More

    Selamat Hari Raya Kurban (Iduladha) 1445 H

    Alamak, Hukum Tidak Mengqadha Puasa Ramadan Sebelumnya!

     

    lupa mengqadha puasa

    Siapa yang suka menunda mengganti puasa Ramadan hingga lupa? Kalau kamu termasuk orang yang seperti itu, maka wajib baca konsultasi syariah dari Ustad Zul Ashfi, nih! Bagaimana jadinya jika lupa mengqadha puasa Ramadan di tahun sebelumnya?

    Pertanyaan mengqadha puasa

    Tidak Mengqadha Puasa

    Assalamu’alaikumwarahamatullahiwabarakatatuh

    Saya mau bertanya, teman saya haid 9 hari selama Ramadhan dan sempat mengqadha 2 hari, lalu dia lupa mengqadha 7 hari sisa hingga bertemu lagi dengan bulan puasa berikutnya. Setelah itu seperti biasa dia haid lagi 7 hari pada bulan puasa selanjutnya. Setelah ramadhan dia membayar hutang puasa yang 7 hari tanpa membayar utang puasa tahun lalu.

    baca juga: 5 GOLONGAN ORANG YANG WAJIB BAYAR FIDYAH

    Bagaimana dia membayar hutangnya dan jika membayar kafarat berapa jumlah seluruhnya? Tolong jelaskan juga bagaimana hukumnya jika membayar hutang puasanya tanpa membayar kifarat apakah diperbolehkan dan harus berpuasa berapa hari?

    Wassalamu’alaikumwarahamatullahiwabarakatatuh

    Hamba Allah, Jakarta

    Jawaban

    Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.

    Kewajiban puasa sama sekali tidak gugur hanya disebabkan haid, karena yang terjadi hanyalah pengunduran waktu berpuasa di waktu yang lain di luar ramadhan, atau yang biasa disebut dengan mengqadha puasa yang waktunya terbentang semenjak tanggal 2 syawal hingga menjelang akhir sya’ban. Apabila seseorang tidak mengqadha puasa tersebut dalam rentang waktu ini tanpa ada uzur, jelas telah melakukan dosa besar, dan wajib bertaubat dari dosa itu.

    Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan;

    نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلاَ نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ

    Artinya: “Kami disuruh Rasulullah mengqadha puasa, bukan mengqadha shalat” (HR: Imam Muslim, dll)

    Dari 9 hari yang ditinggalkan hanya 2 hari puasa yang diqadha dalam rentang waktu antara dua ramadhan tersebut. Artinya masih ada 7 hari puasa yang belum diqadha hingga pada akhirnya bertemu dengan ramadhan berikutnya. Maka yang harus dilakukan saat ini adalah mengqadha 7 hari puasa yang ditinggalkan itu dengan tambahan denda fidyah untuk 7 hari sebanyak 6 Ons makanan pokok seperti beras dan dikali 7 hari, yakni 4,2 Kg.

    Wajib qadha dan bayar denda berupa fidyah

    Setelah qadha puasa ini usai dan telah membayarkan denda fidyah, dapat langsung dilanjutkan dengan mengqadha puasa terakhir yang ditinggalkan, ataupun dilakukan sebaliknya juga tidak mengapa tanpa meninggalkan denda fidyah tersebut. Baik berpuasa qadha terlebih dahulu lalu membayar kafarat fidyah, atau kafarat terlebih dahulu kemudian puasa, maupun dilakukan pada saat yang sama, tidak ada halangan sama sekali.

    Wallahu A’lam

    Jadi, jangan lalai, ya! Pantau terus dan lunasi utang Puasa Ramadan hingga sebelum Syaban berakhir. Kalau tidak, maka kamu harus melunasi sisanya dengan puasa qadha dan membayar fidyah sesuai jumlah hari yang belum diqadha.

    Paket bayar fidyah Dompet Dhuafa

    Kini, bayar fidyah semakin cepat melalui Portal Digital Dompet Dhuafa. Bayar fidyah di sini, mudah dan amanah!

     

    spot_img
    spot_img

    Panduan Lengkap Fiqh Zakat Terdiri dari 8 Bab memberikan pemahaman kepadamu tentang pentingnya syariat Zakat, Jenis-Jenisnya, dan semua hal yang paling sering ditanyakan tentang zakat.

    spot_img