12 April 2016

Sedekah air : “Sedekah yang akan terus mengalir”

Persediaan air dari tahun ke tahun kian menipis bahkan air jadi barang langka pada saat tertentu di beberapa bagian wilayah di dunia tak terkecuali Indonesia. University of Utah menyatakan bahwa kekurangan air dapat menyebabkan menurun dan berkurangnya metabolisme tubuh manusia, inilah yang dapat menyebabkan kematian jika mahluk hidup kekurangan air.

Demikian pentingnya air bagi kehidupan, sehingga memberikan atau membantu akses air kepada mahluk hidup yang membutuhkan air sama saja dengan memberikan kehidupan kepadanya. Tentu kita masih ingat ada hadits yang menyebutkan ada seseorang masuk surga karena menolong anjing yang kehausan di tengah gurun pasir. Surga, itulah balasan orang yang membantu memberikan kehidupan pada mahluk lain meski hanya seekor anjing.

Kembali lagi ke permasalahan air terutama air bersih yang faktanya semakin sulit diakses oleh masyarakat apalagi kaum dhuafa. Air bersih selalu menjadi masalah tiap kali musim kemarau tiba bahkan ketika musim hujan pun air bersih menjadi suatu barang yang langka. Maka dari itu sedekah air bisa jadi solusi ketika krisis air melanda.

Sedekah air yakni dua kata yang memiliki pengaruh besar bagi kehidupan manusia yakni sedekah dan air. Sedekah merupakan pemberian seorang muslima kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu dan bentuknya bisa berupa materi jg non materi. Sedangkan air merupakan senyawa yang mendominasi tubuh mahluk hidup.

Dalam suatu hadits disebutkan, Saad bin Ubadah RA bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air.” (HR. Abu Daud). Rasulullah amat menganjurkan sedekah air karena peranan penting dari air. Adanya air InsyaAllah akan adanya kehidupan dan sebaliknya.

Sebagai lembaga pelayan ummat, Dompet Dhuafa mencoba menjawab masalah air melalui program Air Untuk Kehidupan. Program yang telah berjalan sejak beberapa tahun lalu memiliki kegiatan di antaranya penyediaan (dropping) air bersih atau pembangunan infrastuktur seperti melakukan pengeboran sumur agar air yang mengalir berkesinambungan.

Sedekah air, sedekah yang akan terus mengalir. Selama air itu dimanfaatkan oleh makhlukNya, maka selama itu pula pahala akan mengalir untuknya hingga hari kiamat. Bagi yang ingin membantu program Air Untuk Kehidupan bisa klik link berikut Bit.ly/AirUntukKehidupan. (sfs)

Zakat Sekarang
Bagikan :

Konsultasi ZISWAF

Foto Ustadz Rochim DD

Pertanyaan:  Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh Saya ingin bertanya tentang zakat harta warisan. Saya seorang ibu dari 3 anak (2 anak laki-laki dan 1…

Download PDF Panduan Zakat

Download Panduan Zakat

Informasi lengkap dan praktis untuk mempelajari zakat secara komprehensif.

Download Panduan Zakat di sini !
Kalkulator zakat

Kalkulator Zakat

Program yang akan membantu menentukan jumlah besaran Zakat yang akan Anda tunaikan.

Hitung Zakat Anda di sini !