10 July 2012

Aqiqah dan Kurban, Yang Mana Didahulukan?

Aqiqah dan Kurban

Pertanyaan: 

Assalamu’allaikumwarahmatullahi wabarakatuh

Saya ingin bertanya seputar aqiqah dan kurban, yaitu:

  • Apakah aqiqah yang dilaksanakan setiap anak yang lahir itu wajib?
  • Jika ada seorang anak yang belum dibayarkan aqiqahnya sampai ia akil baligh/menikah, bagaimana caranya untuk memebayarkan aqiqah tersebut? Karena ada sebagian ulama yg berpendapat bahwa aqiqah tersebut sudah tidak bisa dibayar akan tetapi bisa diganti dengan berkurban.
  • Lalu, apakah yang harus didulukan antara aqiqah dan kurban?

Mohon pencerahannya, Ustadz. Terima kasih.

Wasalamualaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Muhammad S. Bekasi

Jawaban:

Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Saudara Muhammad S yang dirahmati Allah swt. Semoga Allah swt senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada saudara. Sebagian besar ulama berpandangan bahwa hukum aqiqah adalah sunnah muakkad. Sementara para ulama hanafiah (madzhab hanafi) berpendapat bahwa hukum aqiqah adalah boleh.

Ibadah aqidah berdasarkan pada hadist riwayat Ibnu Abbas ra,

“Rasulullah saw mengaqiqahi Hasan dan Husain, masing-masing satu kambing.” (HR Abu Daud dan Nasa’i)

Di samping itu, Aisyah ra meriwayatkan,

“Rasulullah saw memerintahkan kepada kami untuk mengaqiqahi anak perempuan dengan seekor kambing sedangkan anak laki-laki dengan dua ekor kambing. “ (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

Rasulullah saw juga bersabda,

“Setiap anak yang lahir itu tergadaikan dengan aqiqahnya.”

Baca Juga: Berkurban dengan Uang Istri?

Adapun waktu pelaksanaan aqiqah itu sendiri pada hari ketujuh dari kelahiran. Sedangkan bila dilahirkan pada malam hari, hitungannya dimulai dari hari esoknya. Misalnya, seorang anak dilahirkan pada malam rabu, maka penghitungannya dimulai pada hari rabu. Bukan hari selasa.

Apabila orang tua belum bisa melaksanakan pada hari ke tujuh, aqiqah dapat dilakukan pada hari ke 14 atau 21. Apabila aqiqah juga belum dilaksanakan pada hari ke 21, maka dapat dilaksanakan kapan pun tanpa terikat dengan hari dan waktu. Sebagian ulama berpandangan bahwa aqiqah dapat dilaksanakan kapan pun, meskipun sudah baligh dan dewasa. Hanya saja, lebih afdhal bila dilaksanakan di pada hari ke 7, 14 atau 21.

Apakah Kurban dapat menggantikan Aqiqah?

Sesungguhnya syariat kurban berbeda dengan syariat aqiqah. Syariat kurban dilaksanakan ketika hari raya idul adhha. Selain itu, kurban dapat dilaksanakan dengan menyembelih kambing; untuk satu orang atau satu keluarga, bisa juga menyembelih sapi, kerbau dan onta untuk tujuh orang. Allah swt memerintahkan kurban kepada orang yang mampu.

Sementara syariat aqiqah berhubungan dengan kelahiran seorang putera. Baik laki-laki dan perempuan. Sedangkan perintah untuk aqiqah tertuju kepada orang tua bayi, bukan bayi itu. Jadi, seseorang baru melaksanakan aqiqah ketika ia memiliki putra. Berbeda dengan kurban, seseorang boleh berkurban meskipun tidak memiliki putera. Dengan demikian, kurban tidak menggantikan aqiqah.

Seseorang yang puteranya sudah baligh, atau dewasa, masih bisa beraqiqah. Apabila orang tuanya tidak mampu sedangkan puteranya memiliki penghasilan berlebih dan ia ingin mengaqiqahi dirinya sendiri, sebagian besar ulama juga membolehkan.

Baca Juga: Hukum Kurban Satu Kambing Satu Keluarga?

Memang, ada ulama yang berpandangan bahwa perintah aqiqah diperintahkan pada waktu tertentu. Apabila seseorang tidak mampu hingga habis waktunya (hari ke 7, ke 14 atau ke 21) perintah tersebut telah gugur. Ulama ini menganalogikan aqiqah dengan zakat. Apabila seseorang tidak mampu zakat pada waktu harus mengeluarkan zakat, ia tidak berkewajiban mengeluarkan zakat. Hanya saja, sebagian besar ulama tidak membatasi aqiqah dengan waktu tertentu. Hal ini berdasarkan pada keumuman lafadz sabada Rasulullah SAW,

“Setiap bayi yang lahir itu tergadaikan dengan aqiqahnya.”

Semoga penjelasan antara aqiqah dan kurban ini jelas dan bermanfaat untuk kita semua.

Wallahu a’lam

Zakat Sekarang
Bagikan :

Konsultasi ZISWAF

Foto Ustadz Zul Ashfi DD

Pertanyaan:  Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh Saya ingin bertanya tentang zakat harta warisan. Saya seorang ibu dari 3 anak (2 anak laki-laki dan 1…

Download PDF Panduan Zakat

Download Panduan Zakat

Informasi lengkap dan praktis untuk mempelajari zakat secara komprehensif.

Download Panduan Zakat di sini !
Kalkulator zakat

Kalkulator Zakat

Program yang akan membantu menentukan jumlah besaran Zakat yang akan Anda tunaikan.

Hitung Zakat Anda di sini !