Zakat Emas Berkadar Dibawah 24 Karat

102

Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh
Apakah zakat emas harus 24 karat? tiap tahun atau?

Dari
Saleh
Palembang

Jawab:

Wa’alaikumsalamwarahmatullahiwabarakatuh

Semoga Allah swt senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada saudara dan keluarga.

Para ulama sepakat bahwa zakat berlaku terhadap harta yang berupa emas, perak dan barang perniagaan. Sebagian besar ulama berpendapat bahwa kewajiban zakat juga berlaku pada harta yang memiliki fungsi dan makna keduanya; uang kertas, saham dan surat berharga.

Terkait zakat emas, para ulama berpendapat bahwa kewajiban zakat itu berlaku pada emas. Apabila emas itu tercampur, maka kewajiban zakat itu hanya berlaku pada emasnya dan tidak berlaku pada campurannya. Oleh karena itu, para ahli fikih berpendapat bahwa yang menjadi parameter adalah emas murni.

Bagaimana dengan emas yang kadarnya tidak mencapai nilai emas murni atau 24 karat? Apakah tidak wajib dizakati atau tidak?

Emas itu tetap wajib dizakati. Hanya saja, yang dizakati adalah emasnya. Sedangkan campurannya tidak masuk penghitungan.

Bagaimana cara memisahkannya?

Caranya bisa dikonversi ke emas murni. Apabila nilainya sudah sudah senilai dengan 85 gram emas 24 karat ( bila ada uang atau tabungan, dihitung secara tergabung) berarti sudah mencapai nishab. Sedangkan cara menghitung nilai zakat yang harus dikeluarkan adalah: bila telah mencapai nishab (dihitung bersama dengan harta sejenis yang lain seperti uang) dikonversi ke harga emas yang memiliki kadar karat yang sama di pasar. Setelah itu dikeluarkan zakatnya 2,5 persen.

Para ulama juga sepakat bahwa zakat emas wajib dikeluarkan setiap tahun bila nilainya mencapai nishab dan bertahan mencapai nishab sepanjang satu tahun.

Wallahu a’lam

Zakat Sekarang