2 October 2019

Kisah Nabi Isa AS Sang Khalifah Bumi

Kisah Nabi Isa

Tempat Lahir Nabi Isa AS. Sumber: pixabay.com

Menjadi umat muslim harus dapat mengukir serta memupuk akar iman kepada Nabi dan Rasul-Rasul yang telah Allah utus ke dunia. Salah satu Nabi yang mendapatkan mukjizat dari Allah SWT yang senantiasa mengerahkan untuk mencerahkan kehidupan umatnya dan bermanfaat yaitu Nabi Isa AS. Dengan meneladani dan memahami kisah Nabi Isa AS berikut, insya Allah kita akan semakin mudah untuk menyelami berbagai tantangan kehidupan kelak.

Nabi Isa AS adalah seorang lelaki yang telah lahir dari perut seorang wanita perawan nan suci yaitu bernama Maryam. Ibunya Maryam adalah anak perempuan dari seorang lelaki pilihan Allah bernama ‘Imran dari keturunan Bani Israil (anak-anak Nabi Ya’kub alaihissalam). Keluarga Imran ini adalah salah satu keluarga yang telah dipilih Allah untuk mendapatkan keistimewaan dari-Nya berupa nikmat kenabian.

Baca Juga: Kisah Nabi Muhammad SAW dari Lahir sampai Wafat

Allah Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an,

إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَىٰ آدَمَ وَنُوحًا وَآلَ إِبْرَاهِيمَ وَآلَ عِمْرَانَ عَلَى الْعَالَمِينَ ذُرِّيَّةً بَعْضُهَا مِن بَعْضٍ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga ‘Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing). Sebagiannya merupakan keturunan dari yang lainnya. Dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.” (QS. Ali ‘Imran: 33-34)

Lantas segala perjalanan Kisah Nabi selalu terdapat makna baik dan nilai hidup yang amat bermanfaat dalam kehiudupan kita. Bahwa kita harus menjadikan Rasul sebagai panutan kita dalam hidup, mereka adalah mahkluk yang amat istimewa dan berakhlak baik. Selain hal tersebut Nabi juga memiliki sifat kesabaran, jalan berdakwah, yang telah banyak menginpirasi, dan lainnya masih dibilang banyak kebaikannya. Maka yuk mari kita mengukir 5 kisah perjuangan Nabi Isa AS sang khalifah bumi, resapi dan teladani.

1. Kisah Kelahiran Nabi Isa As

Nabi Isa As memiliki kakek bernama Imran, saat itu tsatkala istrinya hamil bernazar bahwa akan menjadikannya sebagai pelayan di Baitul Muqaddas. Beliau mengira bahwa jabang bayi yang ia kandung adlaah seorang bocah laki-laki. Namun, tatkala bayi itu lahir, ia melihat bahwa yang dilahirkannya adalah seorang bocah perempuan, karena itu ia memberikan nama Maryam. Maryam kian beranjak dewasa, ibunya mengirimnya ke Baitul Muqaddas agar dapat berkhidmat di sana.

Pada suatu hari Maryam menyingkir dari tengah masyarakat dan pergi ke bagian Baitul Muqaddas dan melakukan uzlah di tempat tersebut. Allah Swt mengutus seorang malaikat dalam bentuk manusia unyuk memberikan Nabi Isa kepada Bunda Maryam. Oleh karena itu, Bunda Maryam mengandung tanpa berhubungan dengan seorang pria. Pada berbagai riwayat menjelaskan bahwa Bunda Maryam  mengandung dengan cara memakan dua butir korma yang dibawakan oleh Jibril kepadanya.

Hari berjalan tiba masa kelahiran Nabi Isa As, sakit persalinan yang membawa Bunda Maryam ke sebuah tempat pangkal pohon kurma. Bunda Maryam sangat bimbang karena berbagai komentar akan dihentaknya kepadanya sedemikian sehingga ia berharap meninggalkan dunia. Namun Nabi Isa yang baru saja lahir, berbicara sesuai dengan perintah Allah Swt dan menghibur ibundanya atas mukjizat Allah SWT. Bunda Maryam dengan hati mantap dan senang, sembari menggendong anaknya, kembali ke kaum dan keluarganya.

Saat jejak Bunda Maryam berjalan mengitari masyarakat, mereka yang hanya mampu melihat secara lahir masalah ini, memandangnya dengan penuh curiga. Namun seketika masyarakat dibuat kaget oleh melihat Nabi Isa yang masih bayi dapat berbiacara.

Isa berkata, “Sesungguhnya aku ini hamba Allah. Dia memberiku al-Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi. Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.  Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.” (QS. Maryam :27-33)

Karena ucapan tersebut, Nabi Isa membuktikan kebenaran, menyelamatkan ibunya dan juga menetapkan kenabiannya bagi masyarakat untuk ke jalan yangt benar.

2. Kisah Tumbuh dan Kembangnya Nabi Isa As

Allah SWT telah menjelaskan kedudukan Nabi Isa  As yang sesungguhnya di Al-Qur’an yakni bahwa beliau adalah salah satu hamba terbaik pilihan Allah. Beliau juga merupakan utusan-Nya yang memiliki kedudukan tinggi dan mulia di sisi-Nya. Orang Yahudi yang mengatakan beliau adalah anak zina adalah salah besar. Bukan pula orang-orang Nasrani bahwa beliau adalah Allah atau anak Allah, ia merupakan Khalifah untuk menunjukkan petunjuk untuk umatnya.

Risalah Nabi Isa As pada masa-masa awal setelah lahir adalah menetapkan makam kenabiannya dan bahwa ibunya tidak berdosa atau bersalah. Beliau saat itu belum untuk memikul tanggung jawab untuk memberikan petunjuk dan menyampaikan agama Ilahi. Pada saat yang sama bahaya yang dilancarakan oleh sekelompok Yahudi mengancam jiwa Nabi Isa As dan ibundanya itu Maryam.

Allah Swt dengan segala kehebatannya dan rasa sayangnya senantiasa menuntun mereka berdua ke tempat yang aman. Disana merupakan negara yang nyaman, air yang mengalir sehingga di tempat itu Nabi Isa melalui masa-masa pertumbuhan. Kelak beliau menyiapkan dirinya untuk menyampaikan risalah samawi. Pada sebagian riwayat disebutkan bahwa tempat itu adalah Najaf, beliau bertumbuh dan berkembang dengan baik disana atas perlindungan Allah SWT.

3. Mukjizat Nabi Isa As.

Nabi Isa AS  merupakan nabi terakhir yang Allah SWT utus untuk bani israil demi mewujudkan umat yang bertakwa kepada Allah SWT . Beliau merupakan manusia yang diutus oleh Allah dan diberikan segala kelebihan untuk menggeser zaman jahiliyah menuju jalan penuh penerangan. Nabi Isa AS mendapatkan berbagai mukjizat oleh Allah SWT untuk menunjukkan dan meyakinkan kepada masyarakat untuk menyembah Allah SWT. Berikut adalah mukjizat Nabi Isa AS dari Allah SWT dari kisah Nabi Isa AS:

Terlahir Tanpa Seorang Ayah

Hal tersebut merupakan mukjizat yang sangat agung bagi nabi Isa ‘alaihissalam, akan tetapi beliau bukan satu-satunya nabi yang terlahir tanpa ayah. Terdapat nabi lain yang Allah ciptakan bukan hanya tanpa ayah akan tetapi juga tanpa ibu. Yaitu Nabi Adam AS.

Dapat Berbicara Saat Bayi

Mukjizat ini juga merupakan mukjizat yang sangat luar biasa, walaupun beliau masih bayi, tetapi Allah menjadikan ia dapat berbicara kepada kaumnya, dan mengabarkan tentang dirinya. Sehingga masyarakat dapat mempercayai dan berhenti mengolok Bunda Maryam.

Baca Juga: Bacaan Doa-Doa Setelah Sholat yang Patut Dibaca

Dari do’anya Dapat Diturunkan Hidangan Surga

Pada saat itu terdapat kawan Nabi Isa AS yang bertanya apakah Tuhannya dapat menurunkan makanan dari langit. Seketika pun Allah menurunkannya. Setelah hal tersebut mereka menjadi yakin akan kebenaran Allah SWT dan dakwah Nabi Isa AS.

Diangkat Kelangit dalam Keadaan Hidup

Pada saat peristiwa penyaliban dan penangkapan Nabi ISA As dari salah satu kaum yang berkhianat, maka Allah melindunginya. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.

Menjadikan Burung Tanah Liat Menjadi Hidup dengan Izin Allah

Hal ini membuat beberapa umat menjadi semakin yakin akan keberadaan Allah SWT. Kepahaman bahwa manusia dan mahkluk hidup tercipta dari tanah.

Menyembuhkan Kebutaan, Penyakit Kebutaan, dan Menghidupkan Orang Mati

Hal tersebut terjadi atas izin Allah bahwasannya ketika kita didalam kandungan yang tadinya tak dapat melihat. Namun atas seizin Allah kita dapat melihat dan melakukan hal yang tadinya tidak dapat kita lakukan menjadi bisa. Sungguh Maha Agung dan Maha Kuasanya Allah SWT kepada hambaNya

Mengetahui apa yang orang makan dan apa yang orang simpan didalam rumah mereka

Nabi Isa AS juga diberikan mukjizat untuk mengetahui yang orang lain makan dan disimpan didalamnya sungguh karunia Allah yang amay begitu besar.

4. Safari Dakwah di Masa Kenabian Nabi Isa As

Nabi Isa As tumbuh dan berkembang dalam pangkuan dan kasih sayang Bunda Maryam hingga mencapai usia 7 atau 8 tahun. Pada masa kenabian, Nabi Isa mendapatkan tugas untuk menghidayahi Bani Israel dan menyelamatkan mereka dari kesesatan. Allah Swt telah mengajarkan kitab Taurat dan Injil kepada Nabi Isa dan menganugerahkan kepada hikmah dan ilmu khusus-Nya. Allah Swt mengaruniai kepada Nabi Isa As mukjizat supaya ia dapat menetapkan kenabiannya kepada masyarakat.

Jalan dakwah Nabi Isa AS  tidak berbeda dengan dakwahnya para Nabi dan Rasul yang lain. Tugas utama yaitu mengajak manusia untuk beriman dan beribadah hanya kepada Allah SWT. Hanya saja, Nabi Isa AS diutus khusus kepada Bani Israil. Berbeda dengan Nabi kita Muhammad SAW yang diutus kepada semua makhluk, dari kalangan jin dan manusia.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an

وَرَسُولًا إِلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنِّي قَدْ جِئْتُكُم بِآيَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ

Artinya: “Dan (Allah jadikan Isa) sebagai Rasul (yang diutus) kepada Bani Israil (dan berkata kepada mereka), “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa ayat (mukjizat) dari Rabb-mu.” (QS. Ali ‘Imran: 49)

5. Jejak Akhir Nabi Isa As

Para Yahudi sebagiannya menyimpan permusuhan kepada Nabi Isa berencana untuk membunuhnya. Oleh karena itu pengkhianatan salah seorang Hawariyun yang bernama Yahuda Iskariot yang tidak beriman kepada Nabi Isa. Di dalam hatinya termasuk sebagai seorang munafik membongkar tempat persembunyian Nabi Isa As dan musuh segera menyergap di tempat tersebut. Mereka menangkap seseorang yang mirip dan menyerupai dengan Nabi Isa As.

Orang-orang Nasrani dan beberapa meyakini bahwa musuh telah menyalib Nabi Isa para hari Jumat kemudian membunuhnya. Kitab samawi al-Quran menolak bahwa Nabi Isa As telah disalib dan dibunuh. Bahwa dalam Al-Quran Allah SWT menyerupai seseorang yang hendak dibunuh dengan wajah seperti nabi Isa As. Allah melindungi Nabi Isa As dari mereka yang berniat membunuh sang Khalifah tersebut.

Baca Juga: Ayat Al-Quran Mensejajarkan Zakat Dengan Perintah Shalat

Allah SWT telah menjaganya dari kejahatan musuh-musuhnya. Allah juga membawanya ke langit hingga mengembalikanya ke bumi. Saat hingga pada masa kemunculan Imam Mahdi Ajf dan menunaikan salat di belakangnya maka Allah akan menurunkannya kembali. Turunnya Nabi Isa AS akan membunuh Dajjal dan menyelamatkan umat muslim saat dipenghujung akhir zaman yang akan datang.

Demikianlah 5 Kisah Nabi Isa AS yang telah memberikan penerangan bagi umat muslim atas perjuangan dakwahnya yang luar biasa menginspirasi. Semoga kita dapat menjadi umat muslim yang dapat mengimplementasikan kisah Nabi menjadi penyelimut dalam kehidupan sehari-hari. Berimanlah selalu kepada Nabi dan Rasul, maka kelak Allah SWT akan memancarkan keberkahan hidup baik dunia dan akhirat. (Glenzi Fizulmi)

Zakat Sekarang
Bagikan :

Konsultasi ZISWAF

Foto Ustadz Rochim DD

Pertanyaan:  Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh Saya ingin bertanya tentang zakat harta warisan. Saya seorang ibu dari 3 anak (2 anak laki-laki dan 1…

Download PDF Panduan Zakat

Download Panduan Zakat

Informasi lengkap dan praktis untuk mempelajari zakat secara komprehensif.

Download Panduan Zakat di sini !
Kalkulator zakat

Kalkulator Zakat

Program yang akan membantu menentukan jumlah besaran Zakat yang akan Anda tunaikan.

Hitung Zakat Anda di sini !