More

    Tebar Hewan Kurban Hingga Pelosok Negeri 1445 H

    Bolehkah Memberikan Zakat Kepada Kerabat?

    Zakat kepada Kerabat

    Seperti yang kita tahu, penerima zakat yang ada dalam Al Quran yaitu ada 8 (delapan) asnaf zakat. Namun, apakah orang tua atau kerabat kita termasuk orang yang berhak menerima zakat? Simak tanya jawab ustadz tentang zakat kepada kerabat berikut ini.

    Pertanyaan:

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Apakah zakat 2.5% dari penghasilan kita bisa juga dilakukan/diberikan ke keluarga terdekat yang kurang mampu? Apakah untuk kategori itu bisa dimasukan ke kategori zakat atau hanya bisa disebut sebagai hadiah/pemberian saja?
    Demikian pertanyaan dari saya, mohon penjelasan yang terbaik dari Bpk/Ibu, sesuai syariat Islam yang ada. Terima kasih

    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Esti W
    di DKI Jakarta

    Baca Juga: Inilah 8 Golongan Orang Yang Berhak Menerima Zakat

    Jawaban:
    Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

    Semoga Allah swt senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada saudari Esti W dan keluarga.

    Allah swt telah menentukan orang-orang yang berhak menerima zakat. Hal ini berdasarkan pada firman Allah swt:

    Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para Mu’allaf yang dibujuk hatinya,untuk (memerdekaan) budak, orang-orang yang berhutang untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah; Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS. 9:60)

    Bagaimana dengan kerabat dan family yang tidak mampu atau miskin? Para ulama membagi kerabat atau family dalam dua kelompok:

    Kelompok pertama, kerabat yang tidak bisa menerima zakat. Kerabat ini adalah kerabat yang menjadi asal usul dan keturunan pemberi zakat. Seorang muzakki tidak bisa memberikan zakat dirinya kepada ayah dan ibunya dan orang-orang yang ada di atasnya. Di saat yang sama, ia tidak bisa memberikan zakat dirinya kepada anak dan keturunan di bawahnya. Mereka tidak bisa menerima zakat karena ada kewajiban saling menafkahi.

    Baca Juga: Zakat Harta Warisan bagi Keluarga yang Ditinggalkan

    Kelompok kedua, kerabat yang berhak menerima zakat. Kerabat selain yang termasuk golongan pertama di atas berhak menerima zakat apabila mereka miskin atau fakir. Bahkan, mereka lebih berhak. Tentu saja, mereka harus benar-benar orang yang miskin atau tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar serta tidak termasuk orang yang mampu dan bisa bekerja. Apabila ia bisa bekerja namun belum juga mencukupi, ia berhak menerima zakat.

    Semoga jawaban tentang zakat kepada kerabat ini dapat membantu Sahabat dan bermanfaat untuk kita semua.

    Wallahu a’lam

    Zakat Aman Melalui Lembaga Zakat

    Apakah Sahabat berniat membayar zakat? Sebentar dulu, sebaiknya Sahabat pikirkan lebih dalam terlebih dahulu. Niat kita sudah benar karena zakat sudah ada dalam Rukun Islam yang ke-4 yang disebutkan sebagai ibadah wajib. Tinggal pikirkan dulu, kemanakah kita sebaiknya menyalurkan zakat agar lebih bermanfaat.

    Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Amil Zakat yang telah menebar kebaikan selama 25 tahun dari Sabang sampai Merauke. Dari Aceh sampai Papua, Dompet Dhuafa telah bersinergi untuk menjunjung tinggi kaum dhuafa untuk sejahtera. Beberapa program-program penyaluran zakat yang telah dilakukan Dompet Dhuafa yaitu,

    1. Bidang Pendidikan:
      • Beasiswa Etos (Beasiswa untuk mahasiswa/i yang terlibat dalam kekurangan administrasi khusus anak-anak dhuafa)
      • SMART Ekslensia (Sekolah untuk siswa-siswi berprestasi khusus untuk anak-anak dhuafa)
    2. Bidang Kesehatan
      • Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu (Terdapat di Parung, Bogor yang melayani pelayanan CUMA-CUMA untuk kaum dhuafa)
    3. Bidang Ekonomi
      • Sekolah Guru Indonesia (Pendidikan untuk guru-guru Indonesia yang membutuhkan pendidikan lebih lanjut)
    4. Bidang Pengembangan Sosial
      • LPM (Lembaga Pelayanan Masyarakat – Menyediakan fasilitas dan layanan yang layak untuk kaum dhuafa yang membutuhkan)

    Apakah itu saja program yang dilaksanakan Dompet Dhuafa sekarang ini? Tidak, Dompet Dhuafa akan terus mengembangkan sayapnya sebagai lembaga zakat yang terpercaya dan amanah untuk para kaum dhuafa se-Indonesia.

    Langsung berzakat dengan klik Dompet Dhuafa.

    spot_img
    spot_img

    Panduan Lengkap Fiqh Zakat Terdiri dari 8 Bab memberikan pemahaman kepadamu tentang pentingnya syariat Zakat, Jenis-Jenisnya, dan semua hal yang paling sering ditanyakan tentang zakat.

    spot_img