40 Ucapan Selamat Hari Ibu Islami Penuh Doa dan Makna

14786

ucapan selamat hari ibu 22 desember

Hari Ibu di Indonesia diperingati pada 22 Desember. Meskipun berbakti kepada orang tua adalah kewajiban sepanjang hidup, Sahabat dapat meluangkan waktu untuk memberikan kasih sayang kepada beliau di momen spesial dengan kumpulan ucapan hari ibu islami.

Usai memberikan ucapan hari ibu islami, jangan lupa untuk mendoakannya, ya! Inilah ucapan spesial hari ibu dengan nuansa islami dan dapat diekspresikan langsung di hadapan orang tua:

  1. Membesarkan saya membutuhkan banyak kesabaran dan kekuatan. Terima kasih ibu telah bertahan sejauh ini.
  2. Ya Allah, jaga ibuku, sehatkan badan dan jiwanya, berikan ia kekuatan, rasa aman, dan kebahagiaan.
  3. Ikatan antara ibu dan anaknya adalah kesatuan yang didefinisikan sebagai cinta. Seperti doa seorang ibu untuk anak-anaknya yang tiada habisnya, demikian pula hikmat, rahmat, dan kekuatan yang ia berikan kepada anak-anaknya. Selamat hari ibu!
  4. Ibu adalah pendukung terbaik di bumi ini. Surga terletak di bawah telapak kaki ibu. Berbaktilah, peluklah ia dengan kehangatan dan ucapkan selamat hari ibu!
  5. Seorang ibu, baik itu mengenyam pendidikan tinggi atau tidak, dia adalah guru terbaik sepanjang masa. Dia telah melihat pasang surut kehidupan dan tahu apa yang benar dan salah untuk anak-anaknya. Jadi, kamu harus mempertimbangkan pendapatnya sebelum mengambil langkah apa pun dalam hidup.

baca juga: 11 AYAT DAN HADITS TENTANG BERBAKTI KEPADA ORANG TUA

6. Ya Allah, ampunilah kedua orang tuaku dan sayangi mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.

7. Ibu mengajariku untuk tidak takut pada kehidupan ini. Ya Allah, berikan ibuku kebahagiaan di dunia dan akhirat, hilangkan kekhawatirannya sehingga ia bisa leluasa menjalani kehidupan dan ibadahnya sebagai ibu.

8. Tidak ada ibu yang sempurna. Hanya saja, ada banyak cara untuk menjadi ibu terbaik. Terima kasih, selamat hari ibu!

9. Ibu adalah ciptaan yang cantik di dunia yang egois ini. Beliau adalah sosok yang ingin melihatmu bahagia.

10. Sejak aku lahir ke dunia, ibuku telah membahagiakanku tanpa pamrih. Ya Allah bahagiakan dia dan jagalah dia, Aamiin.

11. Semoga setiap air mata yang pernah jatuh dari mata lelahmu atas namaku menjadi sungai untukmu di surga. Selamat hari ibu!

12. Ibu, adalah seseorang yang akan mencintaimu tanpa syarat sampai nafas terakhirnya.

baca juga: hukum memberikan zakat kepada orang tua dan kerabat

13. Setiap hari adalah hari ibu. Jangan lupa beres-beres bareng, ya!

14. Menjadi seorang ibu adalah belajar tentang kekuatan yang Anda tidak tahu Anda miliki dan menghadapi ketakutan yang tidak Anda ketahui kalau itu ada.

15. Jangan pernah merendahkan ibumu. Beliau satu-satunya orang yang tidak akan pernah mau melihatmu sedih.

16. Jangan gunakan ketajaman bicaramu pada ibu yang mengajarimu berbicara -Ali bin Abi Thalib

17. Cintai orang tuamu, kami sangat sibuk tumbuh dewasa. Kita sering lupa bahwa mereka juga bertambah tua. Ekspresikan rasa syukur dengan mencintainya, selamat hari ibu!

18. Hormatilah wanita, karena mereka adalah ibu umat manusia.

19. “Jika Anda ingin Allah memberi Anda umur panjang, buat orang tua Anda bahagia.” (Imam Shadiq)

20. “Aku menyuruh setiap orang untuk menghormati ibunya, aku menyuruh setiap orang untuk menghormati ibunya, aku menyuruh setiap orang untuk menghormati ibunya (tiga kali), aku menyuruh setiap orang untuk menghormati walinya yang merawatnya, bahkan jika dia membuatnya kesal.” Sunan Ibnu Majah; Jil. 5, Buku 33, Hadis 3657

21. Ibu, welas asihmu melembutkan hatiku. Kasih sayangmu menghancurkan batu yang menahan hatiku. Tutur katamu menyemangatiku bagaikan selimut hangat di saat sendu. Selamat hari ibu, doaku selalu menyertaimu.

22. Ibu adalah sosok berani. Ia korbankan dirinya untuk bertugas atas nama keluarga. Selamat hari ibu untuk para perempuan tangguh di Indonesia. Semoga semakin banyak akses untuk para ibu di Indonesia untuk mengembangkan jati diri sebagai ibu tangguh dan mandiri.

23. Abdullah bin Amr meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: Dosa-dosa besar adalah percaya bahwa Allah bersekutu, durhaka kepada orang tua, membunuh, dan bersaksi dusta (Bukhari, Muslim).

24. Seorang pria datang ke Nabi Muhammad dan berkata: “Wahai Nabi Allah! Bimbing saya, kepada siapa saya harus bersikap baik agar dapat memperoleh manfaat sepenuhnya dari perbuatan baik saya?”

Dia berkata: “Bersikaplah baik kepada ibumu.” Dia bertanya: “Selain itu?”
Nabi mengulangi: “Berbuat baiklah kepada ibumu.” Dia berkata lagi: “Dan selain itu?”
Nabi menjawab: “Untuk ibumu.”
Pria itu berkata: Kepada siapa lagi saya harus berbuat baik?
Nabi berkata: “Untuk ayahmu.”

25. Hormati ibumu, maka kamu akan mendapatkan rahmat dari Allah. Pahami hatinya yang lembut. Peluk dan runtuhkan kegengsianmu untuk bilang ‘I love you’ kepada ibumu.

26. Diriwayatkan oleh Asma binti Abu Bakar bahwa pada saat perjanjian Hudaibiyah, ibunya yang saat itu kafir, datang menemuinya dari Makkah. Asma memberi tahu Rasulullah tentang kedatangannya dan juga bahwa dia membutuhkan bantuan. Dia berkata: Berbuat baiklah pada ibumu (Bukhari, Muslim).

27. Sudahkah kamu mengucapkan ungkapan kasih sayang kepada ibumu? Doakan ia semoga selalu sehat fisik dan batin. Dampingi dirinya untuk menjadi ibu terbaik bagi keluarganya.

28. Seorang ibu mengalami banyak hal ketika dia melahirkan, dan kemudian sepanjang hidup ketika dia membesarkan anak-anaknya tanpa pamrih. Balaslah dengan cintamu, rasa hormat, dan rasa baktimu.

29. Orang tua kita adalah anugerah, jangan tunda untuk mengekspresikan kasih sayang kepadanya. Kita tidak tahu berapa lama kita memiliki anugerah ini.

30. Panggilan telepon sederhana dapat membuat orang tua bahagia. Orang tua, mereka tidak meninggalkan Anda ketika Anda masih muda. Jadi, jangan tinggalkan mereka ketika mereka sudah tua.

31. Ibu merawat anak dengan cinta, membesarkan dengan doa dan restu untuk anaknya. Sebagai anak, rawatlah ibu dengan rasa hormat.

32. Selamat hari Ibu untuk semua Ibu hebat di Indonesia.

33. Hari ibu bukanlah sekadar perayaan, melainkan momen untuk mengingat dan meneruskan perjuangan bahwa kesejahteraan Ibu merupakan prioritas untuk tumbuh kembang anak yang bahagia dan penuh iman.

34. Wahai ibuku, maaf jika anakmu belum bisa pulang ke kampung halaman. Meskipun begitu, doaku selalu ada untukmu. Ayo, kita sama-sama jaga kesehatan supaya ketika kumpul aku masih bisa melihat senyum ibu.

35. Ibu, aku rindu. Ibu adalah sosok terbaik untuk anaknya. Namamu ku sebut dalam sepertiga malam supaya Ibu tidak kesepian.

36. Yuk, coba tanyakan kepada bundamu bagaimana harinya? Jadilah pendengar setia untuk setiap keluh kesah bunda. Ringankan bebannya dengan menjadi anak yang berbakti.

37. Ibu, tidak apa-apa jika sesekali tidak menjadi sosok yang kuat. Rumah adalah tempat amanmu untuk mencurahkan keluh kesahmu. Semoga Allah memberikan rezeki materi, lahir, dan batin untuk Ibu.

38. Selamat hari ibu untuk sosok spesial di hidupku.

39. Ibu menjadi tempat pulang untuk anaknya. Selamat hari Ibu untuk diary kehidupanku. Kini, gantian aku yang mendengarkan cerita Ibu.

40. Selamat hari ibu untuk perempuan tangguh dan penuh cinta di hidupku.

Doa Untuk Orang Tua 

Doa untuk kedua orang tua (hari Ibu) Rabbigfirlii wa li waalidayya

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbighfirlii wali waalidayya warham humma kamaa rabbayaanii shaghiiraa

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan kasihilah mereka sebagaimana mereka merawat aku di waktu kecil.

Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal 

Allahummaghfir lahaa warhamhaa wa ‘asfihaa wa fu’anhaa wakrim nudzulahaa wawasi’ mudholahaa wagsilhaa bilmaai watsalji wal barodi wanaqqohaa min khotooyaa kamaa naqoitats tsaubal abyado minad danasi wabdilhaa daarol khoiron min daarihaa eaahlan khoiron min ahlihaa wajaudzan khoiron nin jaudzihaa waadhilnaj jannata wa a’idzahaa min adzaabil qobrii au min adzabin naar.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka.

 

Itulah inspirasi ucapan, kutipan hari ibu islami dan doa yang dapat Sahabat ucapkan atau panjatkan ke ibu. Ekspresikan rasa sayangmu kepada ibu di sosial media dan di hadapannya. Diam-diam, ibu sebagai sosok panutan butuh validasi juga dari kamu, loh!

Seperti Rayya yang tidak malu menunjukkan perhatiannya kepada ibu. Simak cerita isi hatinya di video ini!

Ada banyak cara untuk bahagiakan ibu di dunia dan akhirat, salah satunya dengan berwakaf. Yuk, sama-sama kita hadiahkan kado terbaik di momen spesial untuk beliau. Hadirkan senyuman untuk ibu, klik berwakaf sekarang di sini! (Zakat.or.id/Halimatussyadiyah)

 

Zakat Sekarang