7 Manfaat Ayat Kursi Mujarab untuk Setiap Hari

372

Sejarah Ayat Kursi 

Manfaat Ayat Kursi untuk Sehari - Hari - Zakat.or.id

Ayat kursi bukanlah sekadar ayat untuk pengusir jin. Bak perisai, ayat kursi melindungi manusia dalam beraktivitas sehari – hari. Sejarah turunnya ayat kursi saja mampu membuat Sahabat terpana, bahkan merinding. Mari, kita kulik sejarah hingga manfaat ayat kursi untuk kehidupan sehari-hari.

Diriwayatkan ketika Allah akan menurunkan ayat kursi ke bumi kepada Nabi Muhammad dengan perantara Jibril, terdapat pengawalan oleh 70.000 malaikat, langit dan bumi serta seluruh alam semesta menyambut ayat istimewa ini dengan gegap gempita.

Ayat ini turun ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Banyak sekali riwayat yang menceritakan dahsyatnya reaksi alam semesta ketika ayat kursi turun ke Bumi. Ayat istimewa ini diberi nama ayat kursi sebagai simbol keagungan dan kekuasaan. Bak kerajaan, kursi merupakan simbol kekuasaan, maka dari itu ayat ini sangat agung untuk menunjukkan Maha Besar Allah hingga tidak ada yang sanggup menandingi Sang Khalik Pencipta Alam Semesta.

 

Manfaat Baca Ayat Kursi - zakat.or.id

Berdasarkan riwayat, turunnya ayat kursi menyebabkan gempa dan gemuruh dahsyat hingga mahkota para raja jatuh ke tanah. Selain itu, setan dan jin ikutan gempar dan ketakutan ketika Jibril bersama puluhan ribu malaikat mengawal turunnya ayat pelindung manusia yang istimewa ini.

Kedahsyatan ayat kursi rasanya sayang jika tidak Sahabat amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, kita bedah bersama manfaatnya berdasarkan waktu dari bangun tidur hingga terlelap kembali.

1. Mendapatkan Perlindungan Allah Sepanjang Hari

Ilustrasi Aktivitas - zakat.or.id

Manfaat ayat kursi yang paling terasa yaitu mendapatkan perlindungan Allah sepanjang hari. Allah akan mudahkan perjalanan saat berangkat dan pulang ke rumah. Sahabat akan merasa aman dari segala macam kejahatan, penipuan, dan keganasan dunia. Rutinlah dalam membaca ayat kursi usat sholat shubuh, dhuha, dan sholat di waktu petang, maka harimu akan berjalan baik.

2. Malaikat Menjaga Setiap Langkah Kita

Manfaat Ayat Kursi - Zakat.or.id

Layaknya ketika ayat kursi turun, Anda akan mendapatkan penjagaan dari malaikat. Allah akan memerintahkan pengawal setia untuk melindungi manusia dari segala macam keburukan. Ketika membacanya saat keluar rumah, maka 7000 malaikat akan menjagamu di setiap sisi.

baca juga: AYAT AL-QURAN MENSEJAJARKAN ZAKAT DENGAN PERINTAH SHOLAT

3. Manfaat Ayat Kursi untuk Tingkatkan Derajat

Manfaat ayat kursi saat wudhu - Zakat.or.id

Allah akan meninggikan derajat seseorang setinggi 40 derajat bagi Anda yang membaca ayat kursi saat wudhu. Ucapkan dalam hati sembari membasuh bagian tubuh ketika wudhu untuk siap-siap sholat, baik fardhu atau sunnah.

4. Membuka Pintu Rezeki dan Pemahaman

Manfaat Ayat Kursi untuk Rezeki - Zakat.or.id

Manfaat ayat kursi lainnya yaitu membuka pintu rezeki dan pemahaman terhadap pengetahuan baru. Bagi Anda yang rutin membaca dan mengamalkan ayat kursi, maka Allah akan buka pintu rezeki seluas-luasnya. Rezeki dapat berupa apa saja untuk memudahkanmu bersedekah di jalan Allah.

Keagungan ayat kursi juga membuat sesuatu yang abu-abu menjadi jelas saat Anda menemukan hal baru. Kejelasan tersebut seperti sinyal yang membuat Anda lihai ketika memutuskan untuk mendekati hal baik atau menjauhi hal buruk.

5. Amalan Jumat, Dijaga Sepanjang Perjalanan

Manfaat ayat kursi di hari Jumat - Zakat.or.id

 

Ayat kursi termasuk salah satu amalan Jumat yang mujarab agar aktivitas berlangsung baik-baik saja. Membaca ayat kursi sebanyak 12 kali pada hari Jumat, maka Anda akan terhindar dari kejahatan dan nasib buruk, baik itu keburukan dari manusia, hewan, jin, dan lain sebagainya.

6. Terlindung dari Gangguan Jin dan Setan

Manfaat ayat kursi tiada hentinya mengalir sepanjang hidup. Bak asuransi kehidupan, ayat kursi memberikan perlindungan tiada batas dari godaan jin dan setan. Membaca ayat kursi dengan khusyuk membuat setan dan jin terbirit-birit dan seperti terbakar, sehingga Anda tidak tergoda untuk terjerumus ke dalam perbuatan buruk.

baca juga: MENGETAHUI LARANGAN PUASA YANG TERDAPAT DALAM HADIS DAN AYAT AL QURAN

7. Manfaat Ayat Kursi Sebelum Tidur, Malaikat Menjagamu

Ilustrasi Malaikat Menjaga Ketika Tidur - Zakat.or.id

Rutinitas membaca ayat kursi usai sholat Isya, sholat witir, dan sebelum tidur membuat Allah menurunkan dua malaikat penjaga saat tidur hingga pagi di seluruh penjuru rumah. Abdurrahman Bin ‘Auf menjelaskan bahwa Nabi Muhammad sering membaca ayat kursi sebelum masuk ke rumahnya agar menjadi penghalang dan dinding bagi syaitan.

Itulah manfaat ayat kursi yang begitu besar bagi umat muslim di muka Bumi. Amalkan secara rutin dan konsisten untuk merasakan dampaknya langsung. Ayat kursi melindungi dan membuka rezeki, sehingga Anda dapat menyisihkannya untuk bersedekah di Dompet Dhuafa melalui tautan ini!

Zakat Sekarang