30 January 2018

Presiden Jokowi tiba di camp pengungsian Cox’s Bazar Bangladesh

Kepedulian bangsa Indonesia pada saudara-saudara pengungsi Rohingya tak lepas begitu saja. Walau terpisah jarak dan waktu, namun rasa kemanusiaan dan ingin membantu sesama adalah hal yang tercermin dari masyarakat Indonesia. Tak terkecuali Presiden RI, Joko Widodo yang ikut turun tangan dalam masalah para pengungsi Rohingya yang berada di COX Bazzar Bangladesh.

Minggu, 28 Januari 2018, Presiden Jokowi meninjau Indonesia Humanitarian Alliance (IHA)-The Dreamers Medical Camps, yang merupakan salah satu fasilitas kesehatan hasil kerja sama pemerintah bersama-sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), organisasi, serta masyarakat Indonesia.

Hal ini juga disampaikan oleh Presiden Jokowi terkait kesiapan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk terus membantu para pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh. “Sejak awal pemerintah kita selalu berkoordinasi mengenai kebutuhan di lapangan. Dan bantuan kemanusiaan ini akan kita berikan secara berkesinambungan,” tutur Presiden Jokowi.

Tentunya bantuan kemanusiaan ini bukanlah ikhtiar satu pihak saja, melainkan dukungan dari banyak LSM, Organisasi Masyarakat, Kepedulian masyarakat Indonesia, media, dsb. Hal tersebut juga disampaikan oleh Presiden Jokowi “Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dari Indonesia, termasuk masyarakat, LSM kemanusiaan,” ucap Presiden.

Disampaikan juga oleh Sabeth Abilawa Direktur program Dompet Dhuafa yang saat ini berada dan meninjau program berkelanjutan Dompet Dhuafa bersama IHA di Cox Bazar Bangladesh “IHA dan Bantuan Pengungsi Rohingya Ini adalah model kolaborasi yang baik untuk bantuan kemanusiaan yang dilakukan antara Lembaga Lembaga Kemanusiaan, Pemerintah RI dan pemerintah setempat. Dompet Dhuafa berharap kolaborasi seperti ini makin menguatkan peran Indonesia dalam diplomasi kemanusiaan dan peran serta masyarakat Indonesia dalam membantu perdamaian dunia”

Sejak 18 september 2017, tim Dompet Dhuafa hadir bersama tim IHA dengan mengirimkan tim medis dan kemanusiaan sampai saat ini dengan berbagai program, diantaranya:

  1. Program Kesehatan
    ~ Penyediaan Layanan Medis
    ~ Penyediaan Obat-obatan
    ~ Penyediaan Klinik Darurat
    ~ Penyediaan dan Operasional Mobile Clinic
  2. Program Wash
    ~ Penyediaan air bersih (fasilitas penjernihan air siap minum)
    ~ Penyediaan water hand pump
    ~ Penyediaan Portable Toilet
    ~ Penyediaan Hygiene Kit
  3. Program
    ~ Penyediaan Kebutuhan Pangan
    ~ Selimut
  4. Program Hunian dan Fasum (fasilitas ibadah, alat sholat, dan Al Qur’an)

Semoga donasi dari para donatur dan mitra melalui Dompet Dhuafa dapat meringakan saudara-sauda kita Rohingya, dan Allah senantiasa meridhai setiap langkah dan upaya kita. Ayo terus beri dukungan untuk saudara kita di berbagai belahan dunia di sini !

Bagikan :

Konsultasi ZISWAF

Foto Ustadz Zul Ashfi DD

Semua jenis zakat memiliki hitungan tersendiri yang berbeda, namun syarat dasar nya tetap sama yakni telah mencapai nishab dan haul….

Download PDF Panduan Zakat

Download Panduan Zakat

Informasi lengkap dan praktis untuk mempelajari zakat secara komprehensif.

Download Panduan Zakat di sini !
Kalkulator zakat

Kalkulator Zakat

Program yang akan membantu menentukan jumlah besaran Zakat yang akan Anda tunaikan.

Hitung Zakat Anda di sini !