Zakat Bonus Akhir Tahun, Perlukah Tunggu Setahun?

34

Para pekerja keras seperti Sahabat Dompet Dhuafa suka menanti hal yang menyenangkan saat akhir tahun, yaitu bonus akhir tahun. Keberadaannya memicu semangat hingga perasaan senang berbagi, seperti melakukan zakat bonus akhir tahun.

Melansir dari online-pajak.com, bonus akhir tahun adalah bonus ketika karyawan melakukan kinerja yang sangat baik. Hanya saja, karyawan perlu memerhatikan bahwa bonus ini bergantung pada kondisi keuangan perusahaan, sehingga tidak wajib.

Nah, jika Anda mendapatkan rezeki berlebih, lalu berzakat, maka bagaimana hukumnya? Sementara di sisi lain bonus tahunan tidak pernah sampai 1 tahun usia penyimpanannya. Anda tidak sendiri, yuk simak jawabannya di sini!

Pertanyaan Zakat THR atau Bonus Tahunan 

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh,

Saya mau nanya ustadz. Kalau gaji yang kita terima setiap bulan dari hasil kerja kita, wajib dikeluarkan zakatnya setiap bulan. Dan kalau kita terima bonus tahunan dari tempat kita kerja, maka apa harus dikeluarkan zakat bonus akhir tahun saat terima atau harus menunggu 1 tahun dulu? Karena biasanya kalau kita terima bonus tidak pernah sampai 1 tahun usia simpanannya. Mohon penjelasannya, terima kasih.

Jawaban 

Tabel Nisab Zakat Penghasilan THR atau zakat bonus akhir tahun, Zakat Mal, Zakat Fitrah, Zakat Emas dan Perak

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyannya. Bonus, THR atau sejenisnya sebagian ulama mengkategorikan sebagai harta mustafad, oleh karenanya agar lebih mudah dalam perhitungan zakatnya, nilai bonus tersebut bisa digabung dengan gaji rutin bulanan (cicilan zakat penghasilan/profesi) lalu dikeluarkan 2,5 %.

Wallaahu a’lam

Dijawab oleh Ustadz H. Ahmad Fauzi Qosim, S.S., M.A., M.M.

Pengertian Zakat Bonus Akhir Tahun Sebagai Harta Mustafad

Uang atau harta mustafad adalah uang yang datang secara tiba-tiba atau uang yang bukan berasal dari pengembangan harta yang dimiliki sebelumnya. Para ulama sepakat bahwa harta mustafad termasuk harta yang wajib dikeluarkan zakatnya bila telah mencapai nishab (senilai 85 gram emas).

BACA JUGA: ZAKAT UANG PESANGON

Akhir tahun enggak bisa ke mana-mana karena PPKM? Yuk, tonton podcast zakat di akhir tahun. Dijamin inspiratif, loh!

Bahagia di akhir tahun adalah impian semua orang karena kita merayakan pencapaian hingga refleksi diri selama setahun. Kendati demikian, masih ada saudara kita yang terdampak pandemi. Mereka juga ingin merasakan akhir tahun yang bahagia, sehingga dapat menghadapi tahun depan secara optimis.

Mari, berbagi kebahagiaan di sekitarmu dengan melakukan zakat akhir tahun! Kita saling membantu untuk membangun harapan yang lebih baik di tahun berikutnya, sekaligus berangsur-angsur pulih dari pandemi. Zakatmu berdayakan saudaramu, yuk berani berbuat baik dengan klik berzakat sekarang juga di sini!

Zakat Sekarang