More

    Promo Tiba Tebar Hewan Kurban 1445H Dompet Dhuafa

    Cara Mudah Hitung Zakat Pertanian Cabe

    Pertanyaan 

    zakat pertanian cabe cabai

    Assalamu’alaikum Ustadz Rochim, saya mau bertanya tentang zakat pertanian cabe, bagaimana cara menghitung zakat cabai dan termasuk zakat apa?

    Hamba Allah, terima kasih

    Baca Juga: Cara Menentukan Zakat Hasil Pertanian

    Jawaban

    zakat cabe

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    Semoga Allah swt senantiasa memberkahi saudara dan keluarga.
    Sistem zakat cabe, menurut pendapat Syaikh Yusuf Al-Qardhawi, adalah zakat pertanian. Jika hasil pertanian cabai dalam satu musim mencapai senilai dengan nishab zakat pertanian beras senilai harga 653 kg beras. Lalu, untuk kadar zakatnya adalah 5 persen bila pengairannya berbiaya dan 10 persen bila pengairannya tidak berbiaya.

    Wallahu a’lam.

    Cara menghitung zakat pertanian

    Nisab zakat hasil pertanian, sayur-sayuran, buah-buahan, dan bunga

    Mengutip dari Panduan Zakat Dompet Dhuafa yang dapat diunduh di sini, tata cara menghitung nisab dan kadar zakat pertanian adalah sebagai berikut:

    1. Mengumpulkan dan menghitung seluruh hasil panen. Semua hasil panen dikumpulkan dan dihitung berdasarkan jenis tanaman, tidak boleh digabung, begitu juga dengan hasil panen dari lahan yang beda pengairan, karena kadar zakatnya juga berbeda.
    1. Menghitung dan memotong beban kewajiban yang harus ditunaikan oleh muzakki dari jumlah harta wajib zakat dalam satu tahun zakat (satu haul), seperti hutang jatuh tempo, nafkah keluarga dan pajak selama belum dipotong dari zakat kekayaan ( النقدية الثروة )
    1. Setelah itu pemilik lahan pertanian dan perkebunan dapat menentukan besarnya harta wajib zakat setelah dikurangi beban kewajiban. Teknik penghitungannya adalah jumlah seluruh harta hasil pertanian dan perkebunan dikurangi dengan beban kewajiban muzakki.
    1. Nishab zakat pertanaian dan perkebunan adalah 5 wasaq atau 653 kilogram.
    2. Untuk tanaman yang tidak ditimbang ataupun ditakar seperti bunga, tanaman hias, tanaman obat atau pohon jati maka nishabnya diukur senilai harga 653 kilogram beras atau gandum.
    1. Kadar zakat pertanian dan perkebunan adalah sebesar 10 % bila menggunakan air hujan atau pengairan gratis dan 5 % bila pengairannya menggunakan biaya. Dan bila pengairannya secara bergantian antara air hujan di musim hujan serta dengan biaya pengairan di musim kemarau maka kadar zakatnya adalah sebesar 7,5 %
    1. Menentukan jumlah zakat yang harus dibayarkan oleh muzakki. Penentuan tersebut dilakukan dengan cara mengalikan objek zakat dengan kadar zakat.

    Zakatmu Berdayakan Petani Lokal 

    Setelah berjuang, waktunya menghargai diri sendiri dengan tontonan yang bermanfaat seperti video di bawah ini. Para donatur mengisi waktu sambil panen di Desa Tani. Mereka bersenang-senang dengan cara yang berfaedah. Yuk, ditonton hingga selesai, ya!

    Semoga kesenangan dan keceriaan para donatur juga menular ke penonton, ya! Ini merupakan dampak nyata dari zakat yang telah kamu salurkan melalui Dompet Dhuafa. Berzakat membuat para mustahik menjadi berpenghasilan dan muzakki turut merasakan optimisme untuk kehidupan yang lebih baik.

    Jemput berkahmu dengan berzakat di Dompet Dhuafa, mudah, amanah, dan sampai kepada penerima manfaat tepat sasaran. Klik tombol di bawah ini agar zakatmu membantu mustahik menjadi berdaya!

     

     

    spot_img
    spot_img

    Panduan Lengkap Fiqh Zakat Terdiri dari 8 Bab memberikan pemahaman kepadamu tentang pentingnya syariat Zakat, Jenis-Jenisnya, dan semua hal yang paling sering ditanyakan tentang zakat.

    spot_img