Zakat Uang Tunjangan Hari Raya (THR) Termasuk Jenis Apa?

6187

Tunjangan Hari Raya

Selain ketupat dan opor, apa lagi yang terlintas di pikiran saat idul fitri? Yup, tunjangan hari raya! Setelah bekerja sambil ibadah sebulan penuh di bulan Ramadhan dan menunaikan zakat fitrah, kira-kira perlu menunaikan zakat Tunjangan Hari Raya juga tidak, ya? Tuntaskan kepomu dengan jawaban di bawah ini!

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya ingin bertanya, apakah uang THR itu perlu dikeluarkan zakatnya? Jika ya, termasuk dalam zakat apa, dan bagaimana tata caranya?

Terima kasih.

Baca Juga: Panduan Perhitungan THR: Cara Menghitung Gaji THR Karyawan

Jawaban:

Zakat Tunjangan Hari Raya (THR)

Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Saudari yang dirahmati Allah SWT. Seseorang mendapatkan uang THR karena statusnya sebagai karyawan pada suatu perusahaan atau tempat bekerja lainnya. Dengan begitu, uang THR memiliki kedudukan yang sama dengan gaji yang diterima setiap bulan oleh seorang karyawan. Maka, jenis zakat atas uang THR adalah zakat penghasilan.

Adapun cara mengeluarkan zakat atas Tunjangan Hari Raya (THR) ialah, menggabungkan uang THR yang diterima dengan gaji pada bulan saat menerima THR.

Nisab tercapai jika nilai THR dan gajinya senilai dengan 653 kg beras. Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, untuk harga jual beras per April 2022 di Jakarta mencapai Rp13.450 per kilogram. Dengan demikian Rp13.450 x 653 kg= Rp8.782.850 untuk nisab yang merupakan gabungan dari THR & gaji.

Sedangkan, nilai zakat yang dikeluarkan adalah 2,5 persen dari penghasilan yang diterima. Wallahu a’lam. 

THR cair bikin hati senang. Yuk, tambahkan kesenanganmu dengan berbagi, seperti Kajian Ramadhan di bawah ini!

Jadi, zakat tunjangan hari raya termasuk zakat penghasilan, ya! Lantas, untuk zakat fitrahnya itu sendiri bagaimana? Apakah bisa melakukan zakat thr sekaligus fitrah di awal Ramadhan?

Bisa, hanya saja niatnya berbeda. Ingat, zakat thr merupakan jenis zakat penghasilan. Berbeda dengan zakat fitrah yang memang kewajiban umat Islam untuk ditunaikan di bulan Ramadhan.

waktu membayar zakat fitrah

Melansir dari Ustadz H. Ahmad Fauzi Qosim, S.S., M.A., M.M selaku Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa, jumhur ulama (mayoritas ulama) membolehkan Zakat fitrah ditunaikan sejak awal Ramadhan, sebagaimana termaktub dalam salah satu kitab ulama Mazhab Syafii :

وَيَجُوزُ تَقْدِيمُ الْفِطْرَةِ مِنْ أَوَّلِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِاَنَّهَا تَجِبُ بِسَبَبَيْنِ صَوْمِ شَهْرِ رَمَضَانَ وَالْفِطْرِ مِنْهُ
فَإِذَا وُجِدَ أَحَدُهُمَا جَازَ تَقْدِيمُهَا عَلَى الْآخَرِ كَزَكَاةِ الْمَالِ بَعْدَ مِلْكِ النِّصَابِ وَقَبْلَ الْحَوْلِ ……

Artinya: “Boleh mendahulukan zakat fitrah dimulai dari awal puasa Ramadhan sebab zakat fitrah wajib karena dua sebab yaitu puasa Ramadhan dan berbuka dari puasa (al-fithru minhu). Dengan demikian ketika dijumpai dari salah satu keduanya maka boleh mendahulukan zakat fitrah atas yang lain seperti kebolehan mendahulukan zakat mal setelah sampai nishab dan sebelum haul… ,” (Lihat Abu Ishaq Asy-Syirazi, Al-Muhadzdzab fi Fiqhil Imamis Syafi’i, Beirut-Darul Fikr, tt, juz I, halaman 165).

Hal ini menguatkan Fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2020, tentang Pemanfaatan Harta Zakat, Infak, dan Shadaqah untuk Penanggulangan Covid-19 dan Dampaknya.

Jangan ragu untuk berzakat karena Dompet Dhuafa menyalurkannya ke mustahik yang tepat. Video di bawah ini bukti kalau zakatmu memberdayakan mereka yang membutuhkan. Terima kasih, ya!

 

Sucikan hati di momen yang fitrah dengan berzakat di Dompet Dhuafa. Hindari menunda demi hati yang tenang, klik zakat fitrah sekarang juga di sini! 

Jadi Manfaat dari Zakat di Sini

 

 

Zakat Sekarang