Inilah 6 Makanan Favorit Rasulullah Selama Ramadhan

171

Makanan Favorit Rasulullah - Zakat.or.id

 

Bulan Ramadhan merupakan suasana yang paling ditunggu umat muslim di dunia, termasuk Indonesia. Menjelang Ramadhan saja rasanya hati berdebar-debar seraya mengucapkan syukur bahwa kita masih bertemu bulan mulia. Selain bonus pahala yang berlipat ganda, tentunya Ramadhan jadi bulan untuk mencicipi makanan favorit Rasulullah.

Kita masih menghadapi Ramadhan di tengah pandemi Covid-19. Ingatlah untuk selalu menerapkan 5M di manapun Sahabat berada. Lalu, eratkan silaturahmi saudara dan orang terdekatmu dengan berbagi paket makanan kesukaan Rasulullah. Ikuti 5 rekomendasi di bawah ini, ya!

1. Kurma, Makanan Legit dan Sehat Favorit Rasulullah 

Kurma, Makanan Favorit Rasulullah - Zakat.or.id

Kurma merupakan makanan kesukaan Rasulullah yang pasti pertama melintas di pikiran Anda. Rasanya yang manis dapat menghilangkan bau mulut saat berbuka puasa. Rasulullah sangat menganjurkan berbuka dengan kurma dalam jumlah ganjil.

Kandungan gizinya membuat badan lebih segar dan berenergi, sehingga Sahabat tidak mengantuk saat ibadah solat tarawih. Selain hidangan sehat, kurma dapat menjadi hadiah untuk orang-orang terkasih.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

Barang siapa yang memakan tujuh butir kurma yang tumbuh di antara bebatuan hitam (Madinah) pada pagi-pagi, maka ia tidak akan celaka oleh racun sampai petang

2. Anggur, Buah Favorit Banyak Orang

Anggur Makanan Favorit Rasulullah - Zakat.or.id

Anggur jadi makanan kesukaan Rasulullah saat berbuka puasa karena memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Sejatinya, puasa memang menyehatkan, akan tetapi sehat menjadi sempurna ketika Sahabat memilih makanan yang tepat untuk diri sendiri dan orang sekitar.

Kandungan vitamin C pada anggur dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Berpuasa di tengah pandemi membuat Anda wajib menjaga kesehatan agar tidak mudah lemas. Selain itu, anggur merupakan buah kesukaan banyak orang, sehingga Sahabat tidak perlu ragu untuk kirim hadiah dalam rangka silaturahmi online.

baca juga: INILAH 4 TUJUAN WAKAF SAAT BENCANA DAN PANDEMI

3. Zaitun, Bisa Jadi Buah atau Minyak 

Buah Zaitun - Zakat.or.id

Buah zaitun juga merupakan makanan kesukaan Rasulullah SAW yang cocok untuk jadi tambahan saat berbuka puasa. Selain itu, buahnya dapat diubah ke dalam bentuk minyak zaitun, sehingga membuat hidangan jadi lebih sehat.

Zaitun disebut di dalam Al-Quran Surat An-Nur ayat 35:

“ … yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak sebelah timur dan tidak pula disebelah baratnya. Yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi walaupun tidak disentuh api. Cahaya diatas cahaya (berlapis-lapis).”

4. Buah Tin, Obat untuk Penyakit Perut dan Asam Urat

Buah Favorit Rasulullah - Zakat.or.id

 

Bugarkan jasmani dan rohani saat buka puasa dengan buah ara atau Tin. Sahabat pasti mengenal buah ini dari salah satu surat di Al-Quran, yakni At-Tiin. Buah ini dapat menjadi obat yang baik untuk penyakit perut dan asam urat. Selain itu, buah ara mengandung vitamin yang dapat menguatkan tulang.

5. Segarkan Mulut dengan Melon

Melon - Zakat.or.id

Buah segar kesukaan Rasulullah ini cocok sekali untuk buka puasa dan berbagi kepada sesama. Kandungan air yang tinggi dapat merawat kulit dan mencegah penuaan dini. Selain itu, mulut dan kerongkongan jadi segar dengan buah pencuci mulut ini setelah seharian menahan lapar dan dahaga.

Rasulullah senang makan melon bersamaan dengan kurma. Beliau bersabda:

“Yang satu mengusir panas, yang satu mengusir dingin,” (HR At-Tirmidzi).

baca juga: BAGAIMANA PUASA BAGI IBU HAMIL? 

6. Isi Perut dengan Madu Makanan Favorit Rasulullah

Madu - zakat.or.id

Madu cocok sekali untuk jadi vitamin karena khasiatnya menyehatkan dan menyembuhkan. Rasulullah suka minum madu dicampur segelas air. Cobain, deh, tubuh akan terasa bugar! Nah, Sahabat juga bisa memberikan madu sebagai ungkapan peduli pada kesehatan saudara dan orang tersayang.

Itulah tanda kebesaran Allah mengenai hewan kecil yang disebut lebah sebagai penghasil obat terbaik. Allah SWT berfirman dalam Surat An-Nahl ayat 69:

“ Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya. Didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Itulah makanan favorit Rasulullah yang menjadi primadona saat buka puasa Ramadhan. Tidak dipungkiri bahwa Ramadhan di tengah pandemi memang berat, bahkan kita tidak tahu kapan usai, akan tetapi, harapan tetap ada dengan penerapan pola hidup sehat ala baginda Rasulullah SAW.

Ramadhan di tahun 2021 segera datang. Sambut bulan mulia dengan hati dan pikiran yang matang. Yuk, isi waktu senggang dengan Handbook Ramadhan dari Dompet Dhuafa untuk perdalalam makna ibadah di bulan Ramadhan, gratis!

Zakat Sekarang