Dompet Dhuafa Gelar Workshop ZISWAF Integrated Marketing Communication

14

 

DSCN7461
Dompet Dhuafa, Workshop Integrated Marketing Communication

 

Jakarta – Penerapan strategi  marketing dan komunikasi dalam  lembaga nirlaba memiliki banyak variasi  aplikasi. Salah satu konsep yang dikenal adalah Integrated Marketing Communication (IMC). Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga yang menerapkan strategi IMC menyelenggarakan workshop Ziswaf Integrated Marketing Communication pada selasa (17/9/) untuk membedah strategi yang selama ini sudah dilakukan. Mengambil tempat di Ruang Sidang Wisma Universitas Terbuka, workshop ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan rekomendasi strategi di bidang marketing dan komunikasi, agar lebih efektif dan optimal.

Workshop ini menghadirkan beberapa pembicara tamu antara lain Sunarto Prayitno (Direktur Eksekutif Institute for Marketing Communication Studies), M. Arifin Purwakananta (Direktur Institut Inovasi Sosial Indonesia), Anwar Sani (Motivator Zakat), Andi Saptari (Pengamat Branding dan Retail Marketing), dan Iwan Kurniawan (Direktur Kolam Ikan Creative Communication). Workshop ini juga dihadiri jajaran Manajemen Dompet Dhuafa dan perwakilan jejaring.

Salah satu gagasan yang muncul dalam diskusi adalah manajemen strategi komunikasi yang terkontrol. “Dompet Dhuafa sebenarnya sudah melakukan strategi integrated marketing communication, tinggal dikontrol dan diarahkan saja agar lebih optimal,”demikian ditegaskan oleh salah satu pembicara, Sunarto Prayitno. Ditambahkan oleh Andi Saptari, “Dompet Dhuafa ini merupakan lembaga yang berbasis value, saat ini merupakan salah satu lembaga yang memiliki brand equity bagus, ketika kita bicara IMC, harus ada satu brand atau value yang harus dikomunikasikan dan ada di setiap program, selama ini belum ada manajemen brand itu dengan baik “

Selama proses diskusi yang melibatkan manajemen hingga staff dari berbagai divisi fundraising, divisi komunikasi dan jejaring berlangsung dinamis, baik mengkritisi strategi yang sudah berjalan atau memberikan rekomendasi baru untuk optimalisasi proses fundraising dan komunikasi Dompet Dhuafa kedepan. Rekomendasi yang dihasilkan dari acara ini akan dijadikan pijakan untuk pengambilan kebijakan strategi Dompet Dhuafa agar bisa mendapatkan manfaat lebih besar.

Zakat Sekarang