22 February 2019

Doa Sehari-Hari untuk Hidup Lebih Berkah

Doa Sehari hari

Sumber: aboutislam.net

Islam memang agama yang memperhatikan laku hidup umatnya. Setiap saat dan dalam kondisi apapun, kita dianjurkan untuk selalu mendekatkan diri dengan Allah. Mendekatkan diri berarti mengingat Allah dan berzikir. Salah satu bagian dari zikir yang sangat dianjurkan bagi hamba-Nya yaitu berdoa. Mulai bangun tidur, masuk kamar mandi, keluar kamar mandi, berwudhlu, sesudah wudhlu, sebelum dan sesudah makan, semuanya dianjurkan untuk berdoa. Begitulah, Manusia memang tidak bisa lepas dari doa sehari-hari.  Tentunya berdoa untuk mencapai  hidup yang lebih berkah bukan?

Makna Doa

Menurut Quraish Shihab dalam bukunya wawasan tentang zikir dan doa, secara bahasa doa itu bermakna permohonan. Sebuah permintaan yang ditujukan kepada siapapun yang kedudukan dan kemampuannya melebihi  si peminta. Permohonan merupakan antonim dari perintah. Meskipun pada hakikatnya perintah juga permintaan, namun tingkat kedudukan dan kemampuannya berbeda. Perintah ditujukan kepada siapa yang kedudukannya lebih rendah dari yang meminta.

Menurut jumhur ulama, doa memiliki makna permohonan hamba kepada Allah agar memeroleh anugerah pemeliharaan dan pertolongan, baik buat orang yang memohon maupun orang lain. Permohonan seperti ini pun harus muncul dari dalam lubuk hati dengan ketundukan dan pengagungan kepada-Nya. Karena saat kita berdoa, kita harus megedepankan etika.

Baca Juga: Doa Puasa Ramadhan: Doa Niat Puasa dan Doa Buka Puasa untuk Bulan Ramadhan

Selanjutnya untuk menggapai keberkahan hidup, sudah selayaknya kita membiasakan doa sehari-hari. Jangan sampai doa sehari-hari yang selalu diajarkan kepada anak-anak, malah tidak diamalkan oleh orang dewasa bahkan orang tua. Berikut kumpulan doa sehari-hari yang pendek dan mudah dibaca untuk semua kalangan.

Doa Sebelum dan Bangun Tidur

Tidur merupakan kegiatan yang mesti dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga kestabilan tubuh. Dengan tidur, organ tubuh akan istirahat secara alami. Kemudian akan bekerja kembali ketika bangun. Karena tidur termasuk hal yang penting, Imam Ghazali turut memberikan nasihat adab tidur yang termaktub dalam kitab Al-Adab fid din, Majmu’ah Rasail al-Imam al-Ghazali. Adabnya yaitu, bersuci dahulu, tidur di atas sisi kanan, bedzikir dan berdoa  sebelum tidur, serta memuji Allah ketika bangun. (nu.or.id, Empat Adab Tidur Menurut Imam Al-Ghazali). Jadi doa tidur memang perlu untuk dibaca sehari-hari.

Berikut  doa sebelum tidur,

بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Bismikallohumma ahya wa amuutu

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati”.

Doa Sebelum Tidur

Sumber: dailysun.com

Doa bangun tidur sebagai berikut,

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْر

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuuru

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan’’.

Doa Masuk Kamar Mandi

Kamar mandi, merupakan ruangan yang sering kita masuki untuk buang hajat. Sebelum masuk kamar mandi, kita dianjurkan untuk berdoa agar terhindar dari godaan iblis laki-laki maupun betina. Doa yang sehari-hari dilakukan ini penting  untuk menjaga sikap  bersuci sembarangan, mengkhayalkan hal yang tidak baik, serta menjauhkan dari zina.  Berikut doanya,

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Allahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khobaitsi

Artinya: “Ya Allah, aku berlinding pada-Mu dari godaan setan laki-laki dan perempuan.”

Doa Keluar Kamar Mandi

Ketika keluar kamar mandi kita selayaknya memuji kepada Allah, karena telah menjaga dari hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi di kamar mandi. Berikut doa keluar kamar mandi yang dibaca sehari-hari;                             

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ للهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَاني

Ghufraanaka Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annjil adzaa wa’aafaanii.

Artinya: “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Baca Juga: Sedekah Bisa Buat Doa Terkabul?

Doa Memohon Perlindungan dari Marabahaya

Doa Sehari-hari

Sumber: nu.or.id

Salah satu doa yang perlu dibaca sehari-hari yaitu doa memohon perlindungan dari marabahaya. Marabahaya bisa saja muncul dari sesama manusia, binatang buas atau ciptaan Allah lainnya. Doa ini tercantum dalam kitab Al-Adzkar karangan Imam Nawawi, dikutip dari nu.or.id, Doa Pagi dan Sore Hari Rasulullah  berikut bacaanya,

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Audzu bikalimaatillahit taammaati min syarri maa khalaq

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya.”

Selain kumpulan doa sehari-hari ini, masih ada banyak lagi doa yang perlu dibaca setiap saat. Seperti doa hendak belajar, naik kendaraan, masuk-keluar rumah dan lain sebagainya. Semoga di kesempatan selanjutnya bisa memaparkan lebih lanjut. Mari baca doa di setiap aktivitas sehari-hari kita agar selalu mendapat keberkahan (Zainal Abidin).

Zakat Sekarang
Bagikan :

Konsultasi ZISWAF

Foto Ustadz Zul Ashfi DD

Pertanyaan:  Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh Saya ingin bertanya tentang zakat harta warisan. Saya seorang ibu dari 3 anak (2 anak laki-laki dan 1…

Download PDF Panduan Zakat

Download Panduan Zakat

Informasi lengkap dan praktis untuk mempelajari zakat secara komprehensif.

Download Panduan Zakat di sini !
Kalkulator zakat

Kalkulator Zakat

Program yang akan membantu menentukan jumlah besaran Zakat yang akan Anda tunaikan.

Hitung Zakat Anda di sini !