Zakat Harus, Agar Anak Yatim Bisa Mandiri

39

Agama Islam memang benar-benar agama yang membawa rahmat bagi segenap penghuni alam ini. Ajaran agama Islam mampu membentuk kehidupan yang damai dan sejahtera dalam lindungan Allah SWT.

Perintah agama Islam yang berpengaruh bagi kemandirian rakyat tidak mampu adalah zakat. Zakat saat ini berkembang menjadi kekuatan ekonomi baru bagi negara yang memiliki penduduk mayoritas muslim. Saya menyaksikan sendiri perjuangan seorang anak tetangga yang yatim mampu bangkit karena hikmah zakat.

Singkat cerita, masyarakat di sekitar tempat tinggal saya mengumpulkan zakat penghasilan kepada salah satu lembaga penyalur zakat di kota kami. Lembaga zakat tersebut kemudian mendata anak-anak yatim muslim yang tidak mampu melanjutkan sekolah dan dibekali pendidikan wirausaha bertani jamur tiram mutiara.

Setelah enam bulan masa pendidikan wirausaha mereka tuntaskan, kini anak-anak muda tersebut meretas bisnis pertanian jamur tiram mutiara. Sebagian produk mereka juga diolah menjadi makanan olahan seperti kerupuk jamur, sup jamur, mie jamur dan lain-lain. Subhanalloh! Mereka yang dulu bukan siapa-siapa kini beranjak menjadi orang yang mandiri.

Dari peristiwa tersebut saya bersyukur saat ini telah ada lembaga penyalur zakat yang bisa dipercaya dan mampu memberi sumbangan bagi pembangunan ekonomi bangsa kita. Kisah ini saya ambil dari satu desa. Anda bisa bayangkan betapa dahsyat potensi zakat bila seluruh umat muslim Indonesia bergerak dalam satu langkah bersama untuk menyalurkan hak penerima zakat.

Pada harta kita terdapat 2.5 persen bagian untuk para penerima zakat. Mari kita bersihkan kekayaan diri dengan mengeluarkan zakat! (Yons/Zakat.or.id)

 

 

 

Zakat Sekarang