Menghitung Zakat Penghasilan

 

cara menghitung zakat penghasilan dengan kalkulator zakat

Pertanyaan tentang Menghitung Zakat Penghasilan 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Saya mau tanya, berapa persen potongan gaji yang harus saya keluarkan jika saya mendapat gaji? Apakah itu termasuk zakat atau infak? Gaji saya sekarang 2.250.000.
Terima kasih sebelumnya ustadz

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.

Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada saudara dan keluarga.

Zakat penghasilan adalah zakat yang dikenakan pada setiap pekerjaan atau keahlian profesional tertentu, baik yang dilakukan sendirian maupun bersama dengan orang/lembaga lain, yang mendatangkan penghasilan (uang) halal yang memenuhi nisab (batas minimum untuk wajib zakat). Contohnya adalah pejabat, pegawai negeri atau swasta, dokter, konsultan, advokat, sejenisnya.

Dalam terminologi klasik, jenis imbalan seperti ini disebut dengan u’thiyat. Pada perkembangannya, para pekerja dan pemilik keahlian ini justru memperoleh upah atau pendapatan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang bertani, beternak, atau berdagang.

Berdasarkan informasi yang saudara sampaikan, saudara belum terkena zakat penghasilan. Seseorang yang terkena zakat penghasilan adalah yang penghasilannya mencapai nishab 653 kg beras atau sekitar 3.918.000. Sedangkan nilai zakatnya adalah 2,5 persen.

Baca Juga: NISAB DAN KADAR ZAKAT

Apabila penghasilannya belum mencapai nishab, maka bisa menjadi dua kemungkinan (berdasarkan niatnya).

Pertama: cicilan zakat. Hal ini berlaku bila ia memiliki tabungan, emas, perak, obligasi dan lain-lain yang mencapai nishab senilai 85 gram emas. Tentu saja niatnya adalah niat memajukan zakat, bukan sedekah.

Kedua: tidak memiliki harta mencapai nishab. Maka sebagian dari penghasilan yang dikeluarkan itu adalah sedekah. Bila sedekah, maka tidak ada ketentuan spesifik tentang nilai yang dikeluarkan.

Begitulah jawaban tentang menghitung zakat penghasilan, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam

Sumber: Dompet Dhuafa

Zakat Sekarang