Manfaat Daging Kurban: Kambing dan Sapi

617

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Artinya: “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.” (QS Al Kautsar: 2)

Sahabat sudah berkurban? Alhamdulillah jika memang sudah berarti Sahabat telah membantu mensyariatkan agama kita dan juga berbagi dengan saudara-saudara kita. Jikalau belum, Sahabat mungkin perlu tahu terlebih dahulu dengan manfaat daging hewan kurban seperti kambing dan sapi.

Baca Juga: Bolehkah Kurban dan Aqiqah Digabungkan?

Mengapa Kambing dan Sapi termasuk Hewan Kurban?

Hadits Abu Ayyub al-Anshari radhiyallahu’anhu bahwasanya dia berkata :

كان الرجل يضحي بالشاة عنه وعن أهل بيته فيأكلون ويُطعمون حتى تباهى الناس فصارت كما ترى

“Pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seseorang  menyembelih seekor kambing sebagai qurban bagi dirinya dan keluarganya, maka mereka makan darinya dan memberikan makan darinya, sehingga manusia saling berbangga dengan hal itu, seperti yang anda lihat sekarang .” (HR. Tirmidzi: 1505, Ibnu Majah: 3147; al-Baihaqi: 9/268 )

Hewan yang diperuntukkan untuk kurban sesuai sunnah adalah hewan ternak yang berkaki empat seperti unta, sapi, dan kambing.

مَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْأُولَى فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً

“Barangsiapa yang berangkat (shalat jum’at) pada jam pertama, maka seakan-akan dia mengurbankan unta; Barangsiapa yang berangkat pada jam ke-2, maka seakan-akan dia berkurban dengan sapi; Barangsiapa yang berangkat pada jam ke-3, maka seakan-akan dia berkurban dengan kambing jantan; Barangsiapa yang berangkat pada jam ke-4, maka seakan-akan dia berkurban dengan ayam; Barangsiapa yang berangkat pada jam ke-5, maka seakan-akan dia berkurban dengan telur.” [HR. Bukhari & Muslim]

Di Indonesia, hewan ternak seperti kambing dan sapi merupakan hewan yang menjadi mayoritas untuk dijadikan kurban. Walaupun jumhur ulama tentang kurban dengan unta akan mendapatkan pahala yang lebih besar, namun, unta memiliki habitat hidup yang berbeda dan tidak sesuai dengan iklim tropis Indonesia.

Walaupun demikian, sapi dan kambing mempunyai manfaat yang bagus untuk tubuh kita. Berikut penjelasan manfaat daging kambing dan sapi untuk kesehatan tubuh.

1. Manfaat Daging Kambing

Daging kambing mempunyai manfaat yang bagus untuk tubuh kita. Beberapa di anataranya yaitu sebagai berikut,

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Adanya zat besi yang terkandung dalam daging kambing menjadikannya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi daging kambing ini, insya Allah tubuh kita akan tidak mudah terserang oleh penyakit.

Sumber Energi

Jika Sahabat ingin mendapatkan energi lebih, daging kambing jadi juaranya, Ya, dengan mengkonsumsi daging kambing, Sahabat insya Allah akan menyimpan banyak lemak, protein, dan kalori sebagai sumber energi tubuh kita.

Mencegah Anemia

Sahabat pernah makan daging kambing lalu terjangkit sakit kepala? Hati-hati, mungkin salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak makan daging kambing. Adanya kandungan zat besi dan mineral lainnya membuat daging kambing berfungsi dalam pembentukan hemoglobin dalam darah sehingga dapat mencegah anemia. Jangan lupa makan secukupnya ya, Sahabat!

2. Manfaat Daging Sapi

Selain kambing, daging hewan kurban yang baik untuk tubuh kita lainnya adalah daging sapi. Daging yang berasal dari hewan penghasil lemak dan susu terbanyak ini mempunyai banyak manfaat yang melimpah yaitu sebagai berikut.

Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian yang dikutip dari doktersehat.com menunjukkan bahwasannya bagian daging sapi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung adalah pada bagian lemak jenuhnya. Itulah mengapa mengkonsumsi daging dengan rendah lemak.

Sumber Vitamin B Kompleks

Selain menjaga jantung, daging sapi juga memiliki kandungan vitamin B kompleks yang baik juga untuk tubuh kita. Dengan adanya vitamin ini, maka tubuh kita akan menerima banyak manfaat seperti mengubah gula menjadi energi, metabolisme asam amino, membantu perkembangan fungsi otak dan saraf dan lain sebagainya.

Baca Juga: Hukum Berkurban untuk Umat Islam

Menjaga Stamina Tubuh

Dilansir dari dinkes.beraukab.go.id, daging sapi memiliki manfaat untuk menjaga stamina tubuh kita. Tepatnya pada kandungan beta-alanine yang terdapat dalam daging sapi. Inilah salh satu kandungan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa capek dan lelah serta meningkatkan stamina tubuh sehingga kita akan lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat dari daging-daging hewan ternak yang diperuntukkan untuk kurban. Dengan manfaat inilah kita sudah sepantasnya untuk bersyukur dapat menikmati daging yang bermanfaat ini setiap tahunnya. Dengan wawasan ini, semoga kita bisa terus menyadari bahwa tidak ada yang tidak berguna dari pemberian Allah SWT.

Zakat Sekarang