Raih Sehat dengan Menjadi Orang Dermawanan

44

Orang Dermawanan

Sehat merupakan dambaan setiap manusia. Tahukah sahabat jika kesehatan dapat diraih salah satunya dengan menjadi orang dermawanan?

Memiliki sifat dermawan tidak akan membuat seseorang jatuh miskin. Justru, kebiasaan berbagi punya manfaat yang luar biasa. Tak hanya membahagiakan orang lain, namun ada pula manfaat kesehatan yang diyakini dapat diperoleh dari sifat dermawan.

  1. Menurunkan Tekanan Darah. Menolong orang atau keluarga ternyata dapat meningkatkan kesehatan jantung. Orang-orang yang gemar memberi kepada orang lain akan menerima dukungan sosial yang lebih besar sebagai balasannya.
  2. Membantu Mengurangi Stres. Menimbun uang mungkin baik untuk masa depan, tapi tidak untuk kesehatan. Studi terbaru dari Universitas Teknologi Queensland yg diterbitkan dlm PLoS One menemukan bahwa sifat kikir dapat meningkatkan stress. Inilah mengapa menjadi orang dermawan itu lebih baik daripada diam saja.

Baca Juga: Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Suriah

Penelitian ini bertujuan mengukur tekanan mental ketika seseorang harus mengambil keputusan terhadap uang mereka. Penulis penelitian juga mencatat bahwa peserta yang kikir kemungkinan juga mengalami stres karena merasa bersalah.

  1. Memperpanjang Usia. Sifat ringan tangan dalam membantu orang lain akan meningkatkan umur panjang. Dalam sebuah studi yang dipublikasi dalam Jurnal Kesehatan Umum Amerika pada 2013 disebutkan, orang yang membantu orang lain dengan menjalankan tugas tampaknya terlindungi dari dampak negatif stres.

 Stres sendiri sudah diketahui menjadi faktor risiko beberapa penyakit kronis seperti jantung dan depresi. Oleh karena itu, jangan segan membantu orang di sekitar Anda saat Anda memiliki waktu luang.

  1. Meningkatkan Mood. Rasa bahagia ternyata tak melulu karena kita mendapatkan uang atau hadiah. Saat kita memberikan sumbangan uang, kita pun akan merasakan perasaan bahagia yang sama. Penelitian mengungkapkan, saat kita memberi sumbangan, bagian otak yang terkait dengan rasa senang akan lebih aktif.

Yuk sahabat, kita menjadi orang dermawan dan menerapkannya sebagai hobi. Fisik sehat, rohani pun bahagia 🙂

Manfaatkan cara transaksi yang mempermudah dan menunjang kebutuhan, aktivitas, bahkan ibadah sehari-hari termasuk bersedekah melalui Donasi Online – Di sini

Zakat Sekarang