20 Doa Puasa Ramadhan dan Artinya dari Awal Hingga Akhir Bulan

186

Kumpulan Doa Puasa Ramadhan 2021 harian dari awal hingga akhir bulan - Zakat.or.id

Bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang paling dirindukan dan dinantikan oleh kita semua. Sebab banyak berkah berlimpah, pahala yang berkali lipat dalam setiap ibadah, selama Bulan Ramadhan. Salah satu ibadah yang bisa kita lakukan adalah berdoa. Kira-kira doa apa saja ya yang bisa menemani hari-hari puasa Ramadhan? Berikut ini kumpulan doa puasa Ramadhan harian dan artinya agar puasa lancar dan berkah.

Kumpulan Doa Ramadhan Harian Agar Puasa Lancar dan Berkah

Ada banyak doa yang dapat kita panjatkan, dari mulai menyambut datangnya Bulan Ramadhan hingga menutupnya. Berdoa sangat dianjurkan oleh Allah, seperti yang difirmankanNya dalam surat Al-Baqarah ayat 186, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), ‘Aku itu dekat’. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

1. Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Alangkah baiknya bila kita menyambut Ramadhan dengan doa yang baik, agar puasa yang kita laksanakan dapat berjalan lancar dan berkah. Berikut doa menyambut Ramadhan.

Doa: Allahumma ahlilhu ‘alayna bil-amni wal iimaani wassalaamati wal islaami, Robbii wa Robbukallahu, hilala rusydin wa khoirin.

Arti: Ya Allah, Jadikanlah bulan ini kepada kami dalam kondisi aman dan hati kami penuh dengan keimanan, dan jadikanlah pula bulan ini kepada kami dengan kondisi selamat dan hati kami penuh dengan keislaman. Rabb ku dan Rabb mu Allah. Bulan petunjuk dan bulan kebaikan. (HR. Tirmidzi).

2. Kumpulan Doa Puasa Ramadhan Harian dan Artinya

Kelancaran bulan puasa tentu tidak lepas dari pertolongan Allah yang memberikan pelindungan. Berikut adalah doa puasa Ramadhan harian dan artinya agar puasa lancar dan berkah.

Doa: Allâhummaj ‘al lî fîhi ilâ mardhâtika dalîlan wa lâ taj’al lisysyaithâni fîhi ‘alayya sabîlan waj’alil jannata lî manzilan wa maqîlan yâ qâdhiya hawâijal muhtâjîn.

Arti: Ya Allah, tuntunlah hamba di bulan yang mulia ini untuk mendapat keridhaan-Mu, dan janganlah adakan celah bagi setan untuk menggoda hamba. Jadikan surga sebagai tempat tinggal dan bernaung hamba. Wahai yang memenuhi hajat orang-orang yang meminta.

3. Niat Puasa Ramadhan dan Artinya yang Dibaca Setiap Hari

Setiap malam sebelum tidur, kita perlu membaca doa niat puasa. Untuk memperteguh niat kita berpuasa setiap hari. Niat yang diucapkan akan menjadi pengingat untuk menjaga puasa kita agar lancar dan berkah. Inilah niatnya yang merupakan salah satu doa puasa Ramadhan beserta artinya: 

Doa: Nawaitu Shauma Ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’aala.

Arti: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Baca juga: Doa Puasa Ramadhan: Doa Niat Puasa dan Doa Buka Puasa untuk Bulan Ramadhan

4. Doa Ramadhan Setiap Hari Agar Puasa Terjaga

Tantangan dalam berpuasa sering kali datang dari dalam diri sendiri. Puasa menguji kita, apakah mampu untuk mengendalikan diri. Sebab musuh terbesar adalah diri sendiri. Untuk itu, kita perlu doa puasa Ramadhan dan artinya yang dilafalkan harian agar puasa dapat terjaga.

Doa: Wa bisawmi ghadinn nawaiytu min shahri ramadan

Arti: Sesungguhnya saya berniat untuk menjaga puasa hari ini di bulan Ramadhan.

5. Doa Berbuka Puasa

Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas puasa yang kita jalankan, serta atas nikmat yang berlimpah yang telah diberikannya, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu sebelum berbuka puasa. Berikut ini doa yang dapat Sahabat lafalkan ketika berbuka puasa.

Doa: Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Arti: Ya Allah karena-Mu aku berpuasa. Dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

6. Do’a kepada Orang yang Memberi Makan dan Minum

Doa yang baik kepada orang lain, Insya Allah akan kembali lagi kepada diri kita sendiri. Untuk itu doakanlah yang baik-baik, agar kebaikan dapat sampai kepada diri kita. Sama halnya ketika ada orang yang memberikan makan dan minum untuk berbuka puasa, alangkah baiknya jika kita mendoakan mereka.

Doa: Allahumma ath’im man ath’amanii wasqi man saqaa-nii.

Arti: “Ya Allah, berilah makanan orang yang memberi aku makan dan berilah minuman orang yang memberi aku minum” 

7. Do’a Berbuka Puasa Ramadhan dan Artinya di Rumah Orang Lain

Silaturahmi memperlancar rezeki, memperkuat ikatan persaudaraan. Bila di Bulan Ramadhan kita sedang berbuka puasa di rumah orang lain, entah saudara atau kerabat, alangkah baiknya kita mendoakan pemilik rumah. Sebab mereka telah menyajikan makanan berbuka untuk kita.

Doa: Allahuma baarik lahum fii-maa razaqtahum, wagh-fir lahum, war-ham-hum.

Arti: “Ya Allah, berkahilah rizki yang Engkau anugerahkan kepada mereka, ampuni mereka, dan berikanlah rahmat kepada mereka.”

8. Doa agar Diberi Kelancaran dan Kemudahan dalam Urusan 

Kondisi berpuasa setiap hari tentu berbeda dengan kondisi hari-hari kita di luar Bulan Ramadhan. Tantangan dalam menjalankan urusan pekerjaan, urusan belajar, atau lainnya tentu terasa lebih besar dan berat. Allah menguji kita apakah kita mampu menjalankan urusan walau sedang berpuasa. Berikut ini adalah salah satu dari kumpulan doa Ramadhan harian agar diberi kelancaran dan kemudahan saat berpuasa.

Doa: Allahummaftah ‘Aalainaa Abwabaal Khairi Wa Abwaabal Barakati Wa Abwaaban Ni’mati Wa Abwaabal Quwwati Wa Abwaabashshihhati Wa Abwaabas Salaamati Wa Abwaabal Jannati. Rabbanaa Aatinaa Min Ladunka Rahmatan Wa Hayyi’ Lanaa Min Amtinaa Rasyadaa. Bismillaahi Tawakkaltu ‘Alallaahi Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah.

Arti: Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.

9. Doa Niat Sholat Tarawih

Sholat Tarawih merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan. Bila tidak dijalankan tidak berdosa, namun bila dilaksanakan akan mendapatkan pahala yang besar. Berikut ini adalah doa niat sholat tarawih yang dapat Sahabat terapkan sehari-hari saat bulan puasa.

  • Niat Sholat Tarawih Sebagai Makmum

Jika Sahabat sholat berjamaah dan menjadi makmum, maka niatnya sebagai berikut.

Doa: Usholli Sunnatat-taraawiihi rok’ataini mustaqbilal qiblati ma’muuman lillaahi ta’ala.

Arti: Saya niat sholat sunah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala.

  • Bila Sebagai Imam Saat Sholat Tarawih

Jika menjadi Imam Sholat Tarawih, memiliki niat yang sedikit berbeda dengan niat sebagai makmum. Doa niat sholat tarawih sebagai berikut.

Doa: Ushalli sunnatat Tarwhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an imman lillaahi ta’ala.

Arti: Saya niat sholat sunah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala.

10. Doa Setelah Sholat Witir

Kumpulan doa Ramadhan harian yang perlu kita lafalkan adalah doa sholat witir. Sholat witir biasa dilaksanakan setelah sholat tarawih. Berikut doa sholat witir.

Doa: Subhanal malikil qudduus (3x), Subbuhun quddusun rabbunaa wa rabbul malaa-ikati warruuh, Allahumma inni a’udzu bi ridhaoka min sakhotik wa bi mu’afaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik.

Arti: Maha Suci Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan, Maha suci lagi Quddus Tuhan kami, Tuhan para malaikat, dan malaikat Jibril, Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri.

11. Doa Memohon Ampunan

Setiap selesai melaksanakan sholat di bulan Ramadhan, Sahabat juga dapat melafalkan doa memohon ampunan. Agar dosa-dosa yang kita perbuat, yang disadari atau tidak, dapat memperoleh ampunan dan rahmat dari Allah.

Doa: Asyhadu alla ilaha illallah, Astaghfirullah, as alukal jannata wa a’udzubika minan naar, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni. (3x)

Arti: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang disembah selain Allah, aku mohon ampun kepada Allah, sesungguhnya aku memohon surga kepadaMu dan aku berlindung kepadaMu dari siksa neraka, Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku.

12. Doa Dijauhkan dari Kemurkaan

Setelah membaca doa memohon ampunan, Sahabat juga dapat melanjutkan dengan membaca doa untuk dijauhkan dari kemurkaan saat bulan Ramadhan. 

Doa: Allâhumma lâ takhdzulnî fîhi lita’arrudhi ma’shiyatika wa lâ tadhribnî bisiyâthi naqimatika wa zahzihnî fîhi min mûjibâti sakhatika bimannika wa ayâdîka yâ muntahâ raghbatirrâghibîn.

Arti: Ya Allah, janganlah Engkau hinakan aku di bulan ini karena perbuatan maksiatku terhadap-Mu, dan janganlah Engkau cambuk aku dengan cambuk balasan-Mu. Jauhkanlah aku dari hal-hal yang dapat menyebabkan kemurkaan-Mu, dengan kelembutan dan ketinggian rahmat-Mu, wahai pegangan terakhir orang-orang yang berkeinginan.

13. Doa Mendapat Kebaikan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan berkah. Ada banyak kebaikan yang dapat kita petik di bulan Ramadhan. Agar kebaikan senantiasa dapat kita peroleh, Sahabat dapat melafalkan salah satu dari kumpulan doa ramadhan harian berikut ini.

Doa: Allâhumma waffir hadzdzî min barakâtihi wa sahhil sabîlî ilâ khayrâtihi walâ tahrimnî qabûla hasanâtihi yâ hâdiyan ilal haqqil mubîna. 

Arti: Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini lebih bisa menikmati berkat-berkat-Mu dan mudahkanlah jalan-ku untuk mendapat kebaikan-kebaikannya. Jangan Engkau haramkan aku untuk menerima kebaikan-kebaikannya. Wahai Pemberi Petunjuk kepada jalan yang terang.”

14. Doa Lailatul Qadar

Al-Qur’an diturunkan pertama kali pada bulan Ramadhan. Peristiwa turunnya Al-Qur’an pertama kali disebut sebagai malam Lailatul Qadar. Malam ini merupakan pertama kali perintah Allah turun kepada Nabi Muhammad. Menjadi titik tolak perkembangan Islam hingga saat ini.

Doa: Allahumma innaka ‘afuwwa kariimu tuhibbul ‘afwa fa’afu ‘annaa.

Arti: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan, maka ampunilah kami, wahai Dzat yang Maha Pemurah.

15. Ketika Melihat Hilal 

Ketika Sahabat melihat hilal sebagai tanda munculnya pergantian bulan, memasuki bulan Ramadhan ataupun Syawal, alangkah baiknya apabila Sahabat membaca doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad ketika melihat hilal.

Doa: Allahumma ahillahu ‘alainaa bil yumnaa wal iimaani was salaamati wal islaami rabbi wa rabbukallah(u).

Arti: Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu adalah Allah.

16. Doa Takbiran

Ketika Bulan Ramadhan hendak berakhir dan hari raya akan datang, ditandai dengan doa takbiran. Biasanya dibacakan secara bergantian selama malam hingga pagi menjelang Bulan Syawal.

Doa: Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd.

Arti: Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tiada Tuhan selain Allah. Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.

17. Doa Jelang Akhir Bulan Ramadhan 

Usia manusia tidak ada yang tahu sampai kapan. Kita mungkin bisa mengetahui kapan tanggal lahir, tapi tidak akan pernah mengetahui kapan tanggal kematian kita. Bisa jadi Ramadhan tahun ini adalah bulan terakhir dalam hidup kita. Atau bisa jadi tahun depan diberi kesempatan terakhir oleh Allah. Oleh sebab itu, ketika Bulan Ramadhan hendak beranjak, alangkah baiknya kita melafalkan doa berikut ini.

Bismillahirrahmaanirrahiim, Makhruumantaj’alnii laa wamarkhuumalnii faj ‘aja’altahu fain iyyahu, shiyaa minaa minal’ahdi akhiro taj’alhu lallahumma. Wahai Rabb-ku, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi. Terimalah seluruh amal ibadahku di Bulan Ramadhan ini, yaa Rahman. Ampunilah seluruh dosa-dosaku, dosa ibu bapakku dan dosa orang-orang yang aku cintai dan sayangi karena Allah, yaa Wasi’ al Ghoffar.

18. Doa Niat Zakat Fitrah dan Artinya

Selain berpuasa, ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim saaat bulan Ramadhan adalah zakat fitrah. Zakat fitrah dapat dilaksanakan sejak awal bulan Ramadhan hingga matahari terbit saat memasuki bulan Syawal. Berikut doa zakat fitrah yang dapat Sahabat lafalkan. 

Doa: Nawaitu an ukhrija Zakaatal Fithri ‘an nafsii fardlol lillahi ta’aala.

Arti: saya berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta’ala.

Bila Sahabat bingung hendak menunaikan zakat fitrah ke mana, Sahabat dapat langsung menunaikannya secara dengan zakat online melalui Dompet Dhuafa. Zakat jadi lebih mudah dan Insya Allah berkah.

Penutup Kumpulan Doa Puasa Ramadhan

Demikian kumpulan doa ramadhan harian agar puasa lancar dan berkah. Semoga kita semua dapat melafalkan doa-doa di atas setiap hari sesuai dengan kondisi masing-masing. Semoga ibadah puasa kita lancar dan berkah. Untuk mengisi waktu agar lebih bermanfaat, Sahabat juga dapat membaca artikel lainnya dari Dompet Dhuafa, ada banyak informasi seputar Islam yang dapat menambah wawasan. Jika sahabat ingin menunaikan zakat, bisa langsung klik link berikut ini ya. KLIK DISINI

Zakat Sekarang