Ini Akibatnya Jika Puasa Qadha di Hari Tasyrik

523

Puasa Qadha di Hari Tasyrik

Mengganti utang puasa adalah kewajiban untuk umat Islam yang tidak bisa berpuasa di bulan Ramadhan. Salah satu cara menggantinya adalah dengan melakukan puasa qadha. Lalu, bagaimana hukum puasa qadha Ramadhan di hari tasyrik?

Apa itu Hari Tasyrik? 

Hari Tasyriq merupakan tiga hari setelah Idul Adha yang terjadi pada tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah. Berdasarkan riwayat hadits, umat Islam dilarang berpuasa pada hari-hari tersebut karena Tasyriq adalah hari raya untuk makan dan minum.

Mengutip dari Panduan Kurban Dompet Dhuafa (unduh di sini) yang ditulis oleh Ustadz H. Ahmad Fauzi Qosim, S.S., M.A., M.M, larangan berpuasa di hari Tasyrik berdasarkan sabda Rasulullah SAW:

“Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum”. (HR. Muslim)

Lalu, hadits berikut juga mempertegas larangan puasa di hati Tasyrik agar umat Islam menikmati hari raya:

عَنْ عُقْبَةَ بْنَ عَامِرٍ يَقُولُ: إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” يَوْمُ عَرَفَةَ وَيَوْمُ النَّحْرِ وَأَيَّامُ التَّشْرِيقِ عِيدُنَا أَهْلَ الْإِسْلَامِ وَهِيَ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ ” رواه النسائي والترمذي وأبو داود.

Artinya: Dari Uqbah bin ‘Amir, ia berkata, ‘Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, “Hari Arafah, hari nahr (Idul Adha), dan hari-hari tasyriq adalah hari raya kita; umat Islam. Hari-hari itu adalah hari-hari makan dan minum.” (H.R. An-Nasa’i, At-Tirmidzi, dan Abu Daud)

Mayoritas ulama melarang puasa apapun di hari Tasyrik, baik untuk qadha, nazar, hingga sunnah. Jika tetap dilakukan, maka puasanya batal.

baca juga: PERTAMA KALI ibu ika MERASAKAN DAGING KURBAN SETELAH 8 TAHUN MUALAF

Jadi, bagi umat Islam yang tidak melaksanakan haji, hukumnya haram berpuasa di tiga hari Tasyriq.

Puasa di waktu Tasyrik hanya diizinkan untuk muslim yang sedang melaksanakan haji Tamattu’ atau haji Qiran yang tidak menemukan hadyu, seperti yang dikutip dari BincangSyariah.com.

Pemberian dispensasi tersebut berdasarkan hadits Imam Bukhari berikut ini:

عن عائشة وعن ابن عمر رضي الله عنهم قالا: لم يُرخص في أيام التشريق أن يُصمن إلا لمن لم يجد الهدي.

Artinya: Dari sayyidah Aisyah dan sahabat Ibnu Umar r.a., mereka berakata, “Tidak ada dispensasi pada hari-hari tasyriq untuk berpuasa kecuali bagi orang yang tidak menemukan hadyu.”

Apa itu Hadyu?

Hadyu adalah hewan sembelihan untuk membayar dam (denda) saat muslim melakukan haji Tamattu dan Qiran. Jika tidak menemukan hadyu, maka boleh berpuasa sebagai upaya mengganti hewan hadyu yang tidak didapatkan saat hari Tasyrik.

Supaya semakin paham, baca di sini untuk pengertian jenis haji Qiran dan Tamattu.

baca juga: 3 JENIS HAJI; IFRAD, QIRAN, DAN TAMATTU

Daging hasil kurbanmu adalah penyambung silaturahmi untuk saudaramu di pelosok tanah air Indonesia. Yuk, klik pesan kurban sekarang juga di Dompet Dhuafa di sini, higienis, mudah dan amanah sampai pelosok tanah air. (Zakat.or.id/Halimatussyadiyah)

Zakat Sekarang