Apa Itu Fidyah dan Kapan Waktu Membayarnya?

83117

Tamu agung nan mulia yakni Ramadhan segera menyapa kita lagi. Apakah sudah lunas membayar utang puasa? Coba diingat-ingat ya, jangan sampai utangmu kepada Allah menumpuk. Bagi sebagian orang dengan kondisi tertentu, fidyah menjadi cara untuk menebus utang puasa. Sebelum berbicara lebih lanjut terkait kadarnya, yuk kita bahas apa itu fidyah?

Apa Itu Fidyah dan Kapan Waktu Membayarnya?

Apa itu fidyah? Zakat.or.id

Fidyah artinya apabila dia memberikan tebusan kepada seseorang, maka orang tersebut akan menyelamatkannya. Adapun fidyah yang dibahas di sini ialah sesuatu yang harus diberikan kepada orang miskin, berupa makanan, sebagai pengganti karena dia meninggalkan puasa. Fidyah dilaksanakan hingga sebelum bertemu bulan Ramadan di tahun berikutnya.

Jika belum tuntas sampai bertemu Ramadhan berikutnya, maka fidyah dikenakan dua kali lipat hingga bertemu Ramadhan lagi sebagai bentuk kafarat (denda pelanggaran).

baca juga: BAGAIMANA CARA TAHU BESARAN FIDYAH YANG WAJIB KITA BAYAR?

Anda harus tahu bahwa tidak semua orang berhak mendapatkan dispensasi dalam bentuk fidyah. Hal ini wajib diketahui karena cara utama mengganti puasa wajib seperti Ramadhan adalah dengan meng-qadha di luar waktu bulan puasa Ramadan. Selama masih sanggup berpuasa, maka qadha menjadi prioritas.

Siapa Saja yang Boleh Bayar Fidyah?

siapa yang boleh bayar fidyah

Fidyah sendiri, pada dasarnya hanya berlaku untuk orang yang tidak ada harapan untuk berpuasa, misalnya: orang tua yang tidak mampu berpuasa atau orang yang sakit menahun. Sedangkan untuk wanita hamil atau menyusui dan mampu berpuasa, lalu ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap kesehatan anaknya saja, ia tetap berkewajiban mengqadha puasanya.

Baca Juga: Qadha Puasa atau Fidyah Bagi Ibu Hamil

Seseorang yang telah wafat dan meninggalkan utang puasa Ramadhan, maka wali atau keluarganya dapat mengganti utang puasa Ramadhan dengan cara menunaikan fidyah. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga keeratan dan silaturrahmi dalam berkeluarga. Minimal, Anda mengetahui berapa hari puasa yang ditinggalkan oleh seseorang yang Anda cintai.

Jadi, apakah Anda termasuk golongan yang mendapatkan keringanan untuk membayar puasa melalui fidyah? Yuk, cek tabel di atas supaya yakin dan tidak keliru dengan qadha.

Besaran Fidyah

Apa Itu Fidyah dan kadarnya - Zakat.or.id

Mengutip dari Ustadz Zul Ashfi bahwa fidyah dengan madzhab Syafi’i 7,5 ons atau 1 mud. Besaran fidyah dihitung berdasarkan jumlah hari puasa yang ditinggalkan. Misalnya, seseorang meninggalkan puasa Ramadan selama 30 hari, maka 7,5 ons x 30 hari= 22,5 kg beras atau makanan pokok untuk dibagikan fakir dan miskin.

baca juga: 5 GOLONGAN YANG WAJIB BAYAR FIDYAH PUASA, APAKAH ITU ANDA?

Lalu, Madzhab Syafi’i tidak membolehkan pembayaran fidyah secara tunai. Jika ingin membayar fidyah dengan uang, maka mengikuti standar Madzhab Hanafi.

Untuk fidyah, sebagian besar ulama berpandangan kadarnya adalah 1 mud atau 1 kg kurang untuk satu hari tidak berpuasa. Sedangkan ulama hanafiah berpendapat setengah sha’ atau 2 mud (setengah dari ukuran zakat fitrah). Jika dikonversi ke rupiah bisa mengikuti dua cara:

  1. Disesuaikan dengan bahan makanan pokok atau harga makanan jadi. Jadi fidyah disesuaikan dengan harga satu porsi makanan yang standar yang berlaku pada lingkungan terdekat. Untuk Jakarta dan sekitarnya saat ini , misalnya, sekitar Rp30.000 untuk satu menu standar. Berarti satu hari tidak berpuasa dapat menggantinya dengan membayar fidyah Rp30.000.
  2. Membayar fidyah dilakukan dengan cara memberi makan orang fakir miskin. Dan pembayarannya bisa diwakilkan. Hal ini dikarenakan pembayaran fidyah adalah ibadah maaliyah (harta) bukan ibadah fardiyah (personal yang bersifat fisik).

Atas permintaan, Dompet Dhuafa memfasilitasi fidyah dalam bentuk tunai dan dapat diwakilkan. Kami juga memfasilitasi fidyah dalam bentuk penyaluran makanan dalam bentuk beras atau makanan pokok. Karena tersedianya pilihan, maka sepenuhnya kami serahkan kepada pembayar fidyah untuk menuntaskan kewajibannya.

baca juga: KETENTUAN FIDYAH UNTUK ORANG MENINGGAL

Apakah Hitungan Fidyah 1 Kali Makan atau 3 Kali Makan?

Untuk ketentuan penyaluran fidyah yang diberikan kepada fakir dan miskin, maka tidak ada ketentuan demikian karena di Al Quran hanya disebut sebagai berikut:

“Fidyah memberi makan orang masaakin (miskin).” 

Lalu, dari hadis hanya disebut Mud atau Shaa untuk takaran beras atau makanan pokok. Tonton video singkat ini untuk jadi lebih tahu mengenai fidyah!

Bagaimana, sudah ditonton? Penyaluran fidyah dapat diwakilkan oleh pihak lain, seperti lembaga yang mengelola dan memiliki data komprehensif seputar golongan fakir miskin, sehingga fidyah disalurkan secara tepat sasaran.

Paket bayar fidyah Dompet Dhuafa

Dompet dhuafa melayani pembayaran fidyah seharga Rp30.000 per paket dengan sajian makanan pokok dan lauk pauk. Jangan lupa sertakan keterangan FIDYAH ketika konfirmasi pembayaran. Fidyah mudah dan tepat sasaran, klik banner di atas atau tombol di bawah, ya! (sfs)

 

 

Zakat Sekarang