun 963 SM dan dimakamkan di Bukit Zion, Yerusalem. Makamnya disebut sebagai al-Nabi Daud dan diklaim sebagai tempat suci bagi pemeluk Yahudi.

baca juga: KISAH-KISAH TELADAN NABI ULUL AZMI 

2. Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman memimpin Palestina 40 tahun

Kisah nabi dari Palestina selanjutnya yaitu Nabi Sulaiman. Ia merupakan anak termuda dari Nabi Daud yang lahir di Yerusalem, Palestina. Allah memberikan mukjizat kepadanya berupa kemampuan berbicara dengan jin dan hewan-hewan. Ia dedikasikan kemampuan berkomunikasi dengan jin saat perbaikan Masjid Al-Aqsa. Selain itu, Nabi Sulaiman dapat memindahkan istana Ratu Balqis sebelum ia berkedip.

Usai bapaknya tiada, Nabi Sulaiman memimpin Palestina selama 40 tahun. Bani Israil dan Palestina mengalami masa kemajuan dan kemakmuran di masa pemerintahannya, terutama dari segi infrastruktur. Hal ini disebabkan karena Nabi Daud maksimal dalam bekerja, sehingga Nabi Sulaiman tidak menemukan masalah politis. Kisah kejayaannya tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Naml ayat 17 dan 37, serta Al-A‘raf ayat 27.

Selain Dome of Rock, makam Nabi Sulaiman menjadi salah satu hal yang fenomenal di kompleks Al-Aqsa. Menurut sejarah, makam tersebut merupakan tempat ia meninggal dunia sembari bersandar pada tongkatnya.

3. Nabi Yakub

Nabi Yakub, putra Nabi Ishaq, menetap di Palestina

Nabi Yakub lahir di Palestina dan merupakan putra dari Nabi Ishaq. Israil merupakan nama lain dari Nabi Yakub. Sebagai utusan Allah SWT dari suku Bani Israil, ia menyebarkan pesan tauhid untuk rajin sedekah dan berdoa. Pada akhir hidupnya, ia dimakamkan di Hebron, Tepi Barat, di dalam Masjid Ibrahimi.

4. Nabi Yusuf

Nabi Yusuf, Nabi berasal dari Palestina pernah dijebloskan ke sumur

Allah abadikan kisah Nabi Yusuf sebagai nabi yang lahir di Yerusalem dalam Al-Quran pada satu surat khusus. Keteguhannya dalam membuktikan fitnah kejam tertera di dalam Surat Yusuf. Ia juga merupakan putra kesayangan Nabi Yakub dan memiliki paras rupawan hingga membuat para saudaranya iri.

Karena cemburu, saudara laki-laki Nabi Yusuf melemparkannya ke dalam sumur yang sekarang dikenal dengan sebutan Jubb Yussef. Sumur tersebut berlokasi di Galilee, sebuah daerah luas yang terkenal dengan danau air tawar terbesar di Palestina, sebelum administrasi wilayah diambil oleh Israel.

Para saudaranya membuat alibi untuk Nabi Yakub bahwa ia terbunuh akibat diterkam serigala. Umumnya, anak kecil akan merasa takut saat terjebak di ruangan gelap, namun lain halnya dengan Yusuf. Ia merasa tenang mengingat cerita ayahnya bahwa pertolongan Allah akan datang.

Lalu, Nabi Yusuf piawai dalam menafsirkan mimpi raja Mesir dengan prediksi panceklik panjang. Hal ini membuatnya dikenal sebagai sosok cerdas hingga menjabat posisi pemerintahan sebagai Raja Muda atau istilah lainnya perdana menteri. Ia disemayamkan tak jauh dari ayahnya di Masjid Ibrahimi, Hebron, Tepi Barat.

5. Nabi Musa

Makam Nabi Musa ada di Tepi Barat Palestina

Allah memerintahkan Nabi Musa untuk memimpin Bani Israil demi membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir. Ia selamatkan mereka dengan mukjizat Allah berupa tongkat yang dapat membelah lautan saat pasukan Fir’aun mengejarnya.

Lalu, Allah menjanjikan sebagian wilayah Palestina untuk Bani Israil agar tidak merasakan lagi kekejaman Fir’aun. Akan tetapi, Bani Israil ingkar janji dengan menginginkan seluruh wilayah Palestina menjadi milik mereka. Jika tidak, maka mereka enggan pindah ke sana.

Pada akhir hayatnya, makam Nabi Musa berlokasi di Selatan Jericho, Tepi Barat Palestina.

6. Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim, bapak dari para Nabi

Nabi Ibrahim dikenal sebagai Bapak dari para Nabi yang kisahnya kental dengan peristiwa Idul Adha. Kemudian, kecerdasan dan rasa ingin tahu yang tinggi membuat Nabi Ibrahim mendalami tauhid untuk mengajak dirinya dan orang lain menyembah Allah dengan keimanan kuat. Kepintarannya dalam membuktikan kuasa Allah membuat Raja Namrud geram, maka dari itu ia membakar Nabi Ibrahim.

Raja Namrud dan para pengikutnya tertawa saat melihat aksi pembakaran tersebut dan merasa sangat puas. Tiba-tiba, kobaran api padam dan mereka terkejut melihat Nabi Ibrahim AS keluar dari puing-puing pembakaran dalam keadaan selamat. Semenjak itu, pengikut Raja Namrud berbondong-bondong menjadi umat Nabi Ibrahim AS untuk mentaati Allah SWT.

Nabi Ibrahim disemayamkan di Masjid Al-Khalil, Kota Hebron, Tepi Barat Palestina. Hebron terkenal dengan sebutan Kota Tiga Nabi karena makam Ibrahim, Ishak, dan Yakub berada di sana.

Itulah tapak tilas 6 kisah nabi yang berasal dari Palestina sebagai bukti bahwa Palestina negara nyata yang hidup berdampingan dengan kedamaian. 54 tahun Palestina mengalami pendudukan militer dan 73 tahun pembersihan etnis, tentunya Palestina tidak akan berdiri sendiri.

Satu postingan dapat mengubah kondisi, satu donasi pemantik mimpi untuk bertahan hidup. Kuatkan harapan untuk Palestina sekarang juga dengan donasi kemanusiaan di sini. Dampingi mereka dengan doa dan bantuan kita.

 

Zakat Sekarang