Tricle Down Effect = Positive Impact

19

Tricle Down Effect = Positive Impact – Kegiatan masyarakat dalam hal ekonomi terdiri Tricle Down Effect  Positive Impactdari produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiga hal tersebut yang berperan dalam roda perekekonomian. Dalam Islam, distribusi menjadi hal yang paling disoroti. Distribusi yang pertengahan, distribusi yang adil dan merata bisa dipastikan dapat meratakan penghasilan pula.

Seperti halnya ekonomi, dalam pengelolaan zakat pun demikian, harus ada penyalur, mediator, atau distributor. Ia menjadi penting karena proses inilah yang akan berperan terhadap ada atau tidaknya penumpukan harta pada kelompok tertentu.

 Tricle down effect atau efek tetesan ke bawah maksudnya ialah adanya kewajiban dari pihak yang sudah mampu untuk mengeluarkan sebagian rezekinya (muzakki). Mengapa disebut tetesan ? karena Islam hanya mewajibkan 2,5% harta yang dizakati. Menjadi disitributor yang adil adalah misi utama yang diemban oleh lembaga zakat. Para amil berhak ‘mengambil’ harta dari mereka yang sudah wajib zakat, tugas ini langsung diamanahi Allah Ta’ala dalam QS.At Taubah(9):103 lalu kemudian didistribusikan kepada mustahik.  

Tricle Down Effect = Positive Impact

Jika seluruh muzakki sadar akan kewajibannya, maka ‘tetesan’ semakin banyak, distribusi akan semakin mudah sehingga mustahik dapat merasakan manfaatnya. Pada akhirnya, antara jumlah masyarakat yang kaya, menengah dan miskin seperti bentuk belah ketupat yakni yang kaya sedikit yang menengah mendominasi kemudian yang miskin sedikit kembali bukan seperti yang saat ini terjadi yaitu yang miskin yang mendominasi seperti bentuk segitiga sama sisi.

Ustad Salim A Fillah mengatakan, zakat adalah pembersih yang Allah karuniakan pada ketaksucian jiwa dan harta kita. Ia bukan kedermawanan. Tidak untuk dibanggakan. Di antara tugas penting amil zakat ; mendoakan para muzakki. Sungguh doa mereka penenteram rasa kehilangan dan peneguh daya ketaatan.

Tetesan dari kita adalah harapan untuk sebagian yang lainnya. Zakat yang terkumpul akan digunakan untuk pemberdayaan ummat dalam pengentasan kemiskinan. Maka mari terus berjuang untuk kemakmuran bersama. Bersama Zakat, hidup akan semakin bermanfaat. (sfs)

[sibwp_form]
Zakat Sekarang