Layani 420 Penerima Manfaat, Social Trust Fund Tangsel Capai Target 90% Di Januari 2014

58

 Social trust fund

TANGSEL- Social Trust Fund (STF) Dompet Dhuafa cabang Tangerang Selatan (Tangsel) pada bulan Januari hingga Februari 2014 telah melayani sebanyak 420 penerima manfaat.

Jumlah penerima manfaat yang dilayani meningkat drastis. Hal ini dinilai mencapai target hingga 90% dalam usaha melayani penerima manfaat.

“Alhamdulillah, biasanya dalam 1 bulan STF Tangerang Selatan hanya mencapai 150 penerima manfaat, tetapi untuk bulan Januari-Februari hingga mendekati akhir, sudah 420 penerima manfaat yang dilayani. Memang target kita sekitar 500 penerima manfaat,” ujar Ahadi, Koordinator STF Dompet Dhuafa Tangsel.

Ahadi menuturkan, sebenarnya masyarakat banyak yang ingin bergabung dengan STF. Namun karena diantara mereka ada yang tidak memenuhi kualifikasi atau tidak memenuhi syarat, seperti penghasilannya masih di atas Rp 1 Juta, bisa dikatakan masih mampu memenuhi kebutuhan hidup, sehingga tidak dikategorikan menjadi penerima manfaat.

“Sebenarnya kalo ditotal jumlah keselurahan pada Januari-Februari 2014, jumlah yang ingin bergabung sebanyak 485 jiwa. Namun karena tidak sesuai kriteria yang ditentukan, sekitar 65 jiwa tidak masuk kriteria, maka jumlah total menjadi 420 jiwa,” jelasnya.

Penerima manfaat yang hadir rata-rata meminjam modal untuk kebutuhan membuka usaha mikro dan mencukupi kebutuhan sehari-hari. Beberapa usaha rumahan yang biasanya penerima manfaat kembangkan seperti usaha es buah, es campur, bubur ayam, warung nasi, warung sembako, dan lain sebagainya.

“Rata-rata mereka meminjam modal ingin membuka usaha rumahan, selain itu juga menambah biaya hidup mereka seperti biaya sekolah, biaya dapur, dan sebagainya,” terang Ahadi.

Wilayah yang menjadi sebaran penerima manfaat STF Tangsel seperti, Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang, Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara, dan Setu. STF di Tangerang Selatan ini merupakan unit kelima yang didirikan oleh Dompet Dhuafa sebagai program yang membantu akses permodalan bagi para pelaku usaha mikro dengan berbasis kepada akad dana kebajikan (Al Qardhul Hasan) atau tanpa bunga.

Sebelumnya beberapa unit program Social Trust Fund telah didirikan di antaranya di wilayah Padang, Tasikmalaya, Mentawai, dan Wasior. (uyang/gie)

Sumber: dompetdhuafa.org

Zakat Sekarang