Tips Bisa Kurban Tiap Tahun

113

Sahabat ingin kurban tiap tahun? Kata siapa tidak mungkin? Mengumpulkan sejumlah uang untuk beribadah sepertinya bisa menjadi hal mudah apalagi dibarengi dengan niat yang kuat. Jangan takut kekurangan apalagi jika niat kita karena Allah semata.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

{ قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (162) لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ (163

Artinya: “Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)” (QS Al-An’am: 162-163)

Tak ada yang tak mungkin jika karena Allah. Ikuti tips-tips berikut agar dapat berkurban setiap tahun.

Baca Juga: Bolehkah Kurban dan Aqiqah Digabungkan?

Perkuat Niat Kurban karena Allah semata

Banyak dari kita yang masih ragu untuk melakukan sesuatu karena Allah. Salah satunya adalah berkurban. Allah berfirman,

إِنَّمَا قَوْلُنَا لِشَيْءٍ إِذَا أَرَدْنَاهُ أَنْ نَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

Artinya: “Sesungguhnya perkataan Kami terhadap sesuatu apabila Kami menghendakinya, Kami hanya mengatakan kepadanya: “kun (jadilah)”, maka jadilah ia.” (QS An-Nahl: 40)

Ketika Allah telah menggetarkan hati kita untuk bergerak, insya Allah dengan niat hati kita yang tulus Allah akan meridhoi cita-cita kita. Begitu pula dengan kurban. Karena dengan niat yang

Sisihkan Uang Setiap Bulan untuk Kurban Tiap Tahun

Pernah mendengar seorang anak kecil bersama teman-temannya membeli kambing? Niat hati kecil mereka dibarengi oleh usaha yang tak kalah mulianya yaitu dengan menabung setiap diberikan uang jajan oleh orang tuanya. Mereka ingin berkurban bersama-sama agar dapat berkurban untuk orang tua mereka. Padahal orang tua mereka tak memiliki pendapatan yang cukup. Mereka hanya ingin membahagiakan orang tua mereka dengan memakan daging kambing bersama. Sungguh mulia sekali, bukan?

Jika anak kecil pun bisa, bagaimana dengan kita yang berpendapatan di atas UMR dapat mengalahkan niat mulia mereka? Tentu dengan niat yang kuat karena Allah, insya Allah kita dapat mengumpulkan uang yang cukup untuk berkurban tahun ini.

Berkurban Mulai dengan Hewan Kurban yang Terjangkau

Tak ada salahnya bukan jika kurban kita bermula dengan membeli seekor kambing atau patungan 1/7 ekor sapi bersama kerabat? Sahabat tak perlu risau lagi karena Allah telah memperbolehkan kurban dengan hewan-hewan yang lebih mudah dijangkau harganya.

 عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ شَهِدْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الأَضْحَى بِالْمُصَلَّى فَلَمَّا قَضَى خُطْبَتَهُ نَزَلَ مِنْ مِنْبَرِهِ وَأُتِىَ بِكَبْشٍ فَذَبَحَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِيَدِهِ وَقَالَ: (( بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ هَذَا عَنِّى وَعَمَّنْ لَمْ يُضَحِّ مِنْ أُمَّتِى )).

Artinya: “Diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah radhiallahu ‘anhu bahwasanya dia berkata, “Saya menghadiri shalat idul-Adha bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di mushalla (tanah lapang). Setelah beliau berkhutbah, beliau turun dari mimbarnya dan didatangkan kepadanya seekor kambing. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelihnya dengan tangannya, sambil mengatakan: Dengan nama Allah. Allah Maha Besar. Kambing ini dariku dan dari orang-orang yang belum menyembelih di kalangan umatku”

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu beliau mengatakan,

كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى سَفَرٍ فَحَضَرَ الأَضْحَى فَاشْتَرَكْنَا فِى الْبَقَرَةِ سَبْعَةً وَفِى الْبَعِيرِ عَشَرَةً

Artinya: ”Dahulu kami penah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang untuk qurban seekor unta. Sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang.” (HR. Tirmidzi no. 905, Ibnu Majah no. 3131)

Survei Harga Hewan Kurban dari Jauh Hari

Niat sudah kuat, menabung tengah berjalan, cita-cita sudah di depan mata, saatnya kita memulai survei untuk harga hewan kurban yang paling sesuai dengan kantong kita. Usahakan survei kita dari jauh hari atau setidaknya 6 bulan sebelum Idul Adha agar kita mempunyai waktu yang banyak untuk memikirkan hewan ternak mana yang akan kita pilih.

Setiap tahunnya, harga hewan kurban akan selalu berubah dan bervariasi. Sahabat bisa memulai dengan mencari tahu info kurban di masjid sekitar atau bisa langsung di lembaga-lembaga atau yayasan terpercaya dalam menyalurkan hewan kurban. Dengan melihat harga tersebut, kita bisa tahu berapa lama dan berapa banyak uang yang kita butuhkan.

Contoh Kasus “Membeli Hewan Kurban Kambing”:

Sahabat ingin membeli hewan kurban seekor kambing seharga 1,7 juta rupiah. Sedangkan, gaji kita perbulan adalah 5 juta/bulan. Untuk mengumpulkan uang tersebut selama setahun, Sahabat hanya perlu mengumpulkan uang sebesar 150.000 rupiah per bulan untuk membeli kurban tersebut. Jika dihitung maka:

150.000 x 12 bulan = 1.800.000

Itu pun masih ada sisanya dan bisa disisihkan untuk kurban di tahun selanjutnya. Tak perlu banyak pengeluaran bukan?

Usaha Sudah, Selesaikan dengan Doa ingin Berkurban yang Tulus karena Lillahi Ta’ala

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya: “Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS At-Talaq: 3)

Jika memang usaha kita sudah semampu kita, saatnya kita kembali lagi kepada Allah. Bagaimanapun dan seberapa banyak pun kita berusaha jika memang Allah sudah menakdirkan kita untuk berkurban, insya Allah kita akan melaksanakannya.

Sahabat sudah mulai menabung untuk kurban tahun ini? Semoga kita dapat melaksanakan kurban tiap tahun karena Allah semata. Wallahu’alam.

Zakat Sekarang