besaran beras fidyah yang harus dibagikan - Zakat.or.id

besaran beras fidyah yang harus dibagikan - Zakat.or.id

Puasa Tanpa Zakat Fitrah?

Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim yang baligh dan berakal. Oleh karena itu, umat Islam yang meninggalkan puasa Ramadhan hukumnya dosa bila tanpa ada alasan yang diperbolehkan oleh hukum syara’.

Bagaimana peran zakat fitrah terhadap pelaku ibadah puasa Ramadhan? Zakat fitrah dalam hal ini bukan hanya berfungsi sebagai rukun Islam yang ketiga, melainkan juga penyempurna kegiatan amal ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Beras 2,5 kg tentu bukan barang mahal yang bisa Anda beli kapan saja.

Ibaratnya, semua amal ibadah di bulan Ramadhan masih menggantung di langit, belum diterima oleh Allah, sampai dengan dibayarnya kewajiban zakat seorang muslim. Apabila seorang muslim belum mengeluarkan zakat, segala amal ibadah di bulan Ramadhan akan ditangguhkan.

Zakat fitrah merupakan penebusan amal dan penyempurna rangkaian ibadah di bulan Ramadhan. Zakat fitrah juga mengandung hikmah bentuk kepedulian sosial terhadap sesama muslim yang kurang kurang mampu, sekaligus pemberdayaan ekonomi rakyat.

Tinggal hitungan minggu kita menjelang kehadiran bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, bekali diri dengan kesehatan yang prima dan pengetahuan zakat yang tepat. Jangan biarkan perjuangan amal ibadah Anda di bulan Ramadhan menjadi sia-sia hanya karena tidak paham aturan zakat fitrah.

Mari sempurnakan puasa dan amal ibadah di bulan Ramadhan dengan zakat fitrah. KLIK DI SINI 

(Yons/Zakat.or.id)

Previous article5 Adab Mengeluarkan Zakat Secara Benar dan Ikhlas
Next articleZakat Harus, Agar Anak Yatim Bisa Mandiri